Latar Belakang Keluarga Dian Sastrowardoyo: Ayah Budha, Ibu Katolik, Kini Peluk Islam
Latar Belakang Keluarga Dian Sastrowardoyo, Ayah dan Ibu Beda Agama (instagram.com/therealdisastr)
13:12
15 Maret 2024

Latar Belakang Keluarga Dian Sastrowardoyo: Ayah Budha, Ibu Katolik, Kini Peluk Islam

Perjalanan spiritual yang sempat dialami oleh aktris Dian Sastrowardoyo sebelum akhirnya memutuskan untuk menjadi mualaf diungkapnya melalui podcast bersama Denny Sumargo di kanal Youtube Curhat Bang Denny Sumargo yang diunggah Kamis (14/03/2024) kemarin.

Dalam obrolan tersebut, Dian pun menceritakan soal latar belakang keluarganya. Ia mengaku bahwa perjalanan dirinya untuk menemukan agama yang sesuai dengan keteguhan hatinya ternyata dilatarbelakangi dengan keluarga yang memiliki perbedaan keyakinan.

Lalu, seperti apa latar belakang keluarga dari bintang film Ada Apa Dengan Cinta ini? Simak inilah selengkapnya.

Nama Dian Sastrowardoyo nampaknya sudah lekat di telinga masyarakat Indonesia. Aktris cantik kelahiran Jakarta, 16 Maret 1982 ini pun mulai dikenal luas oleh publik sejak dirinya berhasil memerankan karakter Cinta dalam film Ada Apa Dengan Cinta yang tayang pada tahun 2002 silam.

Berdasarkan silsilah keluarga ayahnya, Dian merupakan cucu dari keluarga priyayi sekaligus pejuang asal Madiun yaitu Sunario Sastrowardoyo.

Dian pun bercerita bahwa sang ayah, mendiang Ariawan Rusdianto Sastrowardoyo adalah pemeluk agama Buddha meskipun dibesarkan dari keluarga Islam Jawa.

Bukan hanya berbeda agama dengan keluarga besarnya, ayah Dian pun juga menikah dengan sang ibu, Dewi Parwati Setyorini yang merupakan pemeluk agama Katolik.

Meskipun berasal dari keluarga yang berbeda agama, namun Dian mengakui bahwa kedua orangtuanya tidak pernah mempermasalahkan hal tersebut. Ia pun sempat bercerita bahwa kedua orangtuanya adalah pekerja keras.

Sang ibu, Dewi Parwati pun juga sempat mendapatkan beasiswa sekolah di Filipina namun sempat kembali ke Indonesia karena ayah Dian mengalami sakit keras dan akhirnya meninggal dunia pada tahun 1995. Saat itu, Dian yang merupakan anak tunggal kerap diasuh oleh tantenya di Jakarta.

Dian pun menghabiskan masa kecilnya hingga duduk di bangku SMA di lingkungan Katolik. Ia pun juga alumni dari sekolah Katolik ternama di Jakarta, yaitu TK Don Bosco, SD Strada Van Lith II, SMP St. Vincentius Otista, dan SMA Tarakanita 1.

Meskipun hidup di lingkup agama Katolik, Dian pun kerap mempertanyakan soal agama yang ia anut dan pertanyaan filsafat lainnya. Hal ini dilatarbelakangi karena sang ibu pun kerap memberikannya buku-buku filsafat yang membuatnya penasaran dengan makna hidup.

Perbedaan agama di keluarganya pun membuat Dian ingin mencari tahu kebenaran dari keyakinan yang selama ini diajarkan kepadanya. Hal ini membuat Dian mempelajari semua agama sebelum akhirnya memutuskan untuk memeluk agama Islam.

Di umur 21 tahun, Dian pun mantap untuk memeluk agama Islam. Ia pun menikah dengan anak konglomerat Maulana Indraguna Sutowo pada tahun 2010. Ia pun sempat menjalani ibadah umroh dengan sang suami dan membuiatnya lebih bertekad untuk memperdalam agama Islam.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #latar #belakang #keluarga #dian #sastrowardoyo #ayah #budha #katolik #kini #peluk #islam

KOMENTAR