Simak Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Tarawih di Masjid agar Tetap Khusyuk Ketika Beribadah
Shalat tarawih 11 rakaat dengan 23 rakaat lebih baik mana berdasarkan hadits shahih. (Pixels)
14:44
13 Maret 2024

Simak Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Tarawih di Masjid agar Tetap Khusyuk Ketika Beribadah

 - Shalat tarawih merupakan salah satu ibadah sunnah yang dijalankan umat Islam saat bulan Ramadhan. Masyarakat seringkali melaksanakan solat ini secara berjamaah di masjid.   Maka dari itu, selama ditinggal salat tarawih berjamaah di masjid atau musholla, masyarakat harus memastikan rumah dalam keadaan aman.   Berikut adalah sejumlah tips bagi umat Islam agar rumah tetap aman saat ditinggal untuk melaksanakan ibadah shalat tarawih di masjid, dirangkum dari Antara.  

  1. Pastikan sudah mematikan kompor   Sebelum berangkat ke masjid, masyarakat harus memastikan bahwa kompor telah dimatikan dan tidak ada bau gas yang muncul dari kompor tersebut.   Meskipun jarang, namun ada beberapa kasus kebakaran yang terjadi karena seseorang lupa mematikan kompor saat keluar rumah.   Jika terjadi bau gas, maka lebih baik mencabut regulator kompor sehingga tidak ada aliran gas dari tabung LPG yang masuk ke dalam kompor.  

  2. Pastikan keamanan aliran listrik   Hal lain yang terkadang lupa saat meninggalkan rumah termasuk untuk tarawih di masjid adalah lupa mematikan atau mengamankan peralatan elektronik yang tidak digunakan, misalnya kipas angin, laptop atau komputer, televisi, maupun HP yang sudah hampir penuh saat proses charging.   Namun bukan berarti seluruh aliran listrik dimatikan. Sisakan saja benda elektronik yang diperlukan misalnya lampu teras dan ruang tamu. Hal itu juga bisa menjadi pengecoh bagi orang yang mungkin berniat jahat, bahwa rumah seakan-akan sedang tidak dalam kondisi kosong.  

  3. Masukkan kendaraan yang tidak digunakan   Jika masjid atau musholla tempat salat tarawih jaraknya dekat dari rumah, maka seringkali masyarakat akan memilih untuk berjalan kaki.   Oleh karena itu, pastikan masukkan kendaraan yang tidak dipakai ke dalam rumah, misalnya sepeda motor atau sepeda angin. Jika punya mobil, maka jangan lupa untuk mengunci garasi.   Meskipun jarak antara tempat ibadah dan rumah dekat, namun jika kendaraan di teras tidak terawasi selama beberapa jam, potensi dicuri tetaplah besar.  

  4. Pastikan semua pintu terkunci   Saat meninggalkan rumah untuk tarawih, baik itu di masjid dekat atau jauh dari rumah, pastikan semua pintu dan jendela terkunci.   Bagaimana juga, banyak barang berharga yang disimpan di dalam rumah, tidak terkecuali kendaraan bermotor, sehingga harus tetap aman.   Hal ini juga ada hubungannya dengan tips nomor tiga di atas. Meskipun pagar sudah dikunci tetapi ada pintu yang belum terkunci, maka pencuri masih bisa masuk dengan melompat pagar dan mengambil barang-barang berharga di dalam rumah.  

  Kendaraan di dalam rumah tidak mustahil turut diambil, karena pencuri bisa saja menemukan kunci pagar atau alat lain yang bisa digunakan untuk membuka pagar.   Jika sudah menerapkan seluruh tips di atas, satu hal yang tidak kalah penting adalah berdoa agar rumah tetap selalu dilindungi.   Karena masyarakat tidak tahu apa yang bisa terjadi kedepannya, maka berdoa adalah langkah yang patut dilakukan agar pikiran jadi lebih lega saat meninggalkan rumah untuk tarawih.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #simak #tips #aman #meninggalkan #rumah #saat #tarawih #masjid #agar #tetap #khusyuk #ketika #beribadah

KOMENTAR