Pahami 8 Aturan dalam Menjalin Pertemanan dengan si Langka INFJ, Jangan Sampai Melewati Batasan!
8 aturan yang harus Anda perhatikan untuk menjalin persahabatan langgeng dengan INFJ. (happierhuman.com)
09:14
11 Maret 2024

Pahami 8 Aturan dalam Menjalin Pertemanan dengan si Langka INFJ, Jangan Sampai Melewati Batasan!

INFJ (Introverted, iNtuitive, Feeling and Judging) merupakan tipe kepribadian yang sering kali terlihat pendiam, introspektif, dan analitis.   Mereka senang menghabiskan waktu sendirian atau dalam kelompok kecil. Mereka lebih nyaman berkomunikasi melalui kata-kata tertulis atau lisan daripada tindakan.   Namun, mereka dapat berkomunikasi dengan sangat baik ketika mereka berada di sekitar orang-orang yang mereka rasa nyaman.  

  Terlepas dari introversi awal mereka, orang-orang INFJ dapat menjadi pembawa kedamaian yang hebat karena mereka fokus pada harmoni suatu hubungan.   Mereka sangat menghargai pertemanan mereka dan menganggap serius hubungan mereka dengan orang lain.   Kepribadian ini merupakan salah satu dari 16 kepribadian dalam kategori Myers Briggs dan yang paling langka dari semuanya.  

  Untuk menjadi teman seorang INFJ yang sensitif, Anda mungkin harus memperhatikan beberapa aturan ketat mereka.   Dilansir dari happierhuman.com, Senin (11/3), berikut 8 aturan yang harus Anda perhatikan untuk menjalin persahabatan langgeng dengan INFJ.   1. Jadilah Diri Sendiri   INFJ tertarik pada orang-orang yang tulus dan otentik. Jadi, cara terbaik untuk berteman dengan seorang INFJ adalah dengan menjadi diri sendiri.  

  Mereka akan menghargai kejujuran dan ketulusan Anda, dan Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menjalin persahabatan yang langgeng dan apa adanya.   2. Jangan Ganggu Waktu Sendiri Mereka   INFJ sering kali membutuhkan waktu untuk memulihkan tenaga mereka setelah seharian melakukan interaksi sosial.   Jika teman Anda terlihat membutuhkan ruang untuk sendiri, hargailah keinginan mereka dan beri mereka waktu untuk menyendiri.  

  Mereka akan menghargainya, dan kamu bisa menghabiskan waktu bersama mereka saat mereka merasa lebih bersemangat daripada hari ini.   Ingatlah, jangan mencoba untuk memaksa mereka untuk bersosialisasi, karena mereka akan berpikir bahwa Anda tidak menghormati ruang mereka.   3. Mulailah Percakapan Lebih Dulu   Jika Anda ingin lebih mengenal teman INFJ Anda, ajukan pertanyaan tentang diri mereka sendiri dan pendapat mereka tentang beberapa topik.  

  Mereka akan dengan senang hati berbagi pemikiran dengan Anda. Nikmatilah percakapan mengalir saat mereka membicarakan topik-topik yang menarik minat mereka.   4. Bersabarlah   INFJ bisa jadi lambat untuk bisa beradaptasi dan merasa nyaman dengan orang atau situasi baru.   Jika Anda bertemu seorang INFJ untuk pertama kalinya, jangan berharap mereka akan langsung terbuka.  

  Beri mereka waktu untuk menyesuaikan diri dan merasa nyaman dengan Anda. Meskipun mungkin perlu beberapa kali interaksi agar INFJ dapat sepenuhnya terbuka kepada Anda.   5. Bersikaplah Suportif   INFJ sering kali membutuhkan lebih banyak dukungan dan pengertian. Jika teman Anda sedang mengalami masa-masa sulit, cobalah untuk selalu disamping mereka.   Dengarkan mereka, tawarkan saran jika mereka menginginkannya, dan jadilah tempat untuk mereka menangis jika mereka membutuhkannya.  

  6. Hargai Mereka   INJF merupakan orang yang sangat tertutup, dan mereka mungkin tidak ingin berbagi segala sesuatu secara menyeluruh tentang diri mereka dengan Anda.   Cukup hargai batasan mereka, dan jangan memaksa mereka untuk berbagi lebih dari yang mereka ingin bagi kepada Anda.    7. Tawarkan Bantuan   INFJ terkadang ragu-ragu untuk meminta bantuan, tapi mereka akan sangat menghargainya jika kamu menawarkan bantuan.  

  Jika kamu melihat temanmu sedang kesulitan, tawarkanlah bantuan. Mereka akan berterima kasih, dan Anda akan mendapatkan kesempatan untuk menjalin ikatan lebih dalam dengan mereka.   8. Agendakan Pertemuan Kecil Daripada Pesta Besar   INFJ sering kali merasa lebih nyaman dalam interaksi empat mata. Anda bisa mengagendakan pertemuan di kedai kopi daripada pergi ke pesta besar dengan ratusan orang yang tidak dikenal INFJ.   Pertemuan yang lebih kecil akan memberi mereka kesempatan untuk mengenal orang-orang dalam suasana yang tidak terlalu menekan.  

  Hal ini dapat memberi mereka waktu untuk berinteraksi dengan individu yang berbeda untuk percakapan yang nyata dan mendalam yang mereka sukai.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #pahami #aturan #dalam #menjalin #pertemanan #dengan #langka #infj #jangan #sampai #melewati #batasan

KOMENTAR