7 Manfaat Mengonsumsi Kopi Menurut Studi Ilmiah, Salah Satunya Dapat Tingkatkan Kecerdasan dan Kreativitas Otak
Ilustrasi secangkir kopi di atas meja./(Pinterest/Groundwork Coffee co.)
13:00
10 Maret 2024

7 Manfaat Mengonsumsi Kopi Menurut Studi Ilmiah, Salah Satunya Dapat Tingkatkan Kecerdasan dan Kreativitas Otak

Kopi merupakan sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan biji tanaman kopi.

Kopi digolongkan ke dalam famili Rubiaceae dengan genus Coffea.

Kopi sendiri bukan hanya sekadar minuman pagi favorit banyak orang.

Di balik aromanya yang memikat dan rasa pahitnya yang khas, kopi menyimpan segudang manfaat yang tak terduga, terbukti melalui penelitian ilmiah.

Simak penjelasan berikut tentang tujuh manfaat mengonsumsi kopi menurut studi ilmiah dan kaitannya dalam meningkatkan kecerdasan dan kreativitas otak, dilansir dari laman Inc.com, Minggu (10/3).

1. Meningkatkan Kecerdasan dan Kinerja Kognitif

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Circulation menemukan bahwa kopi dapat mengurangi risiko stroke hingga 20 persen.

Penelitian lain menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan daya ingat dan kinerja kognitif. Studi tersebut menunjukkan bahwa minum kopi sebelum melakukan tes memori dapat meningkatkan hasil tes secara signifikan.

2. Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Problem Solving

Kafein dalam kopi dapat membantu Anda berpikir lebih kreatif dan memecahkan masalah dengan lebih mudah.

Sebuah studi menunjukkan bahwa minum kopi dapat meningkatkan kemampuan orang untuk menghasilkan ide-ide baru dan solusi inovatif.

3. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Depresi

Selain itu, kopi dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi depresi. Kafein dalam kopi meningkatkan produksi dopamin dan serotonin, neurotransmitter yang berperan dalam kebahagiaan dan kesejahteraan mental.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson. Kopi juga dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke.

5. Meningkatkan Performa Atletik

Kopi dapat membantu meningkatkan performa atletik. Kafein dalam kopi meningkatkan daya tahan dan kekuatan otot, sehingga Anda dapat berlatih lebih lama dan lebih keras.

6. Meningkatkan Metabolisme dan Membantu Menurunkan Berat Badan

Kafein dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme dan membantu Anda membakar kalori lebih banyak.

Sebuah studi menunjukkan bahwa minum kopi dapat meningkatkan metabolisme hingga 11 persen.

7. Menjaga Kesehatan Hati

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu menjaga kesehatan hati. Kopi dapat membantu mengurangi peradangan dan kerusakan hati.

Tak hanya itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu meningkatkan umur panjang.

Sebuah studi menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko kematian dini hingga 15 persen.

Namun, perlu diperhatikan dengan serius bahwa manfaat di atas dapat Anda peroleh dengan mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

Hal ini karena meskipun kopi memiliki banyak manfaat, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti kecemasan, insomnia, dan sakit kepala.

Penting untuk mengonsumsi kopi dalam jumlah yang secukupnya, yaitu sekitar dua sampai tiga cangkir per hari.

Secangkir kopi bukan hanya tentang rasa dan aroma. Di balik kenikmatannya, kopi menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan mental dan fisik Anda. Nikmati kopi Anda dengan bijak dan rasakan manfaatnya!

Ingatlah, untuk tetap konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti insomnia, kecemasan, atau penyakit jantung.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #manfaat #mengonsumsi #kopi #menurut #studi #ilmiah #salah #satunya #dapat #tingkatkan #kecerdasan #kreativitas #otak

KOMENTAR