Pakar Kencan Ungkap 6 Cara Menolak Seseorang dengan Baik namun Tetap Tegas, Apa Saja?
7 Tips menolak seseorang (identity-mag.com)
09:24
5 Maret 2024

Pakar Kencan Ungkap 6 Cara Menolak Seseorang dengan Baik namun Tetap Tegas, Apa Saja?

 

Setiap orang mengetahui dengan sadar bahwa, tidak pernah mudah untuk menolak seseorang lainnya. 

Sebagian besar dari kita mungkin merasa tidak nyaman saat menyakiti orang lain, dan penolakan, tidak diragukan lagi akan sangat menyakitkan orang lain.

Meskipun demikian, penolakan yang dilakukan dengan cara yang baik dan jelas merupakan jalan keluar yang tepat untuk menyelesaikan semua drama ini.

Lalu, bagaimana cara menolak dengan baik tersebut?

Dilansir dari mindbodygreen.com, Selasa (5/3), terdapat setidaknya 7 cara untuk menolak seseorang yang Anda rasa tidak cocok untuk Anda, diantaranya: 

  1. Buang rasa bersalah

Pertama yang harus mulai Anda sadari adalah, penting untuk beralih dari pola pikir selalu merasa bersalah jika Anda menolak seseorang. 

Suatu hal yang melibatkan dua orang harus disepakati oleh kedua-duanya. Anda tidak berhutang apapun jika Anda menolak hal yang memang sedang tidak Anda inginkan.

  1. Cari waktu yang tepat untuk menolak 

Pikirkan kapan waktu yang tepat untuk menyampaikan kabar tersebut kepada mereka.

Jika Anda tahu bahwa mereka akan melakukan hal besar besok, mungkin Anda bisa menyimpan teks penolakan Anda untuk hari berikutnya. 

Setidaknya, penolakan yang Anda lontarkan nantinya tidak akan mengganggu performa mereka saat Anda mengatakannya kepada mereka.

  1. Jujurlah

Jangan bertele-tele, mengarang alasan, atau mencari-cari alasan klise, cukup jujur tentang ketidaktertarikan Anda dengan orang tersebut. 

Memang terdengar sulit untuk melakukanya, tapi membiarkan seseorang tahu mengapa Anda merasa sesuatu tidak akan berhasil biasanya merupakan langkah terbaik.

  1. Hindari menjelaskan secara berlebihan

Meskipun Anda harus jujur tentang alasan Anda menolak seseorang, Anda harus tetap menjaga kalimat yang Anda sampaikan agar terlihat sederhana.

Jika Anda menjelaskan secara berlebihan mengapa Anda menolak mereka, hal ini sering kali dapat menciptakan perasaan negatif bagi mereka.

  1. Hindari umpan balik yang kasar

Berhati-hatilah dengan pilihan kata Anda saat Anda sedang berusaha menolak seseorang. Objektiflah dan jangan subjektif.

Anda bisa menyampaikan alasan Anda tanpa mengubahnya menjadi komentar negatif yang mengarah pada karakter orang tersebut.

Sangat penting untuk bersikap langsung dan lugas, namun tetap menimbulkan kesan baik dan penuh kasih sayang.

Hindari juga kata penolakan dalam percakapan jika hal tersebut dirasa memungkinkan. 

  1. Terimalah bahwa mereka mungkin akan terluka

Pada akhirnya, Anda tidak dapat mengendalikan perasaan seseorang, dan Anda tidak perlu mencobanya.

Orang yang menolak seseorang pasti bisa melakukannya dengan cara yang sopan dan baik, tetapi ini tidak menjamin bahwa orang yang ditolak itu tidak akan merasa terluka atau kecewa.

Namun perlu di ingat, Anda tidak bertanggung jawab atas perasaan orang tersebut. Yang terpenting, Anda telah melakukannya dengan cara yang baik dan penuh kasih. 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #pakar #kencan #ungkap #6cara #menolak #seseorang #dengan #baik #namun #tetap #tegas #saja

KOMENTAR