Perawatan Wajah Alami di Rumah: Lidah Buaya Bisa Hilangkan Flek Hitam secara Efektif dan Ketahui Efek Sampingnya
Ilustrasi, gel lidah buaya sebagai perawatan wajah alami di rumah untuk menghilangkan flek hitam. Freepik/ jcomp.
14:54
28 Oktober 2024

Perawatan Wajah Alami di Rumah: Lidah Buaya Bisa Hilangkan Flek Hitam secara Efektif dan Ketahui Efek Sampingnya

- Bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah salah satunya lidah buaya atau aloe vera. Lidah buaya secara efektif dapat menghilangkan flek hitam karena senyawa aloin yang dikandungnya.

Berdasarkan sebuah studi tahun 2012, senyawa aloin merupakan senyawa penghilang pigmentasi alami yang terbukti secara efektif mencerahkan kulit dan digunakan sebagai perawatan hiperpigmentasi nontoksik.

Lebih lengkapnya silakan perhatikan uraian di bawah ini tentang cara kerja, cara membuat, hingga efek samping dari gel lidah buaya sebagai penghilang flek hitam alami yang efektif seperti dilansir JawaPos.com dari Healthline pada Senin (28/10).

Cara Kerja

Selain aloin, dalam lidah buaya juga terkandung senyawa aloesin. Keduanya merupakan senyawa yang dapat mengurangi munculnya hiperpigmentasi dengan menghancurkan sel melanin yang ada dan mencegah pembentukan melanin lebih lanjut di kulit.

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa aloesin mampu mencegah kulit manusia yang mengalami hiperpigmentasi untuk memproduksi melanin lebih banyak.

Kemudian sebuah penelitian menunjukkan pigmentasi paling berkurang pada kelompok orang yang diberikan aloesin karena hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari atau radiasi ultraviolet.

Diketahui bahwa radiasi UV atau paparan sinar matahari adalah penyebab Utama hiperpigmentasi pada kulit, terutama kulit wajah.

Cara Membuat

Bagian lidah buaya yang bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam di wajah adalah bagian dalamnya yang berbentuk gel atau cairan kental dan lengket. Berikut ini cara mendapatkan gel lidah buaya tersebut.

1. Pilih lidah buaya yang sudah tua atau berusia beberapa tahun, karena kadar aloin dan aloesin-nya lebih tinggi. Selain itu pastikan tidak ada tanda-tanda jamur atau kerusakan, berwarna hijau, dan halus.

2. Cuci dan keringkan lidah buaya.

3. Potonglah sisi-sisi berduri yang terdapat di tepi daun. Sisihkan salah satu sisinya yang keras untuk mendapatkan gel lidah buaya.

4. Ambil bagian gel lidah buaya dengan pisau.

5. Potong-potong gel tersebut menjadi irisan atau kubus dan taruhlah dalam wadah bersih.

6. Simpan dalam lemari es dan gel lidah buaya siap digunakan.

Untuk menggunakan gel tersebut Anda cukup keluarkan dari lemari es dan menggosokkan pada area yang terdapat hiperpigmentasi atau flek hitam. Gunakan beberapa kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Efek Samping

Ternyata tidak selamanya gel lidah buaya bermanfaat dan aman digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah, karena bagi sebagian orang mungkin alergi terhadapnya.

Jadi, bila timbul ruam atau iritasi segera hentikan penggunaannya. Hal tersebut menandakan Anda alergi terhadap gel lidah buaya.

Demikianlah uraian lengkap tentang gel lidah buaya yang efektif menghilangkan flek hitam di wajah. Silakan gunakan sebagai perawatan di rumah, tetapi perhatikan kembali efek sampingnya.***

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #perawatan #wajah #alami #rumah #lidah #buaya #bisa #hilangkan #flek #hitam #secara #efektif #ketahui #efek #sampingnya

KOMENTAR