Seseorang yang Terus-menerus Lelah dan Tak Berenergi Tanpa Alasan Jelas, Biasanya Menunjukkan 8 Perilaku Ini
Ilustrasi seseorang yang lelah dan tak berenergi. (freepik.com/racool_studio) (Yeko Photo Studio)
11:16
28 Oktober 2024

Seseorang yang Terus-menerus Lelah dan Tak Berenergi Tanpa Alasan Jelas, Biasanya Menunjukkan 8 Perilaku Ini

 

 - Menjadi manusia yang terus beraktivitas setiap harinya, perasaan lelah dan tak berenergi merupakan hal wajar. Kita semua butuh namanya istirahat, makan, tidur, serta olahraga untuk mengisi ulang tenaga dan pikiran menjadi segar.

Namun lain halnya dengan seseorang yang terus-menerus lelah dan tak berenergi, tapi tanpa ada alasan jelas. Maka perlu lebih diperhatikan dan melansir dari laman Personal Branding pada (28/10) biasanya mereka menunjukkan 8 perilaku ini :

1. Melewatkan Makan


Seseorang yang sering merasa lelah dan kurang energi mungkin akan melewatkan waktu makan, bukan sengaja membuat dirinya kelaparan tapi sangat berat dilakukan. Karena makan secara teratur sangat penting untuk menjaga tingkat energi.

2. Gangguan Pola Tidur

Perlu diketahui bahwa pola tidur yang baik bukan hanya dilihat dari jumlah atau waktunya, melainkan kualitas tidur itu sendiri. Contoh perilaku yang salah adalah ketika kamu sering begadang untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan di laptop dan menonton TV akan mengganggu kualitas tidur.

Selanjutnya ketika kamu sangat sibuk di hari kerja dan tidur seharian saat akhir pekan, maka siklus tidurmu akan terganggu. Maka tetapkanlah pola tidur yang teratur.

3. Mengasingkan Diri

Seseorang yang terus-menerus lelah dan tak berenergi tanpa alasan, seringkali menarik diri dari aktivitas sosial. Bukan berarti dia tidak suka ditemani orang lain, tapi tidak punya energi untuk terlibat.

Hal ini dapat mengarah pada siklus isolasi, yakni semakin jarang berinteraksi dengan orang lain, akan semakin terkuras dan lebih kecil kecenderungan untuk menjangkau orang lain.

Jika kamu terus merasakan ini, maka mulailah untuk mengambil langkah kecil untuk menjaga hubungan sosial karena sejatinya manusia makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain dalam setiap bagian kehidupannya.

4. Sering Mengalami Kabut Otak

Kabut otak atau brain fog merupakan gejala umum bagi mereka yang terus-menerus merasa lelah dan kurang energi. Ini adalah perasaan kabur, linglung, dan tidak bisa fokus pada tugas.

Kuncinya adalah untuk mengidentifikasi akar masalahnya, entah mungkin kurang tidur, kurang konsumsi makanan bergizi, atau hal lainnya.

5. Sibuk Tapi Tidak Produktif

Mereka cenderung mengisi jadwalnya dengan tugas dalam upaya melawan kelelahan. Tapi masalahnya, selalu sibuk juga belum tentu produktif bahkan sering menyebabkan kelelahan mental atau fisik.

Kuncinya adalah belajar untuk memprioritaskan tugas dan fokus pada hal yang benar-benar penting, sehingga ia lebih mudah membagi waktunya dengan seimbang.

6. Bergumul dengan Pikiran Negatif

Seseorang yang terus-menerus lelah dan kekurangan energi tanpa alasan jelas, seringkali melawan pikiran negatif. Mereka mungkin merasa kewalahan, kurang dihargai, atau terbebani.

Pikiran negatif inilah yang akan mengikis energimu dan bisa menjadi lingkaran setan. Membebaskan diri dari siklus ini adalah dengan menanamkan pola pikir positif dan melatih rasa welas asih.

7. Mengabaikan Perawatan Diri


Merasa lelah dan kekurangan energi dapat menyebabkan pengabaian terhadap perawatan diri, hal ini seperti melewatkan olahraga, makan sembarangan, dan tidak meluangkan waktu untuk istirahat.

8. Sering Merasa Kewalahan

Daftar tugas yang tidak ada habisnya, tekanan pekerjaan, serta tuntutan hidup sehari-hari semuanya bisa menumpuk dan menyebabkan rasa lelah yang luar biasa.

Kunci untuk mengatasi hal ini adalah pecahkan tugas satu per satu dan prioritaskan mengerjakan satu tugas dengan satu waktu. Sehingga kamu akan menemukan kembali energimu dan tak mudah merasa lelah.

Mengutip dari laman Health Harvard, jika kamu memiliki energi, maka siap menghadapi dunia. Sedangkan jika mengalami kelelahan, kemungkinan sulit untuk menjalani hari.

Oleh karena itu, maka cobalah untuk benahi diri sendiri dengan mengonsumsi makanan sehat, minum air putih, olahraga secara teratur, luangkan waktu untuk istirahat, atur pola tidur, serta batasi penggunaan kafein dan alkohol.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #seseorang #yang #terus #menerus #lelah #berenergi #tanpa #alasan #jelas #biasanya #menunjukkan #perilaku

KOMENTAR