Mulai dari Pendengar Setia hingga Penantang, Inilah 9 Tipe Orang yang Banyak Memberimu Nilai Hidup Menurut Psikologi
Ilustrasi tipe orang yang memberi nilai hidup. (Foto : unsplash.com/mimithian)
10:22
27 Oktober 2024

Mulai dari Pendengar Setia hingga Penantang, Inilah 9 Tipe Orang yang Banyak Memberimu Nilai Hidup Menurut Psikologi

- Sebaik-baiknya manusia adalah bermanfaat bagi orang lain dengan mengerahkan segala kemampuannya, baik dari segi materi, akal, atau nilai hidup yang bisa menjadi motivasi.

Di perjalanan kehidupan ini, kita juga kerap menemukan orang yang mengajarkan nilai hidup sehingga mampu untuk bersyukur dan bersabar atas masalah yang sedang dihadapi. Baik itu teman, pasangan, keluarga, bahkan orang asing yang secara tak sengaja bertemu di jalan.

Melansir dari laman Ge Editing pada (27/10) inilah 9 tipe orang yang banyak memberimu nilai hidup menurut psikologi:

1. Pendengar Setia

Dalam kehidupan ini tak lepas dari cerita atau kisah unik setiap harinya sehingga banyak hal yang perlu dikatakan terlepas dari apapun tujuannya. Jadi jika kita memiliki orang yang tulus mendengarkan adalah hal paling berharga.

Pendengar setia ini akan membuatmu merasa didengarkan dan dipahami. Mereka tak hanya menyimak kata-kata tapi memahami emosi, pikiran, serta perspektif dirimu sendiri.

2. Orang Optimis

Hidup ini bukan tentang romansa belaka dan banyak kejadian menghampiri yang sulit dikendalikan, tapi berkat itu semua kita dapat belajar dan mengambil hikmahnya.

Menurut psikologi, tipe orang yang seperti itu sangat berharga bagi kehidupan orang sekitarnya. Mereka menularkan perspektif positif, mengembangkan ketahanan, serta mampu beradaptasi dalam situasi sulit.

Orang optimis akan cenderung memandang tantangan sebagai kegagalan sementara dan bukan akhir dari kehidupan. Justru mereka melihat peluang ketika orang lain menganggap sebagai hambatan.

3. Mentor

Sangat penting bagi kita untuk memiliki mentor dalam hidup, terutama yang berkaitan dengan bidang karier. Mereka hadir seperti layaknya dosen pembimbing yang mengajari kita lembar demi lembar skripsi.

Seorang mentor akan membantu kita untuk menghadapi tantangan hidup, mengembangkan keterampilan, dan menginspirasi untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi.

4. Kaum Realistis

Kaum realistis mempunyai pandangan jernih terhadap dunia, mereka mampu melihat segala sesuatu sebagaimana adanya, bukan semata-mata hanya angan-angan manusia pada umumnya.

Menurut psikologi, orang dengan pandangan realistis cenderung menangani stres lebih baik, tidak melakukan penyangkalan atau pelarian, serta lebih cenderung menghadapi masalah secara langsung.

5. Seorang "Pengasuh"

Di tengah hiruk pikuk kehidupan, kita membutuhkan orang yang menjaga diri sendiri baik dalam segi emosional maupun mental. Pengasuh adalah orang yang memberikan kenyamanan, perhatian, serta kasih sayang.

Dalam situasi sulit, mereka ada untuk memeluk, menghibur, serta bahu untuk menangis. Sehingga mereka juga dapat memberikan kita nilai hidup bahwa pentingnya rasa empati.

6. Pemandu Sorak

Seperti layaknya dalam sebuah pertandingan basket, pemandu sorak akan memberikan teriakan untuk menyemangati dan tepuk tangan untuk merayakan keberhasilan. Itulah yang kita butuhkan dalam hidup ini.

Mereka yang selalu mengingatkan akan kemampuan, kesuksesan di masa lalu, serta beberapa rintangan yang bisa kita lewatkan. Sehingga akan lebih menyadari nilai hidup bahwa kamu sudah sekuat ini.

7. Pembelajar Kehidupan

Dalam kehidupan kita selalu memiliki rasa ingin tahu yang tidak terpuaskan, karena sejatinya manusia adalah makhluk yang terus belajar, tumbuh, dan berkembang. Orang seperti inilah sangat menginspirasi kita.

Pembelajar kehidupan akan mengingatkan kita bahwa selalu ada sesuatu yang baru untuk dipelajari dan tak peduli sebanyak apapun pengetahuan yang dimiliki.

8. Otentik

Orang seperti ini akan membawa angin segar bagi sekitarnya, mereka asli, nyata, dan tidak penuh kepura-puraan. Sehingga akan menyadarkan kita bahwa menjadi diri sendiri itu akan lebih baik.

Berada di dekat mereka, kita akan melepaskan topeng, berubah menjadi tulus, dan hidup selayaknya diri sendiri tanpa malu atau memikirkan pendapat orang lain.

9. Penantang

Para penantang hebat ini akan melihat sesuatu dari sudut pandang berbeda dan mendorong kita untuk mempertanyakan keyakinan dan asumsi diri sendiri. Sehingga akan terus berusaha lebih baik, mencapai lebih tinggi, dan tidak puas dengan keadaan biasa-biasa saja.

Meskipun itu sulit, tapi menjadi penantang adalah sesuatu yang kita perlukan agar tumbuh menjadi lebih kuat dan menjadi versi terbaik.

Mengutip dari laman Buletin Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara, nilai hidup ini akan berfungsi sebagai standar, rencana umum, penyesuaian diri, menjaga ego, tingkah laku, serta pengetahuan.

Jadi sangat penting bagi seseorang untuk memiliki lingkungan yang mengajarkan nilai hidup, karena agar merasa bahwa kita ini tidak sendirian.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #mulai #dari #pendengar #setia #hingga #penantang #inilah #tipe #orang #yang #banyak #memberimu #nilai #hidup #menurut #psikologi

KOMENTAR