Dari Sabang Sampai Merauke, Inacraft 2024 Hadirkan Semarak Kerajinan Nusantara untuk Dunia
Resmi Dibuka, Inacraft 2024 Siap Kenalkan Produk Lokal ke Mancanegara. (Suara.com/Fajar Ramadhan)
09:14
29 Pebruari 2024

Dari Sabang Sampai Merauke, Inacraft 2024 Hadirkan Semarak Kerajinan Nusantara untuk Dunia

Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024 kembali digelar pada 28 Februari sampai 3 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). Pameran kerajinan tangan terbesar ini menjadi momen Usaha Kecil Menengah (UKM) menunjukkan berbagai karya yang telah dibuatnya.

Diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerja sama dengan Mediatama Event, pameran ini juga menjadi sumber promosi produk kerajinan yang ada di Indonesia.

Dengan mengusung tema ‘From Smart Village to Global Market’ pameran ini menawarkan berbagai produk kerajinan khas Indonesia tak hanya untuk pasar nasional, tetapi juga international. Di dalamnya, terdapat berbagai kerajinan yang ditampilkan seperti Batik, Tenun, perlengkapan travel, perhiasan, aksesoris, cinderamata, dan lainnya.

Resmi Dibuka, Inacraft 2024 Siap Kenalkan Produk Lokal ke Mancanegara. (Suara.com/Fajar Ramadhan)Resmi Dibuka, Inacraft 2024 Siap Kenalkan Produk Lokal ke Mancanegara. (Suara.com/Fajar Ramadhan)

Project Officer Inacraft 2024, H Hatman mengungkapkan, pada Inacraft 2024 ini diikuti oleh 1.500 UKM untuk mengisi berbagai booth yang tersedia.

“Inacraft ke-24 tahun ini akan diikuti sebanyak 1.500 peserta UMKM. Jadi akan menempati seluruh hall yang telah disediakan untuk promosi kerajinan dari para peserta,” ucap H Hatman dalam konferensi pers Inacraft 2024, Selasa (27/2/2024).

Tak hanya itu, Sekjen ASEPHI Baby Jurmawati mengatakan, peserta yang ada di Inacraft 2024 ini juga bukan hanya dari Indonesia. Terdapat peserta internasional yang juga turut berpartisipasi dari berbagai negara.

“Kami juga ada peserta dari luar negeri seperti Uzbekistan, Nepal, Thailand, Malaysia, Korea, Jepang, Polandia, Vietnam, China, serta Palestina yang bertempat di Planetary Hall dengan fasilitas booth yang disediakan,” kata Baby.

Dengan Inacraft ini juga akan terdapat 70 buyers dari tamu internasional. Sementara, berbagai kerajinan yang ditampilkan juga siap ekspor sehingga bisa diperjualbelikan untuk pasar internasional.

Pameran Inacraft 2024 ini juga ditargetkan 100.000 pengunjung dengan transaksi sebanyak 100 miliar rupiah. Oleh sebab itu, Inacraft ini menjadi peluang besar bagi para UKM agar produknya bisa dikenal luas hingga pasar internasional.

Ketua Umum BPP ASEPHI, Muchsin Ridjan mengatakan, Inacraft 2024 juga menjadi wadah dan edukasi bagi pada UKM untuk menunjukkan produk-produk berkualitas yang dimilikinya. Pameran ini juga diharap bisa memperluas jaringan bagi para UKM dalam mengembangkan bisnisnya.

“Inacraft akan terus berkontribusi membangkitkan usaha kecil menengah (UKM) di bidang kerajinan menjadi wadah untuk menampilkan produk lokal yang, ini juga menjadi kesempatan untuk memperluas jejaring serta menambah pengalaman dan edukasi,” kata Muchsin.

Selain berbagai kerajinan, Inacraft juga menampilkan berbagai makanan khas dari Indonesia. Terdapat juga pertunjukkan musik dengan alat musik tradisional yang menjadi momen untuk mengenalkan kepada masyarakat luas.

Pameran Inacraft dibuka untuk umum pada pukul 10.00 s.d. 21.00 WIB. Masyarakat yang ingin hadir juga dikenakan tiket masuk Rp 25.000 yang dapat dibeli melalui pra registrasi. Tersedia juga pembelian tiket langsung di lokasi saat tiba di JCC.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #dari #sabang #sampai #merauke #inacraft #2024 #hadirkan #semarak #kerajinan #nusantara #untuk #dunia

KOMENTAR