Prabowo Subianto Dapat Pangkat Jenderal Kehormatan, Ini Pahlawan Nasional yang Juga Pernah Mendapat Bintang Empat
Presiden Joko Widodo (kiri) menyematkan pangkat Jenderal TNI Kehormatan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri Tahun 2024 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024). [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nym/pri].
15:31
28 Februari 2024

Prabowo Subianto Dapat Pangkat Jenderal Kehormatan, Ini Pahlawan Nasional yang Juga Pernah Mendapat Bintang Empat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto resmi menerima pangkat Jenderal Kehormatan yang disematkan langsung oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi hari ini, Rabu (28/2/2024).

Kenaikan pangkat ini diberikan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan. Dengan demikian, Prabowo Subianto secara resmi akan menyandang bintang empat dari yang sebelumnya bintang tiga.

Dalam dunia militer, bintang empat merupakan gelar kehormatan yang sangat tinggi. Pangkat bintang empat ini juga disandang oleh berbagai tokoh-tokoh ternama, termasuk para pahlawan nasional yang telah berjasa kepada negara.

Berikut beberapa pahlawan nasional yang juga mendapat pangkat bintang empat.

1. Jenderal TNI (Anumerta) Raden Oerip Soemohardjo

Jenderal TNI (Anumerta) Raden Oerip Soemohardjo merupakan kepala staf umum Tentara Nasional Indonesia pertama pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Bertugas selama hampir 25 tahun, ia ditempatkan di tiga pulau berbeda dan dipromosikan beberapa kali, hingga akhirnya menjadi perwira pribumi dengan pangkat tertinggi di KNIL. Ia mendapat gelar bintang empat pada 1968. Selain itu, jasanya di bidang militer juga membuatnya ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

2. Jenderal TNI Gatot Soebroto

Sosok jenderal yang namanya diabadikan sebagai nama jalan di berbagai kota besar di Indonesia ini merupakan tokoh perjuangan militer Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Mendapat gelar pahlawan nasional, Gatot Soebroto juga memiliki banyak peran penting terhadap militer di Indonesia. Hal ini yang membuatnya mendapat banyak gelar kehormatan, termasuk bintang empat.

3. Jenderal TNI (Anumerta) Ahmad Yani

Jenderal TNI (Anumerta) Ahmad Yani merupakan sosok yang memiliki peran penting dalam dunia militer. Ia merupakan salah satu pahlawan revolusi yang gugur dalam tragedi Gerakan 30 September. Sebab jasanya ini, ia pun mendapat gelar penghormatan, yang salah satunya adalah bintang empat.

4. Jenderal TNI (Anumerta) (Purn.) Mas Sarbini Martodihardjo

Jenderal TNI (Anumerta) (Purn.) Mas Sarbini Martodihardjo merupakan sosok yang banyak mengabdi selama masa perjuangan Indonesia, baik di bidang militer maupun di pemerintahan Republik Indonesia. Ia adalah sosok yang memimpin pasukan Tentara Keamanan Rakyat Resimen Kedu Tengah ketika mengepung tentara Sekutu dan NICA di desa Jambu, Ambarawa. Atas jasanya itu, namanya diabadikan sebagai nama gedung veteran atau balai Sarbini, dan juga diberi gelar kehormatan bintang empat.

Selain para pahlawan nasional di atas, bintang empat juga pernah diberikan kepada para tokoh nasional seperti Luhut Binsar Pandjaitan, Susilo Bambang Yudhoyono, Wiranto, dan masih banyak lainnya.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #prabowo #subianto #dapat #pangkat #jenderal #kehormatan #pahlawan #nasional #yang #juga #pernah #mendapat #bintang #empat

KOMENTAR