Pahami 6 Efek dari Rasa Sedih yang Bisa Memicu Kesehatan Tubuh Manusia
Ilustrasi sedih karena kehilangan dan frustasi/Freepik.com
13:44
28 Februari 2024

Pahami 6 Efek dari Rasa Sedih yang Bisa Memicu Kesehatan Tubuh Manusia

 

 – Kehilangan seseorang yang dekat dengan kita, biasanya dapat memicu fase stres yang umumnya dihubungkan dengan kesedihan.

Penting untuk diingat bahwa kesedihan juga bisa menimbulkan gejala kesehatan fisik, termasuk penyakit, kelelahan, nyeri, dan masalah tidur.

Tanda-tanda kesedihan dapat bervariasi pada setiap individu dan bergantung pada usia.

Pada anak-anak, gejalanya bisa berupa sakit kepala, sakit perut, gangguan tidur, mimpi buruk, dan perubahan nafsu makan.

Meskipun kesedihan adalah respons emosional normal terhadap kehilangan, gejala yang berlangsung lebih dari enam bulan dapat menandakan kesedihan berkelanjutan yang terkait dengan risiko kesehatan yang serius.

Beberapa risiko penyakit yang mungkin muncul akibat kesedihan berkelanjutan diantaranya seperti penyakit jantung, kanker, kecemasan, gangguan tidur, dan stres pasca-trauma.

Dikutip dari ANTARA, Rabu (28/2), kesedihan mempengaruhi kesehatan tubuh melalui beberapa mekanisme:

1. Kekebalan

Kesedihan dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi karena reaksi terhadap perubahan fisik dalam lingkungan.

2. Peradangan

Pada beberapa individu, kesedihan dapat menyebabkan peradangan yang menghasilkan sakit, kelelahan, dan penarikan sosial.

3. Nyeri

Peradangan selama kesedihan dapat meningkatkan sensitivitas nyeri, menyebabkan rasa sakit fisik yang lebih intens.

4. Kortisol

Kehilangan dapat meningkatkan kadar kortisol, hormon stres, yang jika terus-menerus tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

5. Pencernaan

Stres akibat kesedihan dapat mempengaruhi pola makan dan pencernaan, menyebabkan gangguan seperti kram perut, diare, sembelit, dan tukak lambung.

6. Jantung

Selama masa berkabung, risiko serangan jantung dan sindrom jantung remuk meningkat, yang merupakan kondisi di mana otot jantung tiba-tiba melemah sebagai respons terhadap stres emosional atau fisik.

Gejala serupa dengan serangan jantung dan dapat berlangsung selama beberapa menit atau jam setelah peristiwa traumatis.

 ***    

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #pahami #efek #dari #rasa #sedih #yang #bisa #memicu #kesehatan #tubuh #manusia

KOMENTAR