Pentingnya Work Life Balance Untuk Meningkatkan Produktivitas dan Mental Tetap Stabil
Ilustrasi pekerja korporat (pexel)
09:10
26 Oktober 2024

Pentingnya Work Life Balance Untuk Meningkatkan Produktivitas dan Mental Tetap Stabil

Menjadi pekerja korporat yang harus selalu cepat dan terhubung saat ini, konsep keseimbangan kehidupan kerja memicu banyak perdebatan. Laporan terkini tentang karyawan yang bekerja terlalu keras dan menghadapi stres ekstrem—bahkan hingga konsekuensi fatal—telah menimbulkan pertanyaan penting: Apakah membangun batasan yang lebih kuat antara pekerjaan dan kehidupan adalah solusinya?

Realitas setiap orang berbeda, tetapi satu hal yang berlaku bagi sebagian besar karyawan yaitu kesejahteraan emosional mereka sangat terkait dengan kinerja kerja mereka. Ketika Anda merasa baik, Anda bekerja lebih baik, dan ketika pekerjaan mulai tak terkendali, menyebabkan stres dan kelelahan, kesehatan emosional pun ikut terpengaruh.

Dilansir dari laman The Times Of India, Jumat (25/10), berikut adalah bagaimana keseimbangan kehidupan kerja dapat meningkatkan kesehatan dan produktivitas.

Mampu Berkembang Secara Baik

Sebuah studi tahun 2023 oleh American Psychological Association menemukan bahwa 92% karyawan mengatakan penting bagi mereka untuk bekerja di perusahaan yang memprioritaskan kesejahteraan emosional dan psikologis mereka. Namun, 77% masih melaporkan tingkat stres yang tinggi terkait pekerjaan. Ketika pekerjaan terus-menerus membayangi kehidupan pribadi, stres dapat dengan cepat meningkat menjadi kecemasan, kelelahan, dan hubungan yang tegang, yang pada akhirnya memengaruhi tidak hanya kebahagiaan Anda secara keseluruhan tetapi juga kinerja kerja Anda.

Namun, karyawan yang meluangkan waktu untuk menyeimbangkan—baik dengan menetapkan batasan atau menambahkan praktik kesejahteraan, seperti mindfulness, ke dalam hari mereka—melaporkan produktivitas yang lebih tinggi, kepuasan kerja yang lebih besar, dan kemampuan yang lebih baik untuk mengelola tekanan. Keseimbangan bukan hanya hal yang menyenangkan untuk dimiliki—ini adalah kunci untuk berkembang baik secara pribadi maupun profesional.

Produktivitas menjadi lebih baik

Tidak dapat disangkal bahwa pikiran yang sehat dan tubuh yang sehat saling terkait erat. Mencapai keseimbangan memberi Anda lebih banyak ruang untuk merawat hubungan dengan keluarga dan teman, yang menciptakan sistem dukungan emosional yang membantu Anda tetap tangguh di masa-masa sulit. Solusi seperti aplikasi Roundglass Living mengintegrasikan praktik neuroscience dan alat ilmu perilaku untuk membantu karyawan dalam praktik kesejahteraan holistik, menawarkan penghilang stres dan cara untuk mendapatkan kembali fokus. Hanya dengan beberapa menit mindfulness atau latihan pernapasan dapat membuat perbedaan besar dalam cara Anda menangani naik turunnya hari kerja.

Bagi pemberi kerja, mendukung keseimbangan kehidupan kerja juga meningkatkan produktivitas. Menilik percobaan tahun 2022 tentang kerja 4 hari seminggu, 97% pegawai ingin melanjutkan dengan kerja dengan waktu yang singkat karena membuat produktivitas menjadi lebih baik dan seimbang. Studi lain menunjukkan hubungan langsung antara kepuasan karyawan dan peningkatan produktivitas sebesar 13%. Ketika karyawan bahagia dan seimbang, semua orang diuntungkan.

Melindungi Kesehatan Mental

Mencapai keseimbangan kehidupan kerja bukan hanya tanggung jawab pribadi, tapi upaya bersama antara karyawan dan pemberi kerja. Anda harus mengambil langkah untuk melindungi kesehatan emosional Anda dengan menetapkan batasan, mempraktikkan perawatan diri, dan mengintegrasikan mindfulness ke dalam hari Anda. Namun, bisnis juga perlu meningkatkan dukungan dengan menawarkan fleksibilitas, dukungan, dan alat kesejahteraan tempat kerja yang efektif.

Saatnya untuk merebut kembali kesejahteraan Anda sekarang. Mulailah dengan memutuskan sambungan dari pekerjaan saat diperlukan dan mempraktikkan mindfulness untuk melindungi kesehatan mental Anda. Apakah Anda memimpin tim atau mengambil kendali atas hari kerja Anda sendiri, ingatlah bahwa tenaga kerja yang seimbang dan sehat secara emosional sangat penting untuk kesuksesan semua orang.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #pentingnya #work #life #balance #untuk #meningkatkan #produktivitas #mental #tetap #stabil

KOMENTAR