Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Anak Berbohong? Coba Praktikkan 5 Hal Ini agar Tak Diulangi
ARAHKAN SEBELUM KETERUSAN: Ketika mengetahui anak berbohong, ortu tak perlu merespons dengan memojokkan anak. Cari tahu mengapa dia berbohong dan dorong untuk berkata jujur. (Foto ilustrasi diperagakan model - Dite Surendra/Jawa Pos)
16:14
24 Oktober 2024

Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Anak Berbohong? Coba Praktikkan 5 Hal Ini agar Tak Diulangi

Saat anak mulai beranjak dewasa, mereka biasanya mempunyai banyak hal baru hingga rahasia-rahasia kecil yang tak ingin banyak orang tahu. Alhasil, mereka mulai berbohong.

Walau ini memang hal yang biasa, tetapi tak bisa Anda biarkan begitu saja. Sebagai orang tua, ada beberapa hal yang perlu dilakukan jika anak berbohong agar tak mengulanginya kembali.   Dikutip dari India Parenting, jika anak berbohong, cobalah lakukan beberap hal ini agar mereka tak mengulangnya:   

  1. Jangan abaikan kebohongan kecil   Kita sering kali cenderung memaafkan dan mengabaikan kebohongan kecil karena mereka masih anak-anak. Lebih jauh, kita bahkan menyeringai jika kebohongan itu tampak konyol atau lucu.   Jangan lakukan ini. Lain kali Anda memergoki anak Anda mengatakan sesuatu yang tidak benar, segera periksa dia.    Sekarang, dia mungkin berbohong tentang bagaimana gurunya menangkap seorang anak laki-laki dengan kerah baju dan menggantungnya terbalik di kipas angin, tetapi tidak lama kemudian dia akan berbohong tentang apakah dia belajar di rumah saat Anda keluar, atau apakah dia hanya berpura-pura bodoh.   2. Hukum dia   Setelah memeriksa apakah anak Anda berbohong, hukum dia dengan hal-hal ringan. Misalnya dengan menyuruhnya ke kamarnya atau mengambil mainan favoritnya.   Ini penting agar anak tahu sejak dini bahwa tiap perbuatan buruk akan selalu menghasilkan konsekuensi buruk juga di kemudian hari. Sehingga, dia akan berpikir dua kali untuk berbohong kembali.  

  3. Bicaralah pada anak Anda   Setelah anak Anda menyadari bahwa berbohong itu salah, duduklah dan ajak dia bicara. Ajari dia tentang pentingnya mengatakan kebenaran.    Sungguh mengherankan betapa banyak orang tua yang tidak pernah benar-benar duduk bersama anak-anak mereka dan menyuruh mereka untuk jujur.   Anak Anda juga harus diberi tahu bahwa dia bahkan mungkin dihukum setelah mengatakan kebenaran, tetapi Anda akan selalu bangga karena anak Anda mengatakan kebenaran dan menerima hukumannya alih-alih menghindari hukuman dengan berbohong.   4. Hadiahi perilaku jujur   Jika Anda memberi hukuman untuk berbohong, sebaliknya beri apresiasi jika anak jujur. Bantu anak Anda untuk bersikap jujur ​​dengan menanyainya tentang berbagai hal meskipun Anda sudah tahu jawabannya.   Awalnya, tanyakan kepadanya hanya pertanyaan-pertanyaan yang kebenarannya tidak akan membuatnya mendapat masalah. Dengan melakukan hal itu, Anda akan membangun karakternya. Beri dia hadiah saat dia berkata jujur.  

  5. Puji perilaku positif   Lain kali anak Anda mengatakan yang sebenarnya meskipun dia tahu bahwa dia akan mendapat masalah, jangan terlalu sering membentaknya. Singkirkan hak istimewa seperti menghukumnya di malam hari, tetapi pastikan juga Anda memujinya dan mengatakan betapa bangganya Anda padanya.    Memuji anak Anda di depan teman-teman juga masuk akal saat anak Anda berada dalam jangkauan pendengarannya. Katakan kepada teman Anda betapa bangganya Anda karena anak Anda tidak pernah berbohong kepada Anda, meskipun ia tahu ia akan dihukum.    Pujian seperti itu akan berdampak besar pada anak Anda, dan ia akan semakin bertekad untuk tidak mengecewakan Anda.   6. Praktikkan apa yang Anda katakan   Anda tidak dapat mengharapkan anak-anak Anda untuk jujur ​​jika mereka merasa Anda tidak jujur ​​dalam beberapa hal. Anda harus mengajari anak-anak Anda melalui contoh.    Jadi lain kali Anda merusak sesuatu di rumah, daripada langsung membuangnya ke tempat sampah, pastikan semua orang tahu bahwa Anda telah merusaknya, dan bahwa Anda mengakuinya. Ingat, anak-anak belajar dari apa yang mereka lihat dan dari kehidupan.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #yang #harus #anda #lakukan #jika #anak #berbohong #coba #praktikkan #agar #diulangi

KOMENTAR