Tidak Hanya Baik untuk Tubuh, Ini 5 Manfaat Telur untuk Kulit dan Cara Penggunaannya
Ilustrasi: Telur. (Pexels)
22:50
23 Oktober 2024

Tidak Hanya Baik untuk Tubuh, Ini 5 Manfaat Telur untuk Kulit dan Cara Penggunaannya

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang mengandung beragam nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

Namun, protein dan vitamin pada telur tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga dapat bermanfaat bagi kulit.

Menggunakan telur untuk kulit dapat membantu menghilangkan pigmentasi, bintik hitam, dan bahkan kulit kecokelatan akibat sinar matahari.

Selain itu, telur juga mengandung protein, vitamin A, D, E, dan antioksidan yang membantu meningkatkan elastisitas kulit dan membuat kulit tampak lebih muda.

Namun, penggunaan telur yang berlebihan untuk kulit juga dapat menyebabkan ruam dan iritasi kulit.

Lalu, untuk mengetahui lebih lanjut manfaat telur untuk kulit, berikut adalah pembahasannya, yang dilansir dari laman Health Shots, Rabu (23/10).

1. Mengatasi kulit kering

Kandungan lemak dan vitamin dalam kuning telur membantu menghidrasi kulit yang membantu mengurangi kekeringan kulit yang ekstrem.

Sebuah penelitian yang terbit pada tahun 2019 menyatakan bahwa telur, lebih tepatnya kuning telur, mengandung hampir semua vitamin, kecuali vitamin C, sehingga sangat menyehatkan bagi kulit.

2. Mengencangkan kulit

Putih telur mengandung protein yang disebut albumin yang memiliki efek mengencangkan kulit. Kualitas khusus ini mencegah pembentukan pori-pori besar serta kerutan, sehingga membantu meratakan warna kulit.

Sebuah penelitian yang terbit pada 2023 menyatakan bahwa albumin, yang terdapat dalam putih telur, secara aktif digunakan sebagai penghilang kerutan. Putih telur dioleskan ke kulit, dan ini membantu mengencangkan kulit serta menghaluskan kerutan.

3. Mencerahkan kulit

Menggunakan telur untuk kulit yang berseri itu sangat bermanfaat, karena telur mengandung protein yang membantu pengelupasan kulit secara lembut sekaligus membuat kulit halus dan cerah.

Selain itu, telur meningkatkan kecerahan kulit. Telur membantu sekresi sebum yang membantu mencegah jerawat, juga mencegah ruam serta kerusakan akibat paparan sinar matahari.

4. Menghambat penuaan kulit

Telur kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin A, D, dan E, yang mempercantik kulit dan menghambat penuaan. Produk vitamin E alami dapat mencegah ikatan silang kolagen dan peroksidasi lipid, yang keduanya terkait dengan penuaan kulit.

5. Mengontrol minyak

Konsistensi putih telur yang kental membantu menyerap minyak berlebih yang diproduksi oleh sel-sel kulit.

Oleh karena itu, cocok untuk orang dengan kulit berminyak atau rentan berjerawat. Hal tersebut dapat membantu mencegah kilap dan jerawat, serta meningkatkan kesehatan dan kebersihan kulit.

Lalu, bagaimana cara menggunakan telur untuk kulit? Ada 3 cara yang dapat digunakan, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Masker putih telur

Kocok putih telur hingga mengembang, lalu oleskan pada wajah. Kemudian, setalah 15 menit, masker dapat dibilas dengan air hangat. Masker ini membantu mengangkat dan mengencangkan kulit sekaligus mengecilkan pori-pori.

2. Masker kuning telur dan madu

Ambil sebutir telur dan pisahkan kuning telur dan putihnya. Campur kuning telur dengan satu sendok makan madu. Kemudian, bersihkan setelah sekitar 20 menit. Ini cocok untuk kulit yang sangat kering, karena memberikan hidrasi dan nutrisi yang mendalam.

3. Masker kuning telur dan minyak zaitun

Tambahkan satu sendok makan minyak zaitun ke kuning telur yang sudah dikocok dan oleskan campuran tersebut ke wajah.

Masker ini sangat baik untuk mengembalikan kelembapan pada kulit kering juga meningkatkan elastisitas kulit.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #tidak #hanya #baik #untuk #tubuh #manfaat #telur #untuk #kulit #cara #penggunaannya

KOMENTAR