Merasa Ragu Meneruskan Karier, Inilah 5 Tanda Anda Harus Berhenti dari Pekerjaan yang Sekarang
Ilustrasi orang yang ragu untuk berhenti bekerja karena selalu merasa lelah. (Pexels)
21:24
22 Oktober 2024

Merasa Ragu Meneruskan Karier, Inilah 5 Tanda Anda Harus Berhenti dari Pekerjaan yang Sekarang

– Memiliki pekerjaan tentu menjadi tujuan utama setiap orang untuk bertahan hidup dan memiliki masa depan yang sejahterah. Namun, beberapa orang mungkin merasakan keraguan untuk melanjutkan pekerjaan atau berhenti dan mencoba di tempat lain.

Ini terjadi karena banyak karyawan yang masuk dalam budaya kerja yang tidak sehat, mungkin mereka merasa stres dan kelelahan yang terus-menerus. Hal seperti itu sebenarnya tidak akan terjadi apabila mereka mampu menikmati dan lingkungan kerja yang mendukung.

Anda tidak boleh merasa terlalu banyak bekerja, tidak memiliki keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan, atau merasa bersalah ketika mengambil cuti di hari yang efektif.

Namun, pekerjaan yang tepat akan membuat Anda merasa aman, terlindungi. Bahagia, dan produktif. Jika Anda mengalami hal sebaliknya, itu mungkin tanda bahwa Anda berada di tempat yang salah.

Dilansir dari Times of India, inilah lima tanda utama yang menunjukkan bahwa sudah saatnya Anda untuk berhenti dari pekerjaan Anda yang sekarang.

1. Merasa cemas tentang pekerjaan

Merasa cemas tentang pekerjaan merupakan tanda yang kuat bahwa ada sesuatu yang salah dalam pekerjaan yang Anda lakukan sekarang. Ini bisa disebabkan oleh beban kerja yang sangat berat, takut gagal, atau hubungan dengan rekan kerja yang kurang baik.

Ketika Anda merasa cemas, tentu akan muncul perasaan ragu untuk meninggalkan pekerjaan Anda sekarang. Ketakutan Anda akan penyesalan karena tidak mempertahankan pekerjaan menjadi hal yang paling menghantui pikiran Anda.

Namun, jika Anda meneruskan pekerjaan Anda sekarang, kecemasan akan terus terasa selama situasi pekerjaan Anda sekarang tidak berubah. Anda memiliki hak untuk memprioritaskan diri Anda dengan pekerjaan yang lebih baik.

2. Kelelahan terus menerus

Bila Anda merasa Lelah secara fisik dan mental, sudah saatnya untuk berpikir bahwa pekerjaan Anda saat ini sangat menyita banyak waktu dan tenaga Anda.

Kelelahan yang rapah tidak hanya akan berdampak negatif pada produktivitas Anda, tetapi juga dapat merusak kesehatan, hubungan, dan kebahagiaan Anda secara keseluruhan.

Jika Anda terus-menerus mengalami kelelahan fisik dan mental secara berlebihan, maka tetapkanlah dengan keyakinan untuk segera membuat keputusan untuk berhenti. Keraguan Anda berasal dari pemikiran Anda yang takut tidak bisa berkembang dan merasa menyesal.

3. Lingkungan yang tidak sehat

Lingkungan tempat kerja yang tidak sehat adalah suasana yang sangat tidak nyaman dan akan membuat Anda selalu merasa kewalahan saat bekerja. Suasana tersebut bisa terjadi karena ada gossip, perundungan, atau permainan politik di kantor.

Ini bisa berdampak buruk yang signifikan bagi kesehatan mental, produktivitas, dan efisiensi Anda dalam bekerja. Ketika Anda menghadapi konflik seperti teman yang saling menusuk satu sama lain, politik kerja, dan pemimpin yang tidak mendukung.

Situati itu menjadi tanda bahwa lingkungan kerja Anda sangat tidak baik. Anda tentu tidak seharusnya bekerja di tempat yang terus-menerus membuat Anda stres, sehingga merampas ketenangan pikiran Anda.

4. Tidak ada keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan

Jika Anda mengalami situasi kerja yang menyita seluruh waktu Anda, sehingga tidak ada ruang untuk kegiatan pribadi, hubungan, dan bersenang-senang. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan kelelahan, frustasi, dan perasaan kewalahan.

Bekerja dalam waktu yang lama atau Anda diharapkan untuk selalu siap sedia di luar jam kerja bukanlah hal yang baik untuk berkelanjutan dan akan sangat berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik Anda.

5. Merasa diremehkan

Bila kerja keras Anda seringkali diabaikan atau Anda tidak menerima bayaran yang adil, maka mudah bagi Anda untuk merasa bahwa Anda tidak dihargai. Bila kontribusi Anda terus diabaikan untuk jenjang karir, sementara Anda bekerja terlalu keras.

Namun, gaji dan posisi yang Anda terima tidak sesuai dengan pekerjaan yang Anda lakukan, maka itu adalah tanda utama bagi Anda untuk mulai mempertimbangkan berhenti di pekerjaan Anda yang sekarang.

Sangat penting untuk mendapatkan rasa hormat dan apresiasi, sehingga Anda pantas dipertimbangkan untuk memperoleh imbalan atas pekerjaan dan usaha keras yang Anda lakukan selama ini.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #merasa #ragu #meneruskan #karier #inilah #tanda #anda #harus #berhenti #dari #pekerjaan #yang #sekarang

KOMENTAR