Adu Pendidikan Siti Atikoh dan Titiek Soeharto: Anak Tokoh NU vs Anak Presiden RI Bertarung Jadi Ibu Negara?
Kolase Siti Atikoh dan Titiek Soeharto. (Instagram)
16:29
20 Pebruari 2024

Adu Pendidikan Siti Atikoh dan Titiek Soeharto: Anak Tokoh NU vs Anak Presiden RI Bertarung Jadi Ibu Negara?

Kontestasi Pilpres 2024 antara tiga paslon tidak bisa dilepaskan dari orang-orang terdekat. Tiga capres 2024 yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo masing-masing memiliki keluarga yang memberikan dukungan penuh kepada mereka.

Baik Anies dan Ganjar mendapatkan dukungan penuh dari istri tercinta, yakni Fery Farhati dan Siti Atikoh. Sedangkan Prabowo, meski sudah bercerai dari Titiek Soeharto, nyatanya masih mendapatkan dukungan positif dari mantan istrinya.

Mengenai itu, publik pun ramai menyoroti perbandingan antara orang-orang terdekat capres tersebut, khususnya Siti Atikoh dan Titiek Soeharto.

Lantas, seperti apakah adu pendidikan Siti Atikoh vs Titiek Soeharto? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Pendidikan Siti Atikoh

Istri dari Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti menceritakan caranya menerapkan sikap antikorupsi di lingkungan terkecilnya yaitu keluarga. [Istimewa]Istri dari Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti menceritakan caranya menerapkan sikap antikorupsi di lingkungan terkecilnya yaitu keluarga. [Istimewa]

Siti Atiqoh Supriyanti lahir pada 52 tahun silam, tepatnya pada tanggal 25 November 1971 di Purbalingga, Jawa Tengah. Sama halnya seperti Ganjar Pranowo, Siti Atikoh pernah mengenyam pendidikan tinggi di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Di sanalah ia pertama kali bertemu dengan Ganjar. Perkenalan keduanya berawal saat melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kala itu, Siti Atikoh merupakan adik tingkat dari Ganjar.

Sejak itu Atikoh dan Ganjar berpacaran sampai akhirnya memutuskan untuk menikah pada tahun 1999. Pasangan ini dikaruniai satu orang anak, Muhammad Zinedine Alam Ganjar pada 14 Desember 2001.

Atikoh kemudian melanjutkan pendidikan S2-nya di Public Policy Tokyo University pada tahun 2007.

Atikoh sendiri lahir dari keluarga berlatar belakang islami atau pesantren. Kakek Atiqoh, KH. Hasyim Abdul Karim merupakan pendiri Pondok Pesantren Riyadus Sholihin Kalijaran, Karanganyar, Purbalingga, Jawa Tengah. Kakeknya juga dikenal sebagai ulama sekaligus tokoh Nahdlatul Ulama (NU) yang terpandang.

Pendidikan Titiek Soeharto

Kisah cinta antara Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto seolah tak lekang oleh waktu. (Instagram/@titiksoeharto)Kisah cinta antara Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto seolah tak lekang oleh waktu. (Instagram/@titiksoeharto)

Pemilik nama lengkap Siti Hediati Hariyadi ini merupakan putri keempat Presiden RI ke-2 Soeharto.  Titiek lahir di Semarang pada 14 April 1959. Saat lahir, ayahnya, Soeharto masih menduduki jabatan sebagai Panglima TT-IV/Diponegoro.

Titiek kemudian berkuliah dengan mengambil S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Ia berhasil lulus pada tahun 1985.

Sosoknya pernah menikahi Prabowo Subianto, capres 2024, pada 1983 silam. Kala itu, Titiek yang masih berstatus mahasiswa nekat menikahi Prabowo. Suaminya saat itu sudah menjabat sebagai Perwira TNI.

Meski menikah muda, Titiek tetap berhasil menyelesaikan pendidikannya di UI. Ia lantas dikaruniai seorag anak laki-laki dari pernikahannya dengan Prabowo, yakni Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo, atau yang akrab dikenal Didit Prabowo.

Sayang pernikahan Titiek dengan Prabowo akhirnya kandas di meja hijau. Keduanya memutuskan bercerai usai Soeharto lengser dari jabatannya.

Sejak masih muda, Titiek aktif dalam berorganisasi. Sebut saja menjadi anggota Yayasan Purna Bhakti Pertiwi, ketua dalam Yayasan Seni Indonesia, dan juga Ketua Umum Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI).

Kini Titiek diprediksi akan melenggang ke Senayan sebagai Anggota DPR RI, setelah berhasil mendapatkan suara tinggi dalam hasil real count Pileg KPU.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #pendidikan #siti #atikoh #titiek #soeharto #anak #tokoh #anak #presiden #bertarung #jadi #negara

KOMENTAR