Jejak Karier Politik Titiek Soeharto, Hijrah dari Partai Keluarga Cendana ke Gerindra
Titiek Soeharto . [lambegosiip/Instagram]
16:33
16 Pebruari 2024

Jejak Karier Politik Titiek Soeharto, Hijrah dari Partai Keluarga Cendana ke Gerindra

Sosok mantan istri Prabowo Subianto, Titiek Soeharto santer menjadi sorotan publik setelah namanya disebut oleh Prabowo saat berpidato di Istora Senayan, Jakarta.

Namanya terlontar pada saat Prabowo menyebut tokoh-tokoh politik dan pendukungnya yang datang ke Istora pada Rabu (14/2/2024).

Pada saat Prabowo mengucap “Ibu Titiek Soeharto”, para pendukung yang hadir langsung menyambutnya dengan begitu meriah.

Bahkan, para pendukung juga meminta agar keduanya untuk kembali bersama atau rujuk.

Lantas, seperti apakah rekam jejak politik Titiek Soeharto? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Rekam Jejak Politik Titiek Soeharto

Titiek Soeharto lahir dengan nama asli Siti Hediati Soeharto pada 14 April 1959 di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Ia merupakan anak perempuan keempat dari Presiden ke-2 Republik Indonesia (RI) Soeharto bersama Hartinah yang lebih akrab dengan sapaan Tien Soeharto.

Tak hanya Titiek, Soeharto dan Tien memiliki lima anak lainnya. Mereka adalah Siti Hardijanti Rukmana (Tutut), Sigit Harjojudanto (Sigit), Bambang Trihatmodjo (Bambang), Hutomo Mandala Putra (Tommy), dan Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek).

Seperti diketahui, Titiek Soeharto merupakan keturunan Keluarga Cendana yang cukup aktif dalam dunia bisnis. Tercatat ia pernah berkecimpung di berbagai bidang industri. Adapun diantaranya yaitu:

  • Komisaris PT. Mekar Unggul Sari
  • Komisaris PT. Bursa Efek Jakarta (1995-1998)
  • Komisaris PT. Surya Citra Media (2005-2015)

Tak hanya di bidang bisnis bisnis, Titiek Soeharto juga mengikuti jejak sang ayah yang terjun ke dunia politik. Ia dikenal merupakan salah satu tokoh politikus yang sudah lama malang melintang di dunia politik Indonesia.

Di tahun 2012 silam, Titiek memutuskan untuk aktif berpolitik sebagai seorang kader di Partai Golongan Karya (Golkar). Pada saat itu, ia menduduki jabatan sebagai Ketua Bidang Pertanian dan Nelayan DPP Partai Golkar sampai tahun 2015.

Dalam Pemilu Legislatif 2014 lalu, Titiek Soeharto berhasil mendapatkan kursi dapil Daerah Istimewa Yogyakarta (DIT). Ia juga menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR RI (2014 - 2018).

Namun, pada bulan Juni 2018, Titiek memutuskan untuk mundur dari Golkar dan bergabung dengan Partai Berkarya, partai yang didirikan oleh Tommy Soeharto.

Di tahun 2023, Titiek memilih bergabung dengan Partai Gerindra dan menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Dan terakhir, ia juga turut serta kembali dalam Pemilu 2024 dengan menjadi Caleg DPR RI di dapil Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #jejak #karier #politik #titiek #soeharto #hijrah #dari #partai #keluarga #cendana #gerindra

KOMENTAR