Orang yang Sering Lapar Menjelang Tidur, Biasanya Menunjukkan 9 Kebiasaan Ini Menurut Psikologi
Orang yang Lapar Menjelang Tidur Biasanya Tunjukkan 9 Kebiasaan Ini, Menurut Psikologi. (Freepik)
10:12
18 Oktober 2024

Orang yang Sering Lapar Menjelang Tidur, Biasanya Menunjukkan 9 Kebiasaan Ini Menurut Psikologi

- Pernahkah Anda mendapati diri Anda menyerbu lemari es sebelum tidur, entah didorong karena rasa lapar yang tak terpuaskan yang tampaknya datang tiba-tiba atau alasan lainnya? Anda tidak sendirian!

Banyak orang mengalami keinginan ngemil di tengah malam, tetapi pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang kebiasaan ini ungkapkan tentang rutinitas harian dan pola pikir Anda?

Menurut psikologi, alasan di balik rasa lapar di malam hari dapat dikaitkan dengan berbagai perilaku dan pilihan gaya hidup.

Entah itu makan karena stres, melewatkan waktu makan, atau sekadar ngemil sore yang tidak mengenyangkan, sembilan kebiasaan ini dapat menjelaskan mengapa Anda mencari camilan tengah malam.

Mari kita telusuri pola psikologis yang mungkin memicu keinginan makan sebelum tidur, seperti yang dikutip dari geediting.com, Jumat (18/10) dibawah ini.

1. Mereka adalah burung hantu malam

Menjadi orang yang suka begadang tidak selalu berarti begadang untuk menonton film atau menyelesaikan pekerjaan. Terkadang, kebiasaan ini dapat menyebabkan rasa lapar di malam hari.

Sering kali, hal itu terjadi secara halus seiring berjalannya waktu. Anda mungkin tidak menyadarinya hingga Anda terbangun pada pukul 2 pagi, perut keroncongan karena ingin makan camilan tengah malam.

Anda mungkin memperhatikan hal ini pada orang-orang yang terbiasa begadang hingga larut malam.

Mungkin mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk menekuni hobi mereka, atau mereka secara alami lebih aktif saat bulan sedang tinggi.

Dalam beberapa kasus, mereka mungkin "lupa" akan waktu makan normal mereka, asyik dengan suatu tugas dan baru ingat makan ketika sudah larut malam.

Atau mungkin mereka lebih suka ketenangan dan kesunyian malam untuk menikmati makanan mereka tanpa gangguan.

2. Mereka lebih suka makan dalam porsi kecil namun lebih sering

Daripada berpegang pada rencana makan tiga kali sehari tradisional, para pemakan camilan larut malam ini sering kali cenderung lebih menyukai makanan yang lebih kecil dan lebih sering sepanjang hari.

Ini bisa menjadi preferensi sederhana atau pilihan sadar untuk meningkatkan metabolisme atau mengelola berat badan.

Anda mungkin memperhatikan bahwa mereka jarang duduk untuk makan besar. Sebaliknya, mereka mungkin makan camilan kecil sepanjang hari.

Ini bisa berarti mereka masih lapar di malam hari karena mereka belum mengonsumsi cukup kalori di siang hari.

Selain itu, pola makan mereka mungkin tidak teratur. Mereka mungkin melewatkan sarapan, makan siang terlambat, dan ngemil sepanjang sore.

Hal ini dapat menyebabkan rasa lapar tepat sebelum tidur, karena tubuh mereka hanya mengikuti jadwal makan yang telah menjadi kebiasaannya.

3. Mereka melakukan aktivitas fisik di malam hari

Meskipun secara umum dipercaya bahwa berolahraga dapat mengekang nafsu makan, terkadang hal sebaliknya dapat terjadi, terutama jika Anda berolahraga larut malam.

Anda mungkin menemukan bahwa setelah berolahraga di malam hari, alih-alih merasa puas dan siap tidur, Anda malah mencari camilan pasca-olahraga. Hal ini terjadi karena aktivitas fisik dapat merangsang metabolisme dan meningkatkan rasa lapar.

Beberapa orang mungkin pergi ke pusat kebugaran atau lari di malam hari sebagai cara menghilangkan stres setelah hari yang panjang.

Namun, peningkatan aktivitas fisik ini dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan, membuat Anda merasa lapar tepat sebelum tidur.

4. Mereka mengalami makan karena emosi

Mari kita hadapi kenyataan, kita semua manusia, dan terkadang, makanan lebih dari sekadar bahan bakar. Makanan bisa menjadi penghibur, pengalih perhatian, atau cara untuk mengisi kekosongan emosional.

Orang yang sering merasa lapar sebelum tidur mungkin mengalami sedang memiliki beban emosional yang tinggi.

Mungkin mereka mengalami hari yang menegangkan di tempat kerja, atau mereka sedang menghadapi masalah pribadi, pemicu emosional ini dapat menyebabkan mereka ngemil larut malam.

Mereka mungkin menemukan hiburan dalam semangkuk es krim atau sebungkus keripik sebelum tidur.

Ini bukan tentang menjadi lemah atau kurang pengendalian diri. Ini tentang mengakui bahwa terkadang emosi dapat memengaruhi kebiasaan makan kita.

5. Mereka berjuang melawan insomnia

Berputar-putar di malam hari, tidak dapat menemukan kenyamanan tidur, dapat menjadi pengalaman yang sangat membuat frustrasi. Dan sering kali, kegelisahan ini dapat menyebabkan rasa lapar sebelum tidur.

Insomnia atau gangguan tidur lainnya dapat mengganggu pola makan normal . Anda mungkin menemukan bahwa selama malam-malam panjang tanpa tidur, Anda mencari camilan untuk menghabiskan waktu atau dengan harapan camilan itu dapat membuat Anda tertidur.

Tidak mudah menghadapi masalah seperti itu, dan itu tentu bukan pilihan. Orang yang berjuang melawan gangguan tidur sering kali berjuang tidak hanya melawan gangguan tidurnya tetapi juga melawan efek sampingnya, seperti rasa lapar di tengah malam.

6. Mereka adalah pekerja atau pelajar larut malam

Kita semua pernah mengalaminya, begadang untuk memenuhi tenggat waktu, belajar keras untuk ujian, atau menyelesaikan proyek. Selama sesi kerja atau belajar larut malam ini, tidak jarang kita merasa lapar.

Orang-orang yang sering bekerja atau belajar hingga larut malam mungkin akan mendapati diri mereka mencari camilan untuk menjaga tingkat energinya tetap tinggi.

Ini bukan hanya tentang memuaskan rasa lapar, tetapi juga tentang tetap fokus dan waspada.

Mungkin Anda menyadari bahwa selama sesi larut malam, Anda cenderung lebih banyak ngemil, meskipun Anda sudah makan malam dengan benar.

Itu karena tubuh Anda menggunakan lebih banyak energi dan karenanya, membutuhkan bahan bakar tambahan.

7. Mereka adalah pecinta makanan

Siapa yang tidak suka camilan larut malam yang lezat, bukan?

Sebagian orang yang sering merasa lapar sebelum tidur hanya menikmati kenikmatan makanan.

Mereka mungkin pecinta kuliner di antara kita, selalu bersemangat mencoba resep baru atau mencicipi masakan yang berbeda.

Bagi orang-orang ini, makan bukan hanya untuk menahan rasa lapar; tetapi juga pengalaman yang harus dinikmati.

Mereka mungkin menemukan kegembiraan tertentu dalam menyiapkan makanan kecil di malam hari atau menikmati camilan favorit mereka sebelum tidur.

Jadi mereka mungkin menyiapkan roti lapis cepat saji atau menikmati semangkuk buah segar sebelum tidur.

Dan kenapa tidak? Lagipula, hidup ini terlalu singkat untuk melewatkan camilan lezat di tengah malam!

8. Mereka tidak memiliki rutinitas yang terstruktur

Jangan menutup-nutupinya, kurangnya struktur dan rutinitas dalam hidup sering kali dapat menyebabkan kebiasaan tidak sehat, termasuk merasa lapar sebelum tidur.

Jika Anda seseorang yang makan, tidur, dan bekerja pada waktu yang tidak teratur, jam internal tubuh Anda, atau ritme sirkadian, dapat menjadi tidak seimbang.

Hal ini dapat menyebabkan rasa lapar di tengah malam karena tubuh Anda bingung mengenai kapan seharusnya mengharapkan makanan.

Mungkin Anda melewatkan sarapan, makan siang pukul 3 sore, dan makan malam pukul 10 malam. Atau mungkin jadwal kerja Anda berubah setiap minggu.

Kurangnya jadwal makan yang teratur dapat menyebabkan tubuh Anda menginginkan makanan di jam-jam yang tidak biasa, termasuk sebelum tidur.

9. Mereka mungkin memiliki masalah kesehatan yang mendasarinya

Hal terpenting yang perlu diingat adalah: rasa lapar terus-menerus di malam hari bisa jadi merupakan gejala masalah kesehatan yang mendasarinya.

Kondisi seperti diabetes, hipertiroidisme, atau bahkan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan , yang mengakibatkan keinginan ngemil larut malam.

Ini tidak selalu tentang kebiasaan atau gaya hidup, terkadang, tubuh Anda mencoba memberi tahu Anda sesuatu.

Jika Anda menyadari bahwa Anda selalu lapar sebelum tidur dan hal itu tidak terkait dengan kebiasaan apa pun yang telah kita bahas, mungkin ada baiknya mencari nasihat medis.

Sangat penting untuk tidak mengabaikan perubahan terus-menerus pada selera makan atau kebiasaan makan Anda.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #orang #yang #sering #lapar #menjelang #tidur #biasanya #menunjukkan #kebiasaan #menurut #psikologi

KOMENTAR