Fakta Menarik Tentang INTJ, Kepribadian MBTI Penuh Kecerdasan dan Strategi
Ilustrasi kepribadian INTJ. (Pexels)
13:12
12 Februari 2024

Fakta Menarik Tentang INTJ, Kepribadian MBTI Penuh Kecerdasan dan Strategi

- Menurut Tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), terdapat 16 tipe kepribadian. Setiap kepribadian tersebut memiliki karakteristik atau ciri khas masing-masing. Bagi kamu yang belum familiar, tes MBTI adalah psikotes yang dirancang bertujuan untuk mengetahui persepsi seseorang dalam melihat dunia dan mengambil keputusan.

Dari 16 tipe kepribadian yang ada di tes MBTI, terdapat tipe INTJ. Diketahui bahwa orang yang memiliki kepribadian ini cukup sedikit, yaitu hanya 1-2 persen dari seluruh populasi di dunia.

Tak banyak orang memilikinya, tipe kepribadian INTJ ini pastinya memiliki beberapa hal menarik untuk ditelusuri. INTJ, atau Introverted, Intuitive, Thinking, dan Judging, adalah tipe kepribadian yang penuh dengan kecerdasan dan strategi.

Pada dasarnya, kata INTJ merupakan sebuah singkatan dari 4 kata, yaitu Introversion, Intuition, Thinking, dan Judging. Setiap kata tersebut ternyata memiliki makna masing-masing.

Introversion (I) di sini bermakna seseorang yang nyaman berada di lingkungan sosial kecil dan cenderung pasif. Sedang Intuition (N) memiliki arti seseorang yang sangat antusias terhadap berbagai hal, sekaligus hal yang baru diketahui.

Ada pula Thinking (T) yang dapat diartikan sebagai seseorang yang dalam membuat sebuah keputusan lebih mengedepankan logika dan fakta yang ada daripada menggunakan perasaannya. Sedangkan Judging (J) berarti seseorang yang nyaman ketika mengerjakan sesuatu yang terstruktur rapi.

Dilansir dari Facts.net, Senin (12/2), berikut adalah fakta menarik mengenai kepribadian MBTI yaitu INTJ:

1. INTJ Berjumlah 2 persen dari populasi di dunia

Menjadi salah satu tipe kepribadian yang paling langka, INTJ sering dipandang sebagai individu unik yang mendekati dunia dengan cara mereka sendiri yang berbeda.

2. INTJ unggul dalam pemikiran analitis dan penalaran logis

Mereka memiliki kemampuan alami untuk menganalisis situasi kompleks, mengidentifikasi pola, dan menghasilkan solusi inovatif, menjadikannya sangat dicari di bidang sains dan teknik.

3. Suka membayangkan masa depan dan jangka panjang

Mereka memiliki pola pikir strategis dan terus memikirkan gambaran besarnya, mengembangkan rencana dan strategi untuk mencapai visi ambisius mereka.

4. Mandiri

Mereka berkembang ketika diberi kebebasan untuk bekerja secara mandiri, memungkinkan mereka untuk sepenuhnya mengeksplorasi ide-ide mereka dan melaksanakan rencana mereka tanpa campur tangan pihak luar.

5. Terorganisir dan Efisien

Mereka lebih menyukai lingkungan yang terstruktur dan berkembang dalam situasi di mana mereka dapat merencanakan dan melaksanakan tugas secara metodis.

6. Pendiam dan penyendiri

Mereka cenderung menjaga emosi dan pikiran mereka, lebih memilih untuk membaginya hanya dengan orang-orang yang mereka percayai.

7. Memiliki kemampuan gambaran dalam situasi apapun

Mereka dapat dengan cepat mengidentifikasi pola dan tren, sehingga memungkinkan mereka mengantisipasi hasil di masa depan dan mengambil keputusan yang tepat.

8. Bisa menjadi perfeksionis

Mereka memiliki standar yang tinggi untuk diri mereka sendiri dan orang lain, berjuang untuk mencapai keunggulan dalam segala hal yang mereka lakukan.

9. Banyak ide

Mereka unggul dalam mensintesis informasi dan menghasilkan solusi inovatif dengan menggabungkan berbagai bidang pengetahuan.

10. Tidak pernah puas

Mereka tidak pernah puas dengan keadaan biasa-biasa saja dan selalu mencari cara untuk berkembang dan mendorong batasan mereka.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #fakta #menarik #tentang #intj #kepribadian #mbti #penuh #kecerdasan #strategi

KOMENTAR