Menilik Lagi Perjalanan Dukungan Politik Iwan Fals di Pilpres 2014 dan 2019, Selalu Beda Sendiri?
Iwan Fals (akun instagram @iwanfals)
17:06
11 Pebruari 2024

Menilik Lagi Perjalanan Dukungan Politik Iwan Fals di Pilpres 2014 dan 2019, Selalu Beda Sendiri?

Iwan Fals mengambil langkah berbeda dengan sejumlah pesohor Tanah Air yang sudah menentukan keberpihakan di Pilpres 2024. Blak-blakan lewat akun X-nya, pemilik nama asli Virgiawan Liestanto ini mengaku tetap menjaga netralitasnya sebagai musisi.

Tiga Rambu sebagai Manajemen Iwan Fals memberitahukan bahwa sampai saat ini Iwan Fals tetap memegang prinsip kenetralan sehubungan dengan pesta demokrasi Pemilu tahun 2024. Iwan Fals tidak terkait dengan partai politik maupun pasangan calon (paslon) manapun,” tegas Iwan Fals, dikutip pada Minggu (11/2/2024).

Potret Iwan Fals (instagram/ @iwanflas)Potret Iwan Fals (instagram/ @iwanfals)


Belakangan sikap Iwan Fals ini ternyata membuatnya menuai pro dan kontra. Pasalnya Iwan Fals sendiri dikenal sebagai salah satu musisi yang kerap menyentil isu sosial lewat karya-karyanya yang legendaris.

Namun apakah Iwan Fals memang selalu bersikap netral seperti ini di setiap masa Pemilu? Berikut adalah ulasan sikap-sikap politik Iwan Fals di beberapa periode Pemilu:

1. Pilpres 2024

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat bersama Iwan Fals. [Istimewa]Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat bersama Iwan Fals. [Istimewa]


Musisi kelahiran Jakarta, 3 September 1961 itu mengambil sikap yang berbeda dengan kebanyakan musisi dan public figure Tanah Air yang telah menentukan merapat ke kubu mana di Pilpres 2024.

Melalui pernyataan resmi manajemen yang diunggahnya di X, Iwan Fals menekankan dirinya tetap memertahankan netralitasnya. Iwan Fals tampaknya berusaha menjaga kerahasiaan pilihan politiknya sekalipun kerap dirumorkan condong ke pihak tertentu.

2. Pilpres 2019


Melalui akun X-nya, Iwan Fals juga beberapa kali membantah sikap politiknya yang diduga condong ke pihak tertentu di Pilpres 2019.

Pada 13 Maret 2019, pelantun “Bento” itu pernah mengunggah gambar yang mencatut dirinya dan seolah tengah memuji Presiden Joko Widodo. “Yang ini juga, sami mawon (sama saja)... aya-aya wae (ada-ada saja)...” tulis Iwan Fals.


Di tanggal yang sama, Iwan Fals juga mengunggah foto dirinya yang dianggap mendukung Prabowo Subianto yang maju dengan nomor urut 02. Pasalnya Iwan Fals di foto tersebut tampak berada di panggung sambil memperlihatkan pose dua jari, yang kemudian terungkap sudah dipotong sedemikian rupa.

Wah ini kelingking saya kemana nih, jangan gitu ah…” cuit Iwan Fals.

3. Pilpres 2014

Iwan Fals di gelaran Hammersonic 2023, Minggu (19/3/2023). [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]Iwan Fals di gelaran Hammersonic 2023, Minggu (19/3/2023). [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]


Iwan Fals pernah mengecam keras perilaku salah satu pendukung paslon. Pasalnya saat itu beredar foto Iwan Fals dengan balutan kaos putih bergambar Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa sambil mengacungkan jari telunjuk kanannya bak angka 1.

Iwan Fals pun menegaskan bahwa dirinya netral dan tidak mendukung salah satu capres. “Wah breng*** nih foto saya banyak dipake dukung si inilah, si itulah, nggak kreatif banget. Waduh kasihan yang nggak tahu, disangkanya saya dukung si ini atau si itu, gimana ya,” kritik Iwan Fals.

Kala itu Iwan Fals juga pernah dituduh lebih berpihak ke rival Prabowo karena Jokowi kedapatan berkunjung ke rumahnya pada 3 April 2014. Namun Iwan Fals tetap menegaskan netralitasnya sampai beberapa pekan sebelum pemungutan suara.

Kalo soal milih wi atau wo biar saya & kotak suara sajalah yang tahu. Selamat Nowela,” cuit Iwan Fals pada 24 Mei 2014, yang bertepatan juga dengan kemenangan Nowela Idol.

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #menilik #lagi #perjalanan #dukungan #politik #iwan #fals #pilpres #2014 #2019 #selalu #beda #sendiri

KOMENTAR