Jika Kamu Ingin Menjadi Orang yang Lebih Bahagia di Akhir Tahun, Mulailah Lakukan 8 Kebiasaan Ini Setiap Hari
Ilustrasi orang yang bahagia di akhir tahun. (foto : Unsplash.com/FuuJ)
11:04
16 Oktober 2024

Jika Kamu Ingin Menjadi Orang yang Lebih Bahagia di Akhir Tahun, Mulailah Lakukan 8 Kebiasaan Ini Setiap Hari

- Tak terasa untuk menuju akhir tahun tinggal beberapa bulan lagi, semuanya seperti terlalu cepat dan merasa bahwa di tahun ini belum melakukan banyak hal.

Itulah yang dirasakan setiap manusia setiap mendekati akhir tahun, kita semua selalu merasa kekurangan dan tidak puas dengan perjalanan hidup ini.

Melansir dari laman Ge Editing pada (16/10) jika kamu ingin menjadi orang yang lebih bahagia di akhir tahun, mulailah lakukan 8 kebiasaan ini :

1. Menulis Jurnal Syukur

Kebahagiaan seringkali datang dari rasa menghargai terhadap hal yang sudah dimiliki daripada berfokus pada yang belum dimiliki.

Jadi, cara yang lebih baik untuk menumbuhkan apresiasi tersebut adalah dengan mencatat hal-hal yang disyukuri setiap hari. Mungkin ini terdengar sepele, tapi sangat membantu.

Luangkan beberapa menit untuk menuliskan 3 hal yang kamu syukuri, tidak harus pada hal-hal mewah, misalnya dari secangkir kopi yang nikmat hingga bertemu dengan teman lama.

Latihan sederhana ini melatih pikiranmu untuk fokus pada aspek positif dalam hidup, hingga pada akhirnya akan meningkatkan tingkat kebahagiaan.

2. Olahraga

Saat kamu berolahraga, tubuh akan melepaskan endorfin saat sedang merasakan stres atau sakit hati. Sehingga setelah itu, akan menumbuhkan perasaan senang yang langsung meningkatkan suasana hati.

Jadi bisa dimulai dengan jogging sebentar, sesi yoga, atau bahkan menari mengikuti musik favorit. Temukan aktivitas yang kamu sukai dan jadikan itu kebiasaan sehari-hari.

3. Menghabiskan Waktu di Alam

Paparan terhadap alam tidak hanya membuat kamu merasa lebih baik secara emosional, tetapi juga berkontribusi kepada kesejahteraan fisik, menurunkan tekanan darah, detak jantung, ketegangan otot, dan produksi hormon stres.

Dalam kehidupan kita yang sibuk, sering lupa untuk terhubung dengan alam. Tapi menghabiskan beberapa menit di luar ruangan saja dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan secara signifikan.

Jadi berjalan-jalanlah di taman saat istirahat makan siang, minum kopi pagi di taman, atau berjalan-jalan di akhir pekan.

4. Melatih Mindfulness

Minfulness atau perhatian penuh adalah alat yang ampuh untuk meningkatkan kebahagiaan. Ini tentang hadir dan terlibat sepenuhnya pada saat ini, daripada memikirkan masa lalu atau mengkhawatirkan masa depan.

Ini bisa sesederhana menikmati kopi pagi, mendengarkan suara hujan di jendela, atau menikmati percakapan yang menyenangkan. Kamu dapat melatih mindfulness melalui meditasi, yoga, atau sekadar memusatkan perhatian pada napas selama beberapa menit setiap hari.

Dengan memasukkan kesadaran ke dalam rutinitas harianmu, akan menyadari bahwa ketika sudah lebih sadar akan perasaan dan pikiran, secara signifikan dapat meningkatkan tingkat kebahagiaanmu.

5. Terhubung dengan Orang yang Dicintai

Salah satu sumber kebahagiaan paling ampuh adalah hubungan bermakna dengan orang yang kita cintai. Dalam tawa bersama, pembicaraan dari hati ke hati, dan momen kebersamaan yang sederhana itulah sering menemukan kebahagiaan terdalam.

Usahakan untuk terhubung dengan orang yang kamu cintai setiap hari. Telepon dengan teman lama, makan malam bersama keluarga, atau bahkan pelukan menenangkan dari orang terkasih dapat membuat perbedaan besar dalam harimu.

Ingat, ini bukan tentang tindakan besar atau rencana yang rumit. Melainkan tentang hubungan yang tulus, cinta, dan perhatian. Inilah saat-saat yang benar-benar menyehatkan jiwa kita dan menyulut kebahagiaan kita.

6. Berinvestasi dalam Perawatan Diri

Kamu jangan berpikir bahwa perawatan diri itu harus dengan hal-hal yang mewah dan mahal, bahkan sesederhana membaca buku favorit, duduk sambil berpikir lebih dalam, menikmati waktu saat mandi, atau meneguk secangkir teh di sore hari.

7. Ciptakan Kebahagiaan Setiap Harinya

Pada akhirnya, kebahagiaan adalah sebuah pilihan. Ini bukan sesuatu yang diserahkan kepada kita, tapi sesuatu yang secara aktif kita ciptakan dan kembangkan.

Pilih untuk fokus pada hal positif untuk menambah rasa syukur, pilih untuk melepaskan hal yang tidak menguntungkanmu, serta pilih untuk dikelilingi orang-orang baik.

8. Batasi Diri dari Paparan Negatif

Di era media sosial dan berita 24/7, kita mudah dibombardir oleh hal-hal negatif. Tapi ingat, semua hal yang kamu konsumsi bisa berdampak signifikan pada suasana hati dan kebahagiaanmu.

Meskipun penting untuk tetap mendapat informasi, terus-menerus menyerap berita negatif atau terlibat dalam ruang online yang beracun dapat menguras kebahagiaan.

Cobalah tetapkan batasan konsumsi media sosial, jangan habiskan waktu untuk menelusuri media sosial atau menonton berita. Pilih untuk terlibat dengan konten yang positif dan membangkitkan semangat.

Mengutip dari laman Line Bank, menuju akhir tahun ini juga kita dapat merefleksikan diri mengenai kesalahan-kesalahan yang pernah dibuat, dan belajar lagi untuk tahun depan agar tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #jika #kamu #ingin #menjadi #orang #yang #lebih #bahagia #akhir #tahun #mulailah #lakukan #kebiasaan #setiap #hari

KOMENTAR