Selain Kelebihan, Ada juga Sisi Buruk Tipe Kepribadian INFJ, Apa Saja?
Sisi buruk dari tipe INFJ salah satunya pendiam dan enggan membuka diri secara sosial. (Freepik)
12:34
9 Februari 2024

Selain Kelebihan, Ada juga Sisi Buruk Tipe Kepribadian INFJ, Apa Saja?

- Selain kelebihan yang dimiliki oleh tipe kepribadian INFJ atau Introverted, Intuitive, Feeling, Judging, mereka juga memiliki sisi buruk. Sisi buruk ini mengacu pada kelemahan yang dimiliki sosok dengan kepribadian INFJ.

Sisi buruk tipe kepribadian ini perlu diatasi dan diperbaiki untuk mengembangkan kepribadian yang seimbang. Sisi buruk ini pun jika terus ada pada seseorang INFJ, akan membuat mereka tampak lemah dan dapat menjadi penghambat dalam hidup mereka.

Berikut ini merupakan sisi buruk tipe kepribadian INFJ berdasarkan informasi yang dikutip dari laman The Pleasant Personality.

1. Terobsesi dengan kesempurnaan

INFJ terlalu sempurna dalam segala hal. Mereka akan mulai mencari cara untuk memperbaiki keadaan agar tidak terjadi kesalahan. Dengan melakukan hal ini, mereka akan membuat hidup mereka sengsara. Alih-alih menikmati hidup, mereka justru akan menekan diri sendiri dalam membenahi hal-hal yang perlu diperbaiki.

2. Menganggap kritik terlalu pribadi

INFJ terlalu sensitif untuk menerima kritik. Mereka mungkin menganggapnya sebagai serangan pribadi dan mungkin merasa diabaikan. Orang dengan karakteristik INFJ bisa menjadi sangat defensif saat menghadapi kritik.

3. Pendiam dan enggan membuka diri secara sosial

Sebagai seorang introvert, INFJ tidak tertarik untuk bersosialisasi lebih dari yang dibutuhkan untuk pertumbuhan pribadinya. Mereka pendiam dan sulit diketahui secara lahiriah.

Memiliki lingkup pertemanan yang kecil. Orang-orang ini tidak akan pernah mengungkapkan perasaan terdalam mereka kepada orang lain karena mereka tidak ingin membebani orang lain dengan kesengsaraan dan kekhawatiran mereka.

4. Sering mengalami kelelahan

INFJ bisa mengalami kelelahan karena mereka stres akan kesempurnaan. Orang-orang ini akan berusaha untuk mencapai segalanya dengan sempurna bahkan dengan mengorbankan kesehatan mental mereka. Oleh karena itu, kelelahan emosional tidak jarang terjadi pada mereka.

5. INFJ mudah merasa putus asa

Orang dengan karakteristik INFJ dapat merasa kecil hati dan tidak termotivasi jika kesempurnaan tidak berada pada tempatnya. Jika mereka gagal dalam upaya mencapai kesempurnaan dalam hidup, mereka akan merasa kecil hati dan menderita penderitaan emosional.

6. Cenderung menghindari konflik

Mereka menghindari konflik dengan cara apa pun. Bahkan ketika mereka mengetahui bahwa orang lain tidak benar, mereka akan berusaha mengatasi masalah tersebut secara damai. Namun perilaku tersebut perlu diubah karena mereka selalu dimanfaatkan untuk perbuatan baik.

7. Terlalu sensitif

Tipe kepribadian INFJ lembut dan sangat sensitif. Mereka mungkin mudah menjadi emosional karena mengetahui cerita menyakitkan orang lain. Dalam situasi seperti ini, mereka akan mendengarkan penderitaan para penderitanya. Namun masalahnya adalah mereka tidak berhenti sampai di sini.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #selain #kelebihan #juga #sisi #buruk #tipe #kepribadian #infj #saja

KOMENTAR