5 Kebiasaan Kecil yang Akan Membuat Anda Menjadi Orang Sukses, Menurut Psikologi
Ilustrasi orang yang sangat sukses dengan rutinitas yang produktif. (Pexels)
20:46
14 Oktober 2024

5 Kebiasaan Kecil yang Akan Membuat Anda Menjadi Orang Sukses, Menurut Psikologi

 

 

Berbagai cerita orang-orang yang telah meraih kesuksesan tentu memiliki kebiasaan yang membuat mereka mampu mencapai titik tersebut. Mereka mendedikasikan hidup mereka dengan rutinitas kerja yang produktif.

Kesuksesan mungkin tampak seperti tujuan yang sulit diraih, dan hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki bakat luar biasa, koneksi tak terbatas, dan sumber daya yang mendukung.

Anda mungkin sering mendengar miliarder yang sukses dalam semalam, CEO yang sukses dengan usahanya sendiri, dan investor yang inovatif, sehingga Anda cenderung berpikir bahwa mereka memiliki sesuatu yang tidak mungkin dicapai.

Namun kenyataannya, kesuksesan dibangun atas tindakan-tindakan kecil yang konsisten dari waktu ke waktu, bukan hanya pencapaian yang instan. Ini tentang perubahan yang drastis atau memanfaatkan kesempatan dalam hidup.

Dengan kebiasaan-kebiasaan kecil yang Anda kembangkan setiap hari, mungkin dapat menuntun Anda mencapai kesuksesan.

Dilansir dari psikologi.

  1. Pola pikir berkembang

Orang yang sangat sukses memahami bahwa kekuatan pola pikir untuk terus berkembang sangatlah penting. Menurut psikolog Carol Dweck, kemampuan dan kecerdasan dapat dikembangkan dengan waktu, usaha, dan dedikasi.

Pola pikir berkembang menunjukkan bahwa tantangan lebih menarik daripada mengancam. Jadi, daripada berpikir akan gagal dalam menghadapi tantangan, lebih baik memanfaatkannya sebagai kesempatan untuk berkembang.

Orang dengan pola pikir berkembang tidak takut bekerja keras dan berjuang. Mereka tahu bahwa untuk mencapai hal-hal hebat, mereka perlu terus mendorong batasan dan keluar dari zona nyaman.

Ini yang membuat orang-orang sukses berbeda dari kebanyakan orang. mereka tidak takut gagal atau membuat kesalahan. Sebaliknya, mereka menganggapnya sebagai batu loncatan menuju kesuksesan.

  1. Pembelajaran berkelanjutan

Orang yang sangat sukses tahu bahwa belajar tidak berhenti setelah sekolah, belajar merupakan perjalanan seumur hidup. Mereka terus mencari pengetahuan baru, baik melalui buku, artikel, atau pengalaman lainnya.

Contoh orang yang sukses adalah Bill Gates, diketahui membaca hampir satu buku seminggu, atau Warren Buffett yang menghabiskan waktu 80 persen harinya untuk membaca.

Dalam penelitian Randall Bell, Ph.D., menunjukkan bahwa mereka yang membaca tujuh buku atau lebih per tahun memiliki peluang besar untuk menjadi jutawan dibanding mereka yang tidak pernah membaca satu hingga tiga buku.

Jadi, dengan keinginan untuk terus belajar akan menciptakan peluang Anda untuk sukses, karena semakin Anda banyak belajar, akan semakin banyak peluang yang bisa Anda ambil.

  1. Bangun pagi

Anda mungkin pernah mendengar ungkapan “Jangan bangun kesiangan atau rejekimu akan dipatok ayam.” Ini mungkin klise dalam hal kesuksesan, dan menunjukkan bahwa jika ingin sukses Anda harus bangun lebih pagi.

Jika Anda memperhatikan rutinitas orang-orang yang sangat sukses, Anda akan menemukan satu kebiasaan umum mereka yaitu bangun pagi.

Seperti Tim Cook yang merupakan CEO Apple yang memulai harinya pada pukul 3:44 pagi, atau Jack Dorsey mantan CEO Twitter yang bangun pukul 5:30 pagi.

Mereka tahu bahwa jam-jam tenang di pagi hari adalah waktu terbaik untuk menentukan suasana hari, menangani prioritas, dan memulai lebih awal sementara banyak orang yang masih tertidur.

Jadi, bangun pagi dapat memberikan Anda waktu tanpa gangguan untuk fokus pada tujuan, memperbaiki diri, atau sekedar merencanakan tugas harian. Ini adalah kesempatan untuk memprioritaskan kesuksesan Anda sebelum gangguan muncul.

  1. Mengerjakan satu tugas dengan fokus

Fokus pada satu tugas dapat membuat Anda lebih produktif dan memaksimalkan hasil yang diperoleh. Namun, Anda mungkin sering melakukan banyak tugas sekaligus, seperti menjawab email, panggilan klien, atau fokus pada media sosial saat bekerja.

Anda selalu beranggapan bahwa multitasking adalah kelebihan yang harus dikembangkan. Namun kenyataannya, hal itu mungkin lebih merugikan daripada menguntungkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

Single tasking adalah seni yang berfokus pada satu tugas dalam satu waktu, memberikan perhatian penuh sebelum beralih ke tugas berikutnya. Pendekatan ini dapat meningkatkan efisiensi dan meningkatkan kualitas pekerjaan Anda.

Dengan membuang mitos multitasking dan memilih pola pikir single tasking, Anda dapat meningkatkan produktivitas, bekerja lebih cerdas, dan membuat kemajuan yang akan menuntun Anda menuju kesuksesan.

  1. Membuat daftar tugas

Ini juga tidak kalah penting, yaitu membuat daftar tugas yang sering menjadi kebiasaan orang-orang yang sangat sukses. Ini mungkin sederhana, tetapi dengan menulis tugas-tugas Anda dapat memberikan perbedaan besar dalam merencanakan hari Anda.

Dr. Randall Bell menekankan pentingnya kebiasaan ini. Dengan memiliki daftar tugas kemungkinan seseorang untuk menjadi sukses akan sangat besar, dibanding dengan mereka yang tidak memiliki jadwal pasti.

Memiliki daftar tugas memungkinkan Anda memprioritaskan waktu secara efektif, membagi pekerjaan sulit menjadi beberapa tugas-tugas yang dapat dikerjakan, dan merasakan pencapaian Anda saat menyelesaikan satu persatu pekerjaan.

Ini adalah cara yang efektif untuk memberi struktur pada hari Anda dan memastikan tidak ada yang terlewatkan untuk pekerjaan yang harus Anda selesaikan.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kebiasaan #kecil #yang #akan #membuat #anda #menjadi #orang #sukses #menurut #psikologi

KOMENTAR