Sering Merasa Ngantuk Dipagi Hari? Berikut Cara Efektif Buat Mengusir Rasa Kantuk Biar Kamu Bisa Produktif!
Ilustrasi mengantuk pagi hari./ (Pexels)
10:40
14 Oktober 2024

Sering Merasa Ngantuk Dipagi Hari? Berikut Cara Efektif Buat Mengusir Rasa Kantuk Biar Kamu Bisa Produktif!

Rasa kantuk dipagi hari seringkali mengganggu produktivitas seseorang sepanjang hari.

Padahal seharusnya pagi hari badan akan terasa lebih fresh karena telah mendapatkan amunisi saat beristirahat semalaman.

Namun tak jarang seseorang akan merasa lemas dan tidak bugar bahkan rasa ingin kembali merebahkan diri di kasur akibat rasa kantuk yang menyerang itu.

Rasa kantuk yang dirasakan kebanyakan orang pada pagi hari merupakan hal yang wajar jika kondisi tersebut berlangsung selama 15-60 menit karena adanya peralihan dari tidur ke bangun.

Namun, perlu dipersoalkan jika ternyata kantuk yang dirasa malah berlangsung melebihi rentang waktu seharusnya.

Kemungkinan rasa kantuk dipagi hari yang tak kunjung hilang tersebut disebabkan karena adanya paparan sinar biru dari gadget yang mengganggu siklus tidur-bangun atau kondisi kasur yang kurang nyaman dan malah membuat badan menjadi pegal-pegal.

Kemungkinan lain bisa berupa karena gaya hidup orang tersebut rentan kurang banyak gerak secara aktif atau karena akibat efek samping obat tertentu bahkan bisa jadi karena penyakit tertentu seperti ganguuan tidur.

Penyakit tersebut bisa menimbulkan beberapa gejala seperti kondisi badan mudah terasa lemas, lelah, atau ngantuk.

Namun jangan khawatir, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa kantuk dipagi hari yang dikutip dari Orami pada Senin (14/10), berikut lengkapnya:

1. Rutin minum air putih saat bangun tidur

Menurut penelitian yang tercantum dalam ‘The Journal Nutrition’ menyatakan bahwa dengan meminum segelas atau dua gelas air putih bisa menyegarkan tubuh sebelum memulai kegiatan.

Karena dengan minum air putih dipagi hari bisa mengurangi kemungkinan rasa dehidrasi yang menyebabkan tubuh terasa lebih lemah.

2. Rutin melakukan peregangan saat bangun tidur

Melakukan peregangan merupakan salah satu cara efektif yang bisa menghilangkan rasa kantuk dipagi hari.

Gerakan-gerakan akibat peregangan dinilai mampu mengaktifkan kembali otot-otot yang kaku saat tidur serta dengan peregangan mampu melepaskan endorphin yang merangsang energi.

3. Mandi air dingin atau sekedar cuci muka

Hawa dingin pagi hari mungkin membuat Sebagian orang merasa malas untuk mandi dipagi hari.

Padahal, mandi dipagi hari memiliki banyak manfaat salah satunya mampu merubah suhupada tubuh dan menjadikannya lebih segar sepanjang hari.

Jika memang tidak memungkinkan untuk mandi pagi, maka kamu bisa cukup dengan cuci muka sebelum memulai aktivitas lainnya.

4. Rutin olahraga tiap pagi

Menurut beberapa penelitian, olahraga selain baik untuk kesehatan tubuh juga dinilai mampu menghilangkan rasa kantuk karena melakukan aktivitas secara aktif yang bisa menurunkan rasa Lelah dipagi hari.

5. Kurangi konsumsi kafein

Salah satu cara menghilangkan kantuk adalah dengan mengurangi jumlah konsumsi kafein karena jika dikonsumsi dalam jumlah besar akan mengakibatkan kelelahan sepanjang hari.

6. Rutin berjemur dipagi hari

Sinar matahari pagi dinilai mampu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh yang bisa memperbaiki kualitas tidur seseorang.

Saat kualitas tidur membaik, saat bangun tidurpun akan terasa lebih bugar dan fresh.

Berjemur dipagi hari dilakukan secara rutin selama 5-15 menit tiap harinya sebelum pukul 10 pagi.

7. Tidak makan berat sebelum tidur

Kebiasaan makan sebelum tidur termasuk kebiasaan buruk yang harus dihindari, paling tidak beri jeda selama 2-3 jam antara waktu makan dan tidur agar lambung memiliki kesempatan untuk mencerna makanan dalam perut terlebih dahulu.

Jika tidak ada jeda, maka kebanyakan orang tersebut akan terjaga sepanjang malam karena tidak adanya respon rasa kantuk akibat lambung masih memproses makanannya.

8. Sarapan secukupnya

Sarapan dipagi hari dinilai mampu mengatasi kelelahan dan akan membuatmu bersemangat sepanjang hari karena memiliki amunisi yang cukup.

Dengan adanya asupan kalori yang cukup bagi tubuh, hal tersebut juga merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa kantuk dipagi hari.

9. Konsumsi asupan gula secukupnya

Sarapan bagi tentunya bukan asal makan makanan tertentu terlebih makanan yang memiliki kandungan gula tinggi.

Makanan yang manis dapat menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah secara drastis yang membuat seseorang akan lebih mudah lelah.

10. Kurangi kebiasaan merokok

Perokok cenderung memiliki kualitas tidur yang buruk karena adanya kandungan nikotin dalam rokok yang menggangu siklus tidur perokok tersebut.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #sering #merasa #ngantuk #dipagi #hari #berikut #cara #efektif #buat #mengusir #rasa #kantuk #biar #kamu #bisa #produktif

KOMENTAR