Perawatan Wajah Alami di Rumah: Pepaya Mampu Mengobati Penyakit Kulit hingga Mencegah Jerawat Tumbuh
Ilustrasi, pepaya yang bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah Anda. Freepik.
16:46
10 Oktober 2024

Perawatan Wajah Alami di Rumah: Pepaya Mampu Mengobati Penyakit Kulit hingga Mencegah Jerawat Tumbuh

- Kandungan yang dimiliki pepaya sangatlah kompleks, mulai dari vitamin, mineral, enzim, hingga zat-zat yang berfungsi sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Dilansir JawaPos.com dari Skin Kraft pada Kamis (10/10), penelitian terbaru menyebutkan bahwa pepaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan semua organ dan di setiap tahap kehidupan.

Termasuk untuk kesehatan kulit, pepaya berperan dalam mengobati penyakit kulit, seperti kutil, kapalan, dan lainnya. Tidak hanya itu, pepaya pun mampu mengontrol minyak berlebih hingga jerawat pada wajah.

Silakan simak lebih lengkapnya terkait manfaat pepaya untuk kulit hingga cara menggunakannya sebagai perawatan wajah alami di rumah.

1. Mengontrol Jerawat

Enzim proteolitik pada pepaya, yakni papain dan chymopapain mampu mengurangi peradangan. Terutama papain yang bersifat melarutkan protein yang membantu proses pengelupasan kulit sehingga jerawat tidak lagi tumbuh.

Papain juga bermanfaat menghilangkan keratin yang rusak dan menumpuk pada kulit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa papain secara signifikan membantu dalam pengobatan jaringan parut.

Kemudian konsentrasi retinol yang tinggi membuat pepaya berkhasiat untuk mencegah dan mengobati jerawat inflamasi. Ditambahkan dari True Basics, dengan mengoleskan pepaya pada wajah membantu mengatasi jerawat, komedo, serta semua tanda kulit yang tidak sehat.

2. Mengurangi Kerutan dan Anti-Aging

Kandungan antioksidan, seperti vitamin C dan likopen yang ditemukan dalam buah pepaya mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit tampak awet muda dan kencang alami.

Disebutkan dalam penelitian di tahun 2017, antioksidan dalam pepaya mampu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas sehingga kulit tetap halus dan awet muda.

Lalu, penelitian di tahun 2012 menyebutkan bahwa kandungan pepaya baik untuk meningkatkan elastisitas kulit, sehingga meminimalkan terjadinya kerutan.

3. Membersihkan Kulit Secara Menyeluruh

Pepaya kaya akan enzim dan antioksidan yang bermanfaat untuk membersihkan wajah secara menyeluruh, menghilangkan minyak berlebih, sel-sel kulit mati dan jaringan yang rusak, serta kotoran dari permukaan kulit sehingga dihasilkan wajah yang cerah dan berseri.

4. Mengobati Penyakit Kulit

Pepaya telah dikenal sejak lama sebagai obat alami untuk penyakit kulit, seperti eksim, psoriasis, gatal, kemerahan, ataupun luka bakar. Hal ini disebabkan enzim dalam buah pepaya yang membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati dan menghilangkan kotoran atau polutan dari kulit.

5. Melembabkan dan Menutrisi Kulit

Pepaya adalah pelembab kulit alami. Konsentrasi antioksidan, enzim, serta vitamin A dan E yang cukup tinggi mampu membuat kulit yang kering dan bersisik menjadi lebih kenyal, lembab, dan bercahaya.

6. Mengurangi Pigmentasi dan Bintik Hitam Kulit

Pepaya kaya akan enzim, beta-karoten, vitamin, dan senyawa lain yang bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka, pigmentasi kulit atau warna kecoklatan seperti pada siku dan lutut, bekas jerawat, noda atau flek hitam pada kulit.

Enzim papain baik untuk menghilangkan bintik-bintik hitam atau warna kulit tidak merata pada wajah serta aktif sebagai pencerah dan pelembut alami kulit. Beta-karoten membuat kulit lebih halus. Enzim, vitamin A, dan C dalam pepaya telah lama digunakan sebagai pemutih alami kulit.

7. Merawat Rambut-Rambut Halus di Wajah

Tidak hanya kulit saja, rambut-rambut halus di wajah pun dapat dicerahkan oleh pepaya seperti layaknya pemutih. Lalu, tidak hanya mencerahkan rambut-rambut halus di wajah saja, pepaya pun mampu mencegahnya tumbuh kembali.

Cara Menggunakan

1. Kulit Kering

Anda yang memiliki tipe kulit kering, campuran pepaya yang sudah dihaluskan dengan susu dan madu adalah yang paling tepat. Madu dan pepaya mampu menghidrasi kulit. Sementara campuran susu dengan pepaya membantu eksfoliasi kulit sehingga kulit terasa bersih dan segar.

Oleskan secara merata pada wajah Anda campuran tersebut dan bilas setelah 15 menit pemakaian. Hasil terbaik akan Anda dapatkan usai satu atau dua kali pemakaian dalam seminggu secara rutin.

2. Kulit Berminyak

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, silakan haluskan pepaya dan jeruk. Setelah halus dan tercampur rata, oleskan pada wajah dan biarkan sekitar 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin dan pastikan wajah telah bersih sempurna.

Kandungan vitamin C pada pepaya dan jeruk dipercaya bertindak sebagai astringent alami yang mampu mengurangi produksi sebum pada wajah.

3. Kulit yang Teriritasi

Sementara bagi Anda yang memiliki kulit sensitif atau sedang iritasi, Anda dapat campurkan pepaya, mentimun, dan pisang, kemudian haluskan. Setelah halus dan tercampur rata, oleskan pada wajah sekitar 15 menit, kemudian bilas.

Campuran ketiga bahan tersebut mampu melembabkan sekaligus mencerahkan kulit. Sementara antiradang dan antijerawat dalam pepaya berkhasiat untuk menenangkan kulit serta mengurangi rasa gatal dan kemerahan.

4. Kulit yang Rentan Berjerawat

Bagi Anda yang memiliki wajah yang rentan berjerawat, silakan campurkan pepaya yang telah dihaluskan, madu, dan air lemon. Setelah terbentuk pasta halus, oleskan pada wajah dan diamkan sekitar 15 menit kemudian bilas.

Campuran pepaya, air lemon, dan madu akan membunuh bakteri penyebab jerawat, kemudian kandungan enzim dalam pepaya akan membersihkan dan membuka pori-pori kulit.

5. Kulit yang Lebih Cerah

Bagi Anda yang ingin dapatkan kulit wajah yang lebih cerah, silakan campurkan pepaya yang telah dihaluskan dengan air lemon. Oleskan secara merata dan bilaslah setelah kering hingga wajah bersih sempurna.

Kedua bahan tersebut terbukti ampuh untuk mencerahkan, memutihkan, dan menyehatkan kulit.

Demikianlah manfaat dan cara menggunakan pepaya sebagai perawatan wajah alami di rumah. Selamat mencoba.***

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #perawatan #wajah #alami #rumah #pepaya #mampu #mengobati #penyakit #kulit #hingga #mencegah #jerawat #tumbuh

KOMENTAR