Besaran Tarif Ceramah 5 Pendakwah Kondang Tanah Air, Ustaz Solmed Paling Fantastis?
Ustaz Solmed dan Mamah Dedeh (Instagram/@ustaz_solmed/@mamahdedeh_officialaccount)
13:16
10 Januari 2024

Besaran Tarif Ceramah 5 Pendakwah Kondang Tanah Air, Ustaz Solmed Paling Fantastis?

Berawal dari viralnya aksi Ustaz Solmed yang memamerkan rumah mewahnya, tarif ceramah pendakwah pun turut dikulik. Seperti diketahui, Indonesia memiliki banyak pendakwah kondang.

Biaya untuk mengundang mereka agar bisa memberikan ceramah atau kajian dalam sebuah acara tentu saja berbeda. Biasanya,besaran tarif ceramah pendakwah ini ditentukan pula oleh popularitas mereka.

Sebagai gambaran, berikut besaran tarif ceramah 5 pendakwah kondang di Indonesia.

1. Ustaz Abdul Somad (UAS)

Ustaz Abdul Somad (UAS). [Dok Humas Pemkab Bengkalis]Ustaz Abdul Somad (UAS). [Dok Humas Pemkab Bengkalis]

Ustaz yang kerap menyisipkan cerita jenaka dalam ceramahnya menjadi salah satu pendakwah yang digemari di tanah air. Untuk tarif ceramah, UAS mengaku tak pernah pasang harga.

Kendati demikian, ia juga aktif berceramah melalui YouTube lewat kanal Ustadz Abdul Somad Official. Kini kanal tersebut sudah memiliki 4,22 juta subscribers.

2. Mamah Dedeh

Penceramah Mamah Dedeh (Instagram/mamahdedeh_officialaccount)Penceramah Mamah Dedeh (Instagram/mamahdedeh_officialaccount)

Pada tahun 2013 lalu, seorang netizen di Twitter mengungkapkan berapa bayaran Dedeh Rosidah Syarifudin alias Mamah Dedeh.

Netizen bernama Jajang yang saat itu adalah mahasiswa program doktor pada Boston University menyebut biaya Mamah Dedeh setiap ceramah adalah Rp40 juta.

3. Ustaz Solmed

Sumber Kekayaan Ustaz Solmed (Instagram/@ustad_solmed)Ustaz Solmed (Instagram/@ustad_solmed)

Tarif ceramah Ustaz Solmed pernah bocor lantaran kontroversi dengan pihak panitia kajian di Hongkong pada 2013 lalu.

Khalifah, pemimpin majelis Thoriqul Jannah, kala itu mengungkap jika Ustaz Solmed meminta tarif yang fantastis untuk satu kali ceramah.

Di awal pihak panitia sepakat akan memberi 6 ribu Dollar Hongkong. "Tapi, Solmed berubah pikiran dengan menaikan tarif 10 juta Hongkong Dollar dan awalnya dua tiket lalu meminta 4 tiket pesawat," kata Khalifah kala itu.

4. Aa Gym

Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym (dok pribadi)Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym (dok pribadi)

Pada tahun 2002 atau 18 tahun lalu, dari laman Wikipedia disebutkan bahwa, “Tarif siarnya untuk berdakwah bisa mencapai USD 100.000 per jam pada bulan Ramadhan, dan penampilannya menjadi rebutan stasiun-stasiun TV.”

Angka tersebut cukup fantastis mengingat pada tahun 2002, nilai tukar rupiah terhadap 1 dollar Amerika Serikat mencapai Rp 9.260. Diketahui pula pada era tersebut, nama Aa Gym sedang berada di puncak popularitas.

5. Hanan Attaki

Rekam Jejak Ustadz Hanan Attaki (instagram.com/hanan_attaki)Ustaz Hanan Attaki (instagram.com/hanan_attaki)

Nama Hanan Ataki begitu populer di kalangan anak muda tanah air. Ceramah yang ia sampaikan menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami serta kerap mengangkat isu yang dekat dengan kalangan milenial dan Gen Z.

Tak diketahui dengan pasti tarif ceramah Ustaz Hanan Attaki. Namun lewat dakwah di kanal YouTube, ia diperkirakan mampu mengantongi Rp6,2 juta hingga Rp99,9 juta per bulan.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #besaran #tarif #ceramah #pendakwah #kondang #tanah #ustaz #solmed #paling #fantastis

KOMENTAR