Judul Disertasi AHY, Raih Gelar Doktor dari UNAIR dengan Predikat Cum Laude
Sidang doktor terbuka AHY, Senin (7/10)
15:36
8 Oktober 2024

Judul Disertasi AHY, Raih Gelar Doktor dari UNAIR dengan Predikat Cum Laude

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kembali menambah gelar akademiknya. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) ini resmi menyandang gelar doktor dari Universitas Airlangga (Unair).

Gelar itu didapat AHY usai menjalani sidang doktor terbuka pada Senin (7/10/2024) di Sekolah Pascasarjana Unair, Surabaya. Sebelumnya, AHY sudah melaksanakan ujian doktor tertutup pada 12 September 2024.

"Alhamdulillah, saya dinyatakan lulus Sidang Ujian Terbuka dan secara resmi memperoleh gelar Doktor ke-88 dari program studi pengembangan SDM, Universitas Airlangga," demikian tulis AHY pada pada unggahan foto Instagram.

Dipimpin langsung oleh Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak, sidang terbuka AHY berlangsung secara hybrid di Kampus MERR-C Unair dan kanal YouTube.

Baca Juga: Menuju Indonesia Emas 2045, Jokowi Teken Perpres Desain Besar Manajemen Talenta Nasional

Sidang doktor terbuka AHY, Senin (7/10)Sidang doktor terbuka AHY, Senin (7/10)

Terlihat AHY didampingi oleh istrinya, Annisa Pohan, ayahnya Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), serta sang adik Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

Untuk disertasinya, AHY mengambil topik berkaitan dengan Indonesia Emas yang berjudul "Transformational Leadership and Human Resources Orchestration Towards Indonesia Emas 2045".

Lewat disertasi ini, AHY menawarkan pemahaman baru tentang kepemimpinan transformasional, yang mana dinilai mampu menjadi poros bagi bangsa yang memiliki visi baik ke depan.

Ia mengungkapkan bila pemerintahan yang baik dan pemimpin yang menyesuaikan diri merupakan sosok yang sangat penting dan dibutuhkan negara, tak terkecuali Indonesia. Pasalnya, maju mundurnya sebuah institusi sangat bergantung pada kualitas sumber daya manusia dan pimpinannya.

Sidang doktor terbuka AHY, Senin (7/10)Sidang doktor terbuka AHY, Senin (7/10)

"Dalam hal ini leadership transformational menjadi penting karena tiap daerah butuh penyesuaian. Maka, birokrasi yang responsif dan adaptif tentu akan menyelesaikan banyak masalah," terang AHY dalam sidang terbuka.

Baca Juga: UIPM 'Kampus Raffi Ahmad' Jadi Bahan Tertawaan di Media Sosial

Usai menjalani ujian terbuka, AHY dinyatakan lulus dalam waktu 3 tahun, 1 bulan, 2 hari. AHY resmi menerima gelar doktor dengan predikat cum laude alias dengan pujian.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #judul #disertasi #raih #gelar #doktor #dari #unair #dengan #predikat #laude

KOMENTAR