Profil Yolla Yuliana, Ikuti Jejak Megawati Hangestri Gabung Klub di Luar Negeri
profil Yolla Yuliana (Instagram/yollayuliana1515)
13:56
8 Oktober 2024

Profil Yolla Yuliana, Ikuti Jejak Megawati Hangestri Gabung Klub di Luar Negeri

Banyak yang penasaran dengan profil Yolla Yuliana, atlet voli Indonesia yang menjadi sorotan penggemar voli berkat prestasinya yang gemilang.

Selain memiliki paras yang cantik, ketangguhan Yolla di lapangan membuatnya kerap menjadi pusat perhatian. Apalagi ia belum lama ini bergabung dengan klub asal Jepang, Tokyo Sunbeams.

Tak hanya berprestasi di lapangan, Yolla Yuliana juga dikenal luas di luar dunia olahraga. Berikut adalah profil Yolla Yuliana, perjalanan karier, hingga prestasinya.

Profil Yolla Yuliana

Yolla Yuliana lahir di Bandung pada 16 Mei 1994. Ia tumbuh dalam keluarga yang dekat dengan dunia voli. Ibunya, Mira Mutiara, adalah mantan pemain voli handal, yang turut memengaruhi perjalanan karier Yolla.

Baca Juga: Profil Gus Zizan, Belum Genap 20 Tahun Sudah Nikahi Gadis Belia

Saat masih duduk di bangku SD, perempuan dengan tinggi badan 180 cm ini diperkenalkan pada olahraga voli oleh ibunya. Menyadari bakat Yolla dalam bermain voli, sang ibu kemudian mendaftarkannya ke sebuah klub voli di Bandung.

Kehidupan pribadi Yolla Yuliana juga sering menjadi perhatian publik. Pada tahun 2017, ia menikah dengan mantan atlet bulu tangkis Kaesar Akbar dan memiliki seorang putra bernama Rumi. Namun, keduanya bercerai pada tahun 2020.

Pendidikan dan Perjalanan Karier

Yolla mengenyam pendidikan dasar di SD Banjarsari, Bandung. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 5 Bandung, SMA Negeri 10 Bandung, dan Universitas Bandung Raya.

Bakat voli Yolla telah terasah sejak kecil, yaitu saat ia bergabung dengan klub Bola Voli ALKO Bandung saat ia masih berusia 12 tahun.

Karier profesional Yolla Yuliana di dunia voli dimulai pada tahun 2009 saat ia debut bersama Bogor Prayoga Unitas. Penampilannya yang memukau selama musim pertamanya membuat Yolla direkrut oleh Jakarta Elektrik PLN pada tahun 2010.

Baca Juga: Masuk Parlemen Sejak Muda, Ini Profil Lengkap Puan Maharani Kembali Terpilih Jadi Ketua DPR RI

Meskipun sering menjadi pemain cadangan, ia tetap menunjukkan kemampuannya dan berhasil membawa timnya meraih gelar juara Proliga 2014. Namun, pada Proliga 2017, Yolla memutuskan mundur dari Jakarta Elektrik PLN sebelum putaran kedua untuk fokus menyelesaikan kuliahnya di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bagasasi.

Pada musim 2017/2018, ia kembali bermain di Proliga bersama Jakarta BNI 46, tetapi hanya bertahan satu musim sebelum pindah ke Bandung Bank BJB Tandamata. Kepindahannya berbuah manis, karena Yolla dan timnya berhasil menjuarai Proliga 2022.

Setelah itu, Yolla membela Jakarta Pertamina pada tahun 2023, dan kini ia berkompetisi di Proliga 2024 bersama klub barunya, Jakarta Elektrik PLN.

Yolla pertama kali dipanggil untuk membela tim nasional voli Indonesia pada usia 14 tahun, tepatnya untuk SEA Games. Namun, ia mundur karena merasa belum siap dengan lingkungan asrama atlet. Dua kali lagi ia mendapat panggilan untuk SEA Games, tetapi juga mengundurkan diri.

Meski demikian, Yolla tetap dipercaya membela timnas saat performanya lebih matang. Ia membantu Indonesia meraih perak di ASEAN Junior 2008, serta medali perunggu di SEA Games 2013 dan 2015, dan medali perak di SEA Games 2017.  Selama kariernya, ia berperan sebagai outside hitter hingga middle blocker.

Yolla Yuliana juga dikenal karena popularitasnya di luar dunia voli. Pada tahun 2017, ia pernah tampil sebagai cameo dalam film layar lebar bertajuk 'Seteru' yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Selain itu, Yolla sering muncul sebagai bintang tamu di berbagai program televisi dan beberapa kali diundang untuk tampil di acara siniar yang ditayangkan di YouTube. Tak heran, namanya semakin dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan, kini ia memiliki 1,6 juta pengikut di Instagram.

Bergabung dengan Tokyo Sunbeams

Baru-baru ini, Yolla Yuliana resmi memulai karier di luar negeri dengan bergabung bersama Tokyo Sunbeams di divisi 2 Liga Jepang untuk musim 2024/2025. Kepindahan ini juga mencetak sejarah, karena Yolla menjadi pemain voli putri Indonesia pertama yang bermain di Liga Jepang.

Yolla resmi diperkenalkan oleh Tokyo Sunbeams pada 3 September 2024. Menurut Wibi Anhari, agen Yolla, kontrak Yolla dengan klub Jepang tersebut berlangsung hingga Mei 2025.

Selain itu, Yolla merupakan pemain paling senior di Tokyo Sunbeams untuk musim ini, dengan usianya yang menginjak 30 tahun. Ia disanjung oleh Megumi Nakazawa, mantan pemain Tokyo Sunbeams musim 2022/2023, yang memuji kemampuannya sebagai middle blocker, terutama dalam hal serangan dan pertahanan yang cepat.

Prestasi Yolla Yuliana

Sepanjang kariernya, Yolla Yuliana telah meraih sederet prestasi dan penghargaan, baik individu maupun tim. Berikut adalah pencapaiannya:

  • Pemain Terbaik Kejurda antar Klub 2008
  • Medali Perak Kejuaraan Junior ASEAN 2008
  • Juara Kompetisi IVOBA Senior 2010
  • Juara Kejurda Antar Klub 2010
  • Juara I Kejurnas Antar Klub 2010
  • Juara PORPROV Jawa Barat 2010
  • Runner Up Women's Youth Asian Championship 2010
  • Juara PON Riau untuk Provinsi Jawa Barat 2012
  • Medali Perunggu SEA Games 2013 dan 2015
  • Runner Up BSI Proliga 2014 (MVPB) bersama Manokwari Valeria
  • Medali Perak SEA Games 2017
  • Juara Proliga 2014 bersama Jakarta Elektrik PLN
  • Juara Proliga 2022 bersama Bandung BJB Tandamata
  • Runner Up Proliga 2024 bersama Jakarta Elektrik PLN

Demikianlah ulasan terkait profil Yolla Yuliana, pendidikan, perjalanan karier, hingga prestasinya yang baru-baru ini bergabung dengan Tokyo Sunbeams.

Kontributor : Dini Sukmaningtyas

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #profil #yolla #yuliana #ikuti #jejak #megawati #hangestri #gabung #klub #luar #negeri

KOMENTAR