Inilah 4 Perilaku Orang Introvert yang Terkesan Sombong dan Menyebalkan, Salah Satunya Berekspresi Datar
Orang introvert dianggap sombong. (Freepik)
08:22
8 Oktober 2024

Inilah 4 Perilaku Orang Introvert yang Terkesan Sombong dan Menyebalkan, Salah Satunya Berekspresi Datar

 

Kepribadian introvert adalah tipe kepribadian yang cenderung lebih suka menarik diri dari keramaian dan menemukan kenyamanan dalam kesendirian atau interaksi dengan orang-orang dekat.

Introvert biasanya lebih mementingkan kualitas hubungan daripada kuantitas, sering kali merenung dan berpikir dalam-dalam sebelum berkomunikasi.

Mereka cenderung mengisi ulang energi dengan menghabiskan waktu sendiri, dan sering kali memiliki pemikiran yang mendalam serta kemampuan mendengarkan yang baik.

Karena kepribadiannya seperti itu, seringkali introvert dianggap sebagai orang yang sombong dan menyebalkan. Berikut ini beberapa perilaku introvert yang dimaksud.

  1. Jarang menjawab panggilan telepon

Suara dering telepon bisa menjadi kutukan bagi setiap introvert. Bahkan nada dering yang paling menyenangkan pun bisa terasa sangat mengganggu ketenangan.

Jika ponsel dalam mode senyap, getaran yang terus-menerus di saku atau di permukaan bisa membuat introvert langsung masuk ke mode panik.

Saat ini, kebanyakan orang lebih suka mengirim pesan daripada menelepon, jadi menerima panggilan telepon bisa terasa seperti gangguan yang tidak terduga, terutama bagi seorang introvert.

Selain itu, berbicara di telepon bisa jadi sangat canggung bagi para introvert, dikutip dari laman Introvert Dear pada Selasa

 Ketahui 4 perilaku orang introvert yang sering dianggap sombong, mulai tidak menganggat telepon sampai membatalkan janji

(8/10). Mereka sering kali lebih baik berbicara secara langsung.

  1. Sering membatalkan rencana

Sebagai seorang introvert, pikiran untuk meninggalkan rumah yang nyaman dan tenang untuk pergi ke tempat lain dan berada di sekitar orang lain bisa terasa berat.

Jika teman introvert membuat rencana dengan Anda dan kemudian membatalkannya, cobalah untuk tidak tersinggung dan marah, meskipun ini sangat menjengkelkan.

Mereka mungkin merasa cukup bersalah tentang hal itu. Kebutuhan mereka akan kesendirian dan keamanan lebih diutamakan daripada bersosialisasi.

  1. Selektif dalam memilih teman

Satu kesamaan yang dimiliki oleh banyak orang introvert adalah cara mereka menjaga pertemanan.

Menurut penulis Magdalena Leveque, orang introvert sering kali hanya memiliki beberapa orang tertentu yang mereka jaga kedekatannya dan mereka percayai, dikutip dari laman Psych2go pada (8/10).

Mungkin terlihat bahwa orang introvert bertindak secara berbeda atau lebih jujur pada diri mereka sendiri ketika berada di sekitar teman-teman terdekatnya saja.

Mungkin terlihat tidak sopan bahwa introvert memiliki perbedaan kepribadian yang dramatis dengan teman dekat mereka dibandingkan dengan orang yang tidak begitu dekat dengan mereka.

Namun, hal ini tidak disengaja. Introvert hanya menikmati hubungan yang lebih bermakna daripada hubungan yang dangkal.

  1. Tidak ekspresif atau berekspresi datar

Tidak ada sedikit pun emosi, tidak sesuai dengan energi yang diberikan orang lain, dan tidak ada reaksi yang diharapkan. Bagi orang-orang tertentu, introvert terlihat sombong.

Orang introvert cenderung terlihat tidak tertarik atau tidak ekspresif, terutama pada wajah atau suara mereka. Mereka mungkin tidak terlihat cukup tertarik atau bereaksi seperti yang kita inginkan.

Itulah beberapa perilaku orang introvert yang membuat mereka sering dianggap sombong dan menyebalkan oleh orang lain.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #inilah #perilaku #orang #introvert #yang #terkesan #sombong #menyebalkan #salah #satunya #berekspresi #datar

KOMENTAR