Intip 8 Tips Sederhana yang Ampuh untuk Memperbaiki Kulit Kering, Salah Satunya Jangan Mandi Terlalu Lama
Tips ampuh mengatasi kulit kering jangan mandi terlalu lama. (Freepik)
07:42
7 Oktober 2024

Intip 8 Tips Sederhana yang Ampuh untuk Memperbaiki Kulit Kering, Salah Satunya Jangan Mandi Terlalu Lama

 

Kondisi kulit kering dapat menjadi sangat menyiksa, menimbulkan rasa gatal, perih, dan rasa tidak nyaman yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kulit yang kehilangan kelembapan sering kali terlihat pecah-pecah dan bersisik. Kondisi ini tidak hanya mengurangi kepercayaan diri, tetapi juga meningkatkan risiko infeksi dan iritasi.

Dalam beberapa kasus, kulit kering dapat menyebabkan peradangan atau eksim. Namun, Anda tidak perlu khawatir.

Baik kondisi kulit kering bawaan maupun yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti cuaca, pola makan, atau penggunaan produk yang tidak sesuai, dapat diatasi dengan cara sederhana.

Dilansir dari laman AAD pada (7/10), berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi kulit yang kering.

  1. Jangan mandi terlalu lama

Cukup mandi selama 5 hingga 10 menit untuk menghidrasi kulit Anda yang kering. Pastikan untuk menutup pintu kamar mandi dan gunakan air hangat daripada air panas.

Penting untuk membatasi waktu Anda di kamar mandi atau berendam selama 5 atau 10 menit karena jika terlalu lama akan membuat kulit semakin kering.

Gunakan sabun yang lembut dan bebas pewangi. Oleskan pembersih yang cukup untuk mengangkat kotoran dan minyak tetapi hindari penggunaan yang terlalu banyak hingga menghasilkan busa yang tebal.

  1. Oleskan pelembab segera setelah mandi

Jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelah mandi karena produk ini bekerja dengan cara memerangkap kelembapan yang ada di kulit.

Untuk memerangkap kelembapan yang sangat dibutuhkan ini, Anda perlu mengoleskan pelembab dalam waktu beberapa menit setelah mandi atau berendam dan setelah mencuci wajah atau tangan.

  1. Gunakan salep atau krim daripada losion

Salep dan krim lebih efektif dan tidak terlalu mengiritasi dibandingkan losion. Carilah krim atau salep yang mengandung satu atau beberapa bahan pelembab utama.

Adapun bahan pelembab yang perlu ada dalam produk perawatan yakni minyak jojoba, dimetikon, gliserin, hyaluronic acid, asam laktat, lanolin, mineral oil, petrolatum, dan atau shea butter.

  1. Gunakan lip balm atau oleskan petroleum jelly pada bibir

Saat memilih lip balm, pilihlah yang terasa nyaman di bibir. Jika bibir terasa perih atau kesemutan setelah diolesi pelembab, gantilah dengan produk yang tidak menyebabkan reaksi ini.

  1. Gunakan produk perawatan kulit yang lembut dan bebas pewangi

Beberapa produk perawatan kulit seperti deodoran, terlalu keras untuk kulit kering dan sensitif. Dokter kulit merekomendasikan penggunaan produk yang berlabel bebas pewangi.

Jika tidak mengandung pewangi, produk tersebut dapat mengandung bahan kimia yang menetralkan atau menyembunyikan bau bahan lain. Bahan kimia ini dapat mengiritasi kulit kering dan sensitif.

  1. Hindari penggunaan zat tertentu

Hindari penggunaan produk alkohol (kecuali untuk pembersih tangan), pewangi, dan retinoid. Menghindari produk-produk ini akan membantu kulit Anda mempertahankan minyak alaminya.

  1. Gunakan sarung tangan

Tangan sering kali menjadi tempat pertama yang dilihat sebagai kulit kering.

Anda dapat mengurangi kulit kering dan kasar dengan mengenakan sarung tangan sebelum pergi ke luar ruangan di musim dingin melakukan tugas yang mengharuskan Anda membasahi tangan, dan menghindari bahan kimia, minyak, dan zat lain di tangan.

  1. Pilihlah pakaian dan deterjen yang tidak menyebabkan iritasi

Saat kulit terasa kering dan kasar, pakaian dan deterjen pun dapat menyebabkan iritasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari hal ini.

Anda bisa memilih bahan katun atau sutra di bawah pakaian yang terbuat dari wol atau bahan lain yang terasa kasar dan menggunakan deterjen yang berlabel hipoalergenik.

Demikianlah beberapa tips yang bisa dipraktikkan untuk mengurangi kondisi kulit kering yang parah.

Dengan melakukan cara-cara tersebut, kondisi kulit kering Anda bisa membaik, bahkan tidak terlalu menunjukkan pertanda buruk seperti mengelupas dan iritasi.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #intip #tips #sederhana #yang #ampuh #untuk #memperbaiki #kulit #kering #salah #satunya #jangan #mandi #terlalu #lama

KOMENTAR