Fake Friends Bakal Mempengaruhi Kita hingga Dewasa: Ini 9 Tanda Anda Dikelilingi Teman yang Toxic
Ilustrasi fake friends. (Pixabay/StockSnap)
22:56
6 Oktober 2024

Fake Friends Bakal Mempengaruhi Kita hingga Dewasa: Ini 9 Tanda Anda Dikelilingi Teman yang Toxic

- Banyak orang yang masih menjalin pertemanan dengan teman masa kecilnya. Selama masa ini, Anda mungkin menceritakan rahasia terdalam Anda kepada mereka, mempercayakan hidup Anda kepada mereka.

Sayangnya, memercayai orang tertentu bisa jadi kesalahan besar, karena tidak semua teman adalah teman sejati. Meski tidak tampak seperti masalah besar sekarang, tindakan mereka jelas memengaruhi Anda, dan mengikuti Anda hingga dewasa.

Dalam artikel ini, JawaPos.com telah melansir dari laman YourTango, Minggu (6/10), sembilan tanda Anda dikelilingi teman-teman palsu dan toxic saat tumbuh dewasa, dan hal ini mempengaruhi Anda sekarang.

1. Mereka terus-menerus mengkhianati kepercayaanmu

Tidak semua teman yang Anda anggap baik, benar-benar demikian. Ada kalanya dia menghianati kepercayaan dari Anda, bahkan hal ini bisa dilakukan secara terus-menerus.

Jadi, bayangkan keterkejutan Anda saat sahabat Anda menghancurkan kepercayaan Anda. Kemungkinan besar, Anda merasa hancur, dan saat Anda tumbuh dewasa, ini dapat memengaruhi hubungan Anda menjadi lebih buruk.

2. Mereka meremehkan pencapaian Anda

Saat tumbuh dewasa, Anda mungkin telah mencapai banyak hal. Mungkin Anda memulai hubungan yang sehat atau menerima penghargaan atas keberhasilan akademis Anda.

Teman Anda mungkin tampak gembira melihat Anda dari luar, mereka mungkin tersenyum meyakinkan atau mengucapkan selamat. Namun, di saat yang sama, mereka meremehkan Anda, mungkin karena mereka iri.

3. Mereka tidak menghormati Anda

Merasa tidak dihargai bukanlah perasaan yang baik, tetapi sayangnya, teman palsu tidak peduli dengan kenyamanan Anda. Mereka begitu terpaku pada upaya membuat diri mereka merasa lebih baik.

Mereka tidak berhenti sejenak untuk memikirkan bagaimana tindakan mereka memengaruhi orang-orang di sekitar mereka, termasuk Anda.

4. Mereka menekan Anda

Jika Anda tumbuh besar dengan fake friends, Anda mungkin merasa tertekan untuk terlibat dalam aktivitas di luar zona nyaman Anda. Di permukaan, ini mungkin tidak tampak seperti masalah besar, tetapi itu bukan sesuatu yang bisa dianggap enteng.

Tekanan dari teman sebaya dapat mengubah kita menjadi orang yang suka menyenangkan orang lain dan sulit untuk menegaskan diri. Melalui hal ini, Anda mungkin terlibat dalam hal-hal yang bertentangan dengan keinginan sejati Anda.

5. Mereka menggodamu

Telah terbukti bahwa diejek dapat menyebabkan ketidakpuasan terhadap tubuh dan gangguan makan di masa dewasa. Jika Anda merasakan hal ini, kemungkinan besar teman-teman Anda palsu dan hal ini masih memengaruhi Anda hingga sekarang.

6. Mereka tidak pernah mengatakan hal positif

Mengelilingi diri Anda dengan pengaruh negatif hanya akan merugikan diri Anda. Bila Anda terus-menerus mendengar komentar yang meremehkan atau komentar sinis, otak Anda akan berubah, membuat Anda lebih rentan terhadap pikiran negatif.

7. Mereka melakukan gaslighting pada Anda

Gaslighting dapat menimbulkan konsekuensi yang menghancurkan. Korban gaslighting sering dibohongi, sehingga mereka mempertanyakan apa yang mereka ketahui sebagai kebenaran.

Satu studi yang mengamati hubungan romantis menemukan bahwa korban gaslighting mengalami penurunan rasa percaya diri, peningkatan kewaspadaan, dan ketidakpercayaan terhadap orang lain.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, hal ini dapat memengaruhi kesehatan mental Anda , sehingga semakin sulit bagi Anda untuk menjalin koneksi sebagai orang dewasa.

8. Mereka sengaja meninggalkanmu

Berbagai penelitian mendukung pentingnya keterhubungan sosial, dengan menambahkan bahwa ada kesepakatan umum dalam literatur kesehatan masyarakat bahwa bersosialisasi meningkatkan kesehatan mental dan menurunkan angka kematian.

Bila kita terus-menerus dilanda kesepian, hal itu dapat menyebabkan kesehatan yang memburuk seperti depresi atau kecemasan. Sebagai orang dewasa, Anda mungkin takut akan kesepian, perasaan yang sama seperti saat Anda dikucilkan dan terisolasi.

9. Mereka tidak pernah menerima dirimu yang sebenarnya

Jika Anda tumbuh besar dengan fake friends, mereka tidak akan pernah mengenal diri Anda yang sebenarnya. Anda mungkin terlalu takut untuk mengeksplorasi keinginan dan harapan Anda yang sebenarnya, semua itu karena kurangnya persahabatan sejati mereka.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #fake #friends #bakal #mempengaruhi #kita #hingga #dewasa #tanda #anda #dikelilingi #teman #yang #toxic

KOMENTAR