Penyebab Dan Cara Meringankan Sakit Salah Bantal Saat Tidur, Salah Satunya Pergerakan Tiba-tiba
Ilustrasi Sakit leher atau salah bantal./sinarharapan
07:34
5 Oktober 2024

Penyebab Dan Cara Meringankan Sakit Salah Bantal Saat Tidur, Salah Satunya Pergerakan Tiba-tiba

Salah bantal merupakan hal yang langsung muncul di benak adalah rasa nyeri di bagian leher dan pundak yang cukup mengganggu.

Dilansir laman hallosehat.com. Salah bantal saat tidur sebenarnya merujuk pada penggunaan atau posisi bantal yang kurang tepat, sehingga dapat memicu gejala yang tidak mengenakkan di area leher belakang dan bahu ketika kita bangun tidur.

Umumnya, salah bantal terjadi akibat beberapa hal, seperti penggunaan bantal yang terlalu keras atau empuk dan juga posisi kepala yang menghadap ke samping dalam waktu yang lama.

Dilansir laman Siloamhospital.com. Kebiasaan inilah yang membuat otot leher menjadi kaku dan pada akhirnya menyebabkan masalah leher kaku, sakit punggung, hingga sakit kepala bagian belakang.

Selain karena salah posisi bantal, sakit leher saat bangun tidur juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lainnya.

Seperti posisi tidur yang salah, pergerakan tiba-tiba selama tidur, cedera leher sebelumnya. Berikut beberapa uraian selengkapnya.

1. Cedera leher sebelumnya

Beberapa jenis cedera di leher, seperti cedera akibat olahraga, mungkin tidak langsung menimbulkan rasa nyeri pada awalnya.

Karena itu, sebagian orang kerap tidak menyadari cedera tersebut sampai ia tertidur. Namun, saat bangun tidur di pagi hari, mereka bisa merasakan nyeri dan kaku di area leher.

2. Posisi tidur yang salah

Selain posisi dan jenis bantal yang salah, posisi tidur yang kurang tepat, seperti tidur tengkurap, juga bisa memicu terjadinya sakit leher saat bangun tidur.

Sebab, saat tidur tengkurap, seseorang akan memutar kepala ke samping agar bisa bernapas dengan nyaman selama tidur.

Namun, jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, hal ini bisa membuat otot leher menegang

3. Pergerakan yang tiba-tiba saat tidur

Gerakan tiba-tiba, seperti mengayunkan anggota tubuh atau duduk dengan cepat saat tidur juga bisa membuat otot leher menjadi tegang.

Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang sedang mengigau hingga sleepwalking merupakan kondisi seseorang bangkit atau melakukan aktivitas tertentu dalam keadaan tertidur.

Jika Anda seringkali sakit kepala akibat salah bantal, maka sebaiknya lakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasi keluhannya.

- Melakukan kompres dingin dan hangat untuk meregangkan otot leher dan bahu yang terasa tegang. Kompres selama 10 menit beberapa kali hingga keluhannya mereda.

- Melakukan gerakan peregangan sederhana. Caranya adalah dengan memantapkan pandangan lurus ke depan, lalu tarik sedikit dagu ke atas dan posisikan kepala ke belakang. Lakukan gerakan ini secara perlahan dan tahan selama lima detik

-Memijat bagian leher dan bahu yang terasa kaku.

-Memperbaiki posisi tidur, yaitu posisi terlentang di mana kepala, bahu, dan tulang belakang (punggung) berada dalam satu garis lurus.

-Memilih bantal yang tepat, tidak terlalu keras maupun empuk.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #penyebab #cara #meringankan #sakit #salah #bantal #saat #tidur #salah #satunya #pergerakan #tiba #tiba

KOMENTAR