Biodata dan Kekayaan Boy Thohir, Klaim 1/3 Penyumbang Ekonomi RI Mau Prabowo Menang
Garibaldi Thohir atau Boy Thohir jadi Komisaris Gojek. (Dok: Gojek)
18:28
23 Januari 2024

Biodata dan Kekayaan Boy Thohir, Klaim 1/3 Penyumbang Ekonomi RI Mau Prabowo Menang

Baru-baru ini konglomerat Garibaldi Thohir atau Boy Thohir viral di media sosial lantaran menyatakan dukungan kepada pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Dukungan itu tentunya ia berikan di ajang Pilpres 2024.

Hal tersebut ia sampaikan secara langsung saat menghadiri acara Relawan Erick Thohir Alumni Amerika Serikat yang dilangsungkan di Plaza Senayan, Jakarta, Senin (22/1/2024).

Menurutnya, paslon nomor urut 2 akan dibantu oleh sepertiga penyumbang perekonomian Indonesia.

"Walaupun kami jumlahnya sedikit, tapi ya di ruangan ini mungkin sepertiga perekonomian Indonesia ada di sini," ujar Boy.

Ia mengaku jika akan ada banyak pengusaha kelas kakap yang akan membantu Prabowo-Gibran untuk memenangkan pilpres 2024.

Bahkan, dengan penuh keyakinan Boy menyebut jika siap membawa Prabowo-Gibran untuk menang satu putaran.

Dalam kesempatan yang sama, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto juga merasa berterima kasih karena telah diundang ke acara tersebut.

Semenjak ucapan viral di media sosial, sosok Boy Thohir langsung membuat warganet penasaran sehingga banyak yang mencari tahu siapa dia sebenarnya dan seberapa banyak kekayaannya.

Profil Boy Thohir

Garibaldi Thohir, B.B.A, M.B.A., adalah seorang pengusaha yang dikenal sebagai pengusaha tambang batu bara dengan grup perusahaan Adaro Energy.

Di Adaro Energy, Boy menduduki jabatan sebagai Presiden Direktur. Ia membangun perusahaan tersebut bersama dua orang temannya, yakni Edwin Soeryadjaya dan Theodore Permadi Rachmat.

Karier bisnisnya diawali ketika mendapat gelar MBA dari Northrop University, Amerika Serikat. Kala itu, ia bergabung dengan Astra yang dipimpin oleh ayahnya.

Setelahnya, dengan berbekal pengalaman kemudian ia membangun sebuah usaha property aparteman di kawasan Casablanca, Jakarta.

Lantas, pada tahun 1992 Boy Thohir masuk ke perusahaan tambang PT. Allied Indo Coal di Sawah Lunto, Sumatera Barat.

Tak berhenti sampai di situ, ia kemudian menjajal peruntungan baru di bidang keuangan dengan mengakusisi perusahaan multi finansial PT. Wahana Ottomitra Multiartha atau yang lebih dikenal PT. WOM Finance.

Kekayaan Boy Thohir

Dari sepak terjang yang panjang di dunia bisnis, Boy Thohir menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Bahkan, pada tahun 2014 ia masuk dalam majalah Forbes sebagai orang ke 37 terkaya dengan jumlah kekayaan mencapai 955 juta dolar.

Pada tahun 2019 lalu, ia didapuk sebagai Komisaris Utama PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) yang kemudian dilanjut menjadi Direktur PT Apple Indonesia.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #biodata #kekayaan #thohir #klaim #penyumbang #ekonomi #prabowo #menang

KOMENTAR