Di Balik Manfaat Daun Sirsak, Benarkah Bisa untuk Pengobatan Penyakit Kanker? Cek Faktanya!
Ilustrasi buah sirsak. (Foto: Pixabay)
21:14
3 Oktober 2024

Di Balik Manfaat Daun Sirsak, Benarkah Bisa untuk Pengobatan Penyakit Kanker? Cek Faktanya!

– Secara turun-temurun beberapa tanaman diyakini dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan sebagai alternatif untuk mengatasi suatu jenis penyakit, yang disebut sebagai perngobatan herbal.

Beberapa tanaman tersebut di antaranya ada yang termasuk buah-buahan, seperti sirsak. Buah berwarna hijau dengan kulit luar yang berduri ini dipercaya bisa untuk mengobati penyakit kanker.

Meski daging buahnya dapat dikonsumsi dengan berbagai cara karena rasanya yang manis dengan sedikit asam, tetapi benarkah kalau daun buah sirsak bisa digunakan untuk pengobatan kanker?

Dilansir dari Ayo Sehat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), penyakit kanker sendiri merupakan kelompok penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang abnormal.

Kanker menjadi salah satu penyakit yang dipandang menakutkan bagi banyak orang di dunia karena dapat memengaruhi hampir setiap anggota tubuh manusia. Namun, benarkah penyakit ini dapat diatasi hanya dengan mengandalkan daun sirsak?

Merangkum dari WebMD, buah yang dikenal dengan istilah graviola ini memang populer digunakan untuk kesehatan tubuh, mulai dari bagian buah, akar, hingga daunnya.

Dalam buah sirsak mengandung berbagai zat kimia yang disebut dengan acetogenins (ACGs), di mana fungsinya untuk membunuh, menghalangi, dan melawan banyak jenis sel kanker, bahkan tanpa berdampak pada sel-sel yang sehat, yakni dengan cara sebagai berikut:

Dapat memaksakan sel-sel kanker untuk mati

Metastasis blok penyebaran kanker

Menghalangi jalur penerima pesan pertumbuhan sel kanker dari dalam dan luar sel

Menghalangi senyawa adenosine triphosphate (ATP)

Menariknya, zat kimia ACGs yang terdapat di dalam buah sirsak yang berasal dari daerah tropis ini diyakini dapat mengatasi tumor yang tidak bisa direspons, bahkan oleh obat kanker itu sendiri.

Meski begitu, klaim kebenaran khasiat daun sirsak untuk penyembuhan penyakit kanker mesti dikonsultasikan langsung ke dokter ahlinya mengingat harus dibuktikan juga secara ilmiah dan uji klinis.

Selain itu, penggunaan daun sirsak juga dapat menyebabkan efek samping yang membahayakan kesehatan, alih-alih mengobati penyakit kanker yang diderita. Dilansir dari Verywell Health, salah satunya risiko keracunan pada hati dan ginjal.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #balik #manfaat #daun #sirsak #benarkah #bisa #untuk #pengobatan #penyakit #kanker #faktanya

KOMENTAR