Segera Hentikan! 10 Kebiasaan Ini Dapat Membawa Hidupmu Jauh dari Kebahagiaan
Daftar 10 kebiasaan tersebut yang harus dibuang untuk menghindari hidup yang sengsara. (Pexels)
16:34
3 Oktober 2024

Segera Hentikan! 10 Kebiasaan Ini Dapat Membawa Hidupmu Jauh dari Kebahagiaan

– Tidak ada manusia yang tidak menginginkan kebahagiaan. Kebahagiaan adalah sesuatu yang semua orang cari dan harapkan, walau jalan untuk menemukannya tampak tidak selalu jelas dan sulit untuk diraih.

Wujud dari kebahagiaan bagi tiap orang itu berbeda-beda, seperti mendapatkan pekerjaan impian, dapat berkeliling dunia, menikah dengan orang yang dicintai, hingga menghabiskan waktu dengan orang tersayang.

Namun, ada kalanya saat mencari kebahagiaan dari luar sering kali berujung pada kekecewaan.

Kebahagiaan tidak selalu berkaitan dengan harta benda atau berwujud fisik, tetapi dapat pula berkaitan dengan pola pikir pribadi.

Karena itu, untuk menghindari kehidupan yang menyedihkan dan kesengsaraan, kita perlu meninggalkan kebiasaan tertentu dan mencari jati diri.

Melansir dari laman Your Tango, Kamis (3/10), berikut adalah 10 kebiasaan tersebut yang harus dibuang.

1. Membandingkan diri dengan orang lain

Membandingkan apa yang Anda miliki dengan apa yang dimiliki orang lain adalah kebiasaan yang akan membawa Anda pada kehidupan yang menyedihkan. Itu adalah kebiasaan yang merusak diri sendiri dan membuat Anda merasa bahwa apa yang Anda miliki tidaklah cukup.

Untuk menghentikan kebiasaan membandingkan diri sendiri, perhatikan kapan Anda membandingkan diri sendiri dan alihkan proses berpikir Anda. Tanyakan kepada diri sendiri apa yang Anda rasa kurang sehingga membuat Anda berpikir orang lain lebih beruntung.

2. Tetap di zona nyaman

Meskipun penting untuk mengetahui apa yang membuat Anda merasa aman dan puas, tidak menantang diri sendiri dapat menyebabkan perasaan stagnan dan tidak bersemangat. Untuk mencapai pertumbuhan pribadi, kita harus mencoba hal-hal yang membuat kita takut.

Semakin kita mendorong diri keluar dari zona nyaman, semakin kita menyadari bahwa kita dapat menangani situasi sulit.

Meskipun keluar dari zona nyaman mungkin tidak terasa menyenangkan pada awalnya, tetapi ketidaknyamanan tersebut sering kali merupakan tanda bahwa Anda mempelajari sesuatu yang baru tentang diri Anda.

3. Menyalahkan orang lain atas permasalahan sendiri

Mengambil tanggung jawab atas kegagalan sendiri tidaklah mudah, tetapi melakukannya merupakan bagian penting dari menjalin hubungan yang sehat dengan orang lain dan dengan diri sendiri.

Kebiasaan menyalahkan orang lain dapat membuat Anda terjebak dalam kehidupan yang menyedihkan. Sebuah penelitian pada tahun 2019 mencatat bahwa membuat kesalahan sering dianggap sebagai tanda kelemahan, yang menciptakan budaya di mana orang menyalahkan orang lain alih-alih meminta pertanggungjawaban kepada diri mereka sendiri.

Para penulis menjelaskan bahwa alasan seseorang enggan mengakui bahwa mereka telah gagal adalah untuk menghindari penilaian negatif dari orang lain.

4. Berbicara negatif terhadap diri sendiri

Berbicara negatif kepada diri sendiri akan mengikis harga diri Anda. Hal itu membuat Anda berpikir bahwa hidup Anda menyedihkan, bahkan ketika hal-hal baik terjadi.

Menghentikan kebiasaan berbicara negatif kepada diri sendiri tidak selalu mudah, tetapi hal itu dapat dimulai dengan mengenali saat Anda bersikap sangat kritis terhadap diri sendiri, kemudian mengubah pola pikir Anda dan berfokus pada apa yang Anda hargai dari diri sendiri.

5. Mengabaikan kesehatan

Kebiasaan lain yang perlu Anda tinggalkan agar terhindar dari kehidupan yang menyedihkan adalah mengabaikan kesehatan mental dan fisik Anda.

Setiap orang punya cara berbeda untuk tetap sehat, tetapi pada dasarnya, semua orang perlu tidur yang nyenyak, menggerakkan tubuh, dan mengisi tubuh dengan nutrisi yang tepat. Meskipun mengutamakan kebutuhan Anda tidak selalu mudah, tidak melakukannya dapat merugikan kesehatan Anda.

Itulah mengapa sangat penting mendengarkan kebutuhan tubuh dan pikiran Anda, serta memberi diri Anda perawatan dan nutrisi.

6. Berpegang pada masa lalu

Merasa menyesal merupakan bagian dari sifat manusia, tetapi mengingat kembali kesalahan yang telah dilakukan atau tidak memaafkan diri sendiri dapat membuat kehidupan di masa sekarang menjadi sulit.

Merenungkan masa lalu tidak akan mengubah apa yang telah terjadi. Itu hanya akan membuat Anda terjebak dalam pola pikir yang keras mengkritik diri sendiri dan membenci diri sendiri, serta tidak akan menghasilkan pertumbuhan atau perubahan positif apa pun.

Meskipun refleksi diri merupakan bagian penting dalam mengetahui siapa diri Anda dan apa yang penting bagi Anda, ada perbedaan besar antara melakukan refleksi diri dan menghukum diri sendiri atas siapa diri Anda di masa lalu.

7. Menghindari percakapan yang sulit

Semakin Anda menghindari percakapan yang sulit, semakin Anda menumpuk masalah dalam pikiran, hingga masalah tersebut tampak tidak dapat diatasi. Tidak menghadapi konflik secara langsung sering kali menimbulkan perasaan kesal yang mendalam dan miskomunikasi yang besar.

8. Mengabaikan hubungan Anda

Sebuah penelitian di Harvard yang dimulai pada tahun 1930-an sebagai proyek penelitian jangka panjang tentang bagaimana pengalaman hidup, keadaan, dan sikap individu memengaruhi kesejahteraan mereka, menemukan bahwa hanya orang-orang yang lebih dekat dengan keluarga, teman, dan komunitas, lebih bahagia dan lebih sehat secara fisik daripada orang-orang yang kurang dekat dengan keluarga.

Mengabaikan hubungan menyebabkan isolasi sosial, yang merugikan rasa percaya diri dan kesehatan emosional kita. Dengan menjalin hubungan dengan orang-orang di komunitas Anda, Anda dapat terhindar dari kehidupan yang menyedihkan.

9. Kurang bersyukur

Hidup tidak selalu mudah atau menyenangkan, tetapi bahkan di masa-masa sulit, ada beberapa aspek kehidupan yang dapat kita syukuri, seperti memiliki teman yang membiarkan kita menangis tanpa menghakimi, memiliki rumah yang aman untuk berlindung, hingga dapat menikmati secangkir teh hangat atau makanan bergizi.

Rasa syukur terhadap hal-hal kecil tersebut dapat berdampak besar pada kebahagiaan kita. Semakin kita bersyukur atas apa yang kita miliki, semakin banyak hal yang saat ini tidak ada dalam realitas kita segera terwujud di depan mata kita.

10. Tidak memiliki tujuan

Tanpa tujuan yang jelas, hidup sering kali terasa kurang bermakna dan dapat membuat Anda merasa tidak memiliki arah dalam hidup. Memiliki tujuan dapat menuntun Anda menuju kehidupan yang terasa memuaskan. Tujuan tidak harus rumit atau sangat sulit, namun agar berhasil mencapai tujuan, tujuan tersebut harus terfokus dan didefinisikan dengan jelas.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #segera #hentikan #kebiasaan #dapat #membawa #hidupmu #jauh #dari #kebahagiaan

KOMENTAR