7 Tanda Anda Sangat Terikat dengan Pasangan Meskipun Tidak Mencintai, Salah Satunya Takut Kehilangan
Salah satu tanda Anda sangat terikat dengan pasangan meskipun tidak mencintai adalah takut kehilangan (freepik)
16:08
3 Oktober 2024

7 Tanda Anda Sangat Terikat dengan Pasangan Meskipun Tidak Mencintai, Salah Satunya Takut Kehilangan

Pada dasarnya merasa terikat dengan pasangan dan jatuh cinta terasa tampak sama tetapi sebenarnya keduanya berbeda.

Keterikatan ini sering kali mendatangkan perasaan aman, nyaman dan ketergantungan, sementara cinta lebih tentang memilih untuk bersama seseorang.

Keterikatan kadang membuat kita percaya bahwa kita sedang jatuh cinta padahal sebenarnya kita sedang mencari keamanan.

Di sisi lain, cinta adalah tentang saling menghormati, pertumbuhan dan kebebasan emosional.

Dilansir dari laman Global English Editing, Kamis (3/10) berikut beberapa tanda Anda sangat terikat dengan pasangan meskipun tidak mencintai :

1. Anda merasa tidak nyaman tanpa dia

Tidak bisa dipungkiri bahwa Anda tingkat kenyamanan tertentu yang kita peroleh saat kita sangat terikat pada seseorang.

Anda tidak dapat menghilangkan perasaan gelisah dan tidak nyaman karena orang-orang yang sangat Anda sayangi tidak ada.

Perasaan tidak nyaman tanpa mereka menunjukkan keterikatan yang mendalam. Jadi jangan salah mengarikan keterikatan ini sebagai cinta.

Cinta adalah tentang merasa aman dan nyaman dengan diri sendiri terlepas apakah pasangan Anda ada atau tidak. Di sisi lain, menjadi sangat terikat berarti lebih mengandalkan pasangan untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan.

2. Anda merasa panik saat dia pergi

Tanda lain Anda sangat terikat dengan pasangan meskipun tidak mencintai adalah merasa panik saat dia pergi. Ini lebih merupakan ketergantungan kepada mereka untuk stabilitas emosional ketimbang tanda cinta yang mendalam.

3. Kebiasaan dia menjadi kebiasaan Anda

Tahukah Anda bahwa otak kita bekerja sedemikian rupa sehingga kita cenderung menyerap kebiasaan orang-orang yang menghabiskan banyak waktu bersama kita?

Ini adalah proses bawah sadar yang dikenal sebagai pencerminan dan memainkan peran penting dalam interaksi sosial kita. Saat Anda sangat dekat dengan pasangan maka Anda mungkin mendapati diri Anda meniru kebiasaannya atau perilakunya.

Meskipun wajar saja bila Anda meniru beberapa kebiasaan pasangan, perlu diingat bahwa hal ini lebih menunjukkan keterikatan mendalam bukan cinta.

4. Anda memprioritaskan kebutuhan dia dibandingkan kebutuhan Anda

Keterikatan sering kali membuat kita mengutamakan kebutuhan pasangan daripada kebutuhan kita sendiri.

Anda mungkin berusaha keras untuk memastikan mereka merasa nyaman bahkan jika itu berarti mengorbankan kenyamanan Anda sendiri.

Atau mungkin Anda selalu mengutamakan kebutuhan dan keinginan mereka di atas kebutuhan dan keinginan Anda sendiri tanpa mengharap imbalan apa pun.

Meskipun hal ini tampak seperti tindakan cinta yang mulia namun sering kali merupakan tanda keterikatan yang mendalam. Sejatinya cinta adalah jalan dua arah dimana kebutuhan kedua pasangan sama pentingnya.

Namun, dalam hubungan yang sangat didasarkan pada keterikatan, kebutuhan salah satu pasangan sering kali diutamakan dengan mengorbankan kebutuhan pasangan lainnya.

5. Kebahagiaan dia adalah kebahagiaan Anda

Ketika Anda benar-benar terikat dengan pasangan Anda maka kebahagiaan mereka secara hakiki terkait dengan kebahagiaan Anda.

Anda mungkin berusaha keras untuk membuat mereka tersenyum karena melihat mereka bahagia memberi Anda rasa gembira dan kepuasan.

Tawa mereka menular, kegembiraan mereka memasuki Anda dan kesedihan mereka sangat membebani Anda. Meskipun hubungan emosional yang mendalam mungkin tampak seperti cinta namun sering kali merupakan tanda keterikatan yang kuat.

6. Pendapat dia adalah yang paling penting

Sifat umum dalam hubungan yang memiliki keterikatan mendalam adalah pendapat pasangan lebih diutamakan daripada hal lainnya. Meskipun wajar menghargai sudut pandang Anda tetapi penting juga untuk memercayai penilaian Anda sendiri.

Cinta adalah tentang menghargai pendapat satu sama lain sambil tetap membuat keputusan secara independen.

7. Anda takut kehilangan mereka

Ketakutan akan kehilangan adalah emosi yang kuat. Bila Anda sangat terikat dengan pasangan, sekadar memikirkan kehilangan saja bisa menakutkan.

Anda mungkin mendapati diri Anda terus-menerus khawatir tentang apa yang akan terjadi jika mereka pergi atau jika sesuatu terjadi pada mereka.

Ketakutan ini kadang kala begitu kuat hingga memengaruhi kehidupan sehari-hari dan kesejahteraan emosional Anda.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tanda #anda #sangat #terikat #dengan #pasangan #meskipun #tidak #mencintai #salah #satunya #takut #kehilangan

KOMENTAR