Pendidikan Marissa Haque: Raih Empat Gelar S2 dan Doktoral, Sebelum Meninggal Sempat Ngajar
Karier Politik Marissa Haque (Instagram/marissahaque)
08:58
3 Oktober 2024

Pendidikan Marissa Haque: Raih Empat Gelar S2 dan Doktoral, Sebelum Meninggal Sempat Ngajar

Kabar duka datang dari artis papan era 1980-an, Marissa Haque yang meninggal dunia pada hari Rabu, 2 Oktober 2024. Tak hanya sebagai artis, semasa hidupnya, Marissa Haque dikenal sebagai pengabdi di bidang pendidikan.

Istri dari Ikang Fawzi ini bahkan mengenyam pendidikan sampai S3 dan mendedikasikan dirinya sebagai dosen. Untuk mengenang jejak pendidikan Marissa Haque, simak informasi berikut.

Latar pendidikan Marissa Haque

Lahir pada 15 Oktober 1962 di Balikpapan, Marissa Haque merupakan alumni dari SMUN 8 Jakarta. Usai merampungkan pendidikan putih abu-abu, ibu dari Bella Fawzi ini memilih Universitas Trisakti Jakarta untuk mendapatkan gelar sarjana (S1) Hukum Perdata.

Baca Juga: Beda Henti Jantung dan Serangan Jantung, Keluarga Asumsikan Marissa Haque Alami Salah Satunya

Melipir ke Jogjakarta, Marissa Haque memilih untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Gadjah Mada. Di kampus kerakyatan ini, Marissa Haque mengambil dua jurusan S2 sekaligus, yaitu Hukum Bisnis serta Ekonomi dan Bisnis.

Tak hanya itu, Marissa Haque juga sempat menempuh sejumlah pendidikan lain, seperti Master of Art di Ohio University, Athens, USA dengan jurusan Television serta Space Communications/Satellite dan Magister in Fine Art di Ohio University, Athens jurusan film, tetapi belum selesai.

Usai mendapatkan gelar magister di UGM, Marissa Haque menempuh pendidikan S3 atau program Doktoral di Institut Pertanian Bogor (IPB). Di sini, pemain Kembang Musim ini menempuh jurusan Pengelolaan Sumberdaya Alam & Lingkungan Hidup.

Selain di UGM, Marissa Haque memiliki dua gelar S2 lainnya, yaitu Terapan Bahasa Inggris di Universitas Katolik Atmajaya dan Kajian Syariah di Universitas Indonesia.

Dengan bekal pendidikan yang berderet, Marissa Haque masih aktif menjadi dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School (STIE IBS) Kemang sampai akhir hayatnya. Melansir dari IBS, Marissa Haque sudah melakukan berbagai riset, termasuk di bidang bisnis, marketing, serta zakat.

Baca Juga: Irfan Hakim Kehilangan Sang 'Saudara Kembar' Marissa Haque: Kepergianmu Meninggalkan Keterkejutan

Marissa Haque kerap membagikan kesehariannya sebagai dosen di laman Instagram pribadinya. Sehari sebelum dikabarkan meninggal, Marissa bahkan dikabarkan masih aktif mengajar.

Setelah dikabarkan wafat pada dini hari, yaitu 02.00 WIB, kini Marissa Haque telah ditempatkan di persinggahan terakhirnya, TPU Tanah Kusir pada hari yang sama. Pemakaman ini dihadiri keluarga dan kerabat dekat dengan penuh suasana haru.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #pendidikan #marissa #haque #raih #empat #gelar #doktoral #sebelum #meninggal #sempat #ngajar

KOMENTAR