Bisnis dan Kekayaan Zulkifli Hasan, Dikritik Usai Pamer Bagi-bagi Gepokan Uang ke Cucu
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Instagram)
13:49
27 September 2024

Bisnis dan Kekayaan Zulkifli Hasan, Dikritik Usai Pamer Bagi-bagi Gepokan Uang ke Cucu

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menuai kritikan setelah memamerkan aksi memberikan hadiah kepada cucunya berupa gepokan uang seratus ribuan.

Aksinya membagi bergepok-gepok uang seratus ribuan itu viral di media sosial X. Dalam video, Zulhas yang tengah menyantap makanan di meja memanggil sang cucu dan memberinya gepokan uang.

"Beneran ini? Banyak banget lho Opih. Makasih," kata sang cucu lalu mencium tangan Zulhas.

"Iya, ditabung uangnya," ujar Zulhas.

Baca Juga: Sekelas Menteri Zulhas Flexing Bagi-Bagi Gepokan Uang ke Cucu, Disindir: Butuh Validasi dari Siapa Sih?

Aksi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) memamerkan bagi-bagi uang sebagai hadiah ulang tahun sang cucu langsung menuai kritik.

Selain sebagai menteri dan ketua umum partai politik, Zulhas diketahui juga memiliki bisnis sebagai sumber penghasilannya. Apa saja?

Sebelum menekuni bisnis, Zulkifli Hasan pernah bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana ini lalu memutuskan resign dan banting setir menjadi seorang wirausaha.

Zulhas diketahui pernah menjadi Presiden Direktur PT Batin Eka Perkasa pada 1988-2004. Perusahaan ini bergerak pada bidang jual beli alat-alat rumah tangga.

Baca Juga: Zulhas Pamer Bergepok-gepok Uang buat Hadiah Ultah Cucu, Netizen Tiba-tiba Ingat Kasus SYL, Kenapa?

Pada perusahaan yang sama, Zulhas juga menjadi Komisaris Utama pada 2004-2005. Zulhas juga pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Panamas Mitra Inti Lestari pada 1997-2004. Perusahaan ini merupakan produsen perkakas rumah tangga dan alat musik.

Jabatan lain yang pernah dipegang Zulhas adalah Presiden Direktur PT Sarana Bina Insani pada tahun 2000-2004, Komisaris PT Hudaya Safari Utama pada 2000-2006, dan Komisaris Utama PT Batin Eka Perkasa (2004-2005).

Harta Kekayaan Zulkifli Hasan

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Instagram)Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Instagram)

Berdasarkan LHKPN yang dilaporkan untuk periode 2023, Zulkifli Hasan tercatat memiliki harta kekayaan mencapai Rp32.612.623 atau Rp32,6 miliar.

Ketua Umum PAN ini tercatat memiliki harta berupa tanah dan bangunan senilai Rp13.245.108.000 atau Rp13,2 miliar. Selain itu, Zulhas juga memiliki transportasi dan mesin senilai Rp1 miliar dan harta bergerak lainnya Rp1,6 miliar.

Zulhas juga memiliki harta kekayaan berupa kas dan setara kas senilai Rp11.777.515.467 atau Rp11,7 miliar. Zulhas juga tercatat tidak memiliki hutang.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #bisnis #kekayaan #zulkifli #hasan #dikritik #usai #pamer #bagi #bagi #gepokan #uang #cucu

KOMENTAR