9 Kebiasaan Orang Berprestasi Sebelum 8 Pagi, Bersyukur hingga Mempelajari Sesuatu yang Baru
Bersyukur adalah salah satu kebiasaan orang-orang berprestasi sebelum 8 pagi (freepik)
08:34
27 September 2024

9 Kebiasaan Orang Berprestasi Sebelum 8 Pagi, Bersyukur hingga Mempelajari Sesuatu yang Baru

Pada dasarnya cara Anda memulai pagi menentukan suasana sepanjang hari.

Banyak orang berprestasi tinggi menganggap keberhasilan mereka berkas rutinitas pagi yang konsisten dan penuh tujuan dan menyelaraskan tindakan mereka dengan tujuan mereka saat pertama kali bangun tidur.

Ilmu pengetahuan mendukung dampak kebiasaan pagi hari terhadap produktivitas, kesejahteraan dan kinerja.

Penelitian menunjukkan otak Anda siap untuk melakukan aktivitas tertentu di pagi hari.

Kadar kortisol mencapai puncaknya sekitar 8 pagi sehingga dapat meningkatkan energi dan fokus alami.

Dalam artikel ini kita akan mengupas tuntas beberapa kebiasaan orang berprestasi sebelum 8 pagi sebagaimana dilansir dari laman New Trader U, Jumat (27/9) sebagai berikut :

1. Bangun pagi dan konsisten

Orang yang berprestasi cenderung bangun pagi dan sering kali bangun antara pukul 05.00 hingga 06.30 pagi. Namun waktu yang tepat tidak terlalu penting dibandingkan konsistensi.

Bangun pada waktu sama setiap hari termasuk akhir pekan bisa mengatur ritme sirkadian Anda untuk menghasilkan tidur yang lebih baik dan kesehatan secara keseluruhan.

Bangun pagi secara konsisten juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang secara genetik cenderung bangun satu jam lebih awal memiliki risiko depresi 23 persen lebih rendah.

2. Minum air putih

Banyak orang sukses memulai hari dengan segelas besar air sebelum minum kopi atau apa pun. Menghidrasi tubuh dengan segera akan meningkatkan metabolisme, memperbaiki fungsi otak dan bermanfaat bagi kesehatan kulit.

3. Olahraga

Olahraga dalam bentuk apa pun merupakan kebiasaan pagi yang penting bagi orang-orang yang berprestasi.

Sebagian orang sangat suka berkeringat sementara yang lain melakukan peregangan atau yoga untuk melancarkan peredaran darah.

Aktivitas fisik di awal hari bisa meningkatkan energi, meningkatkan fokus dan memiliki manfaat yang bertahan lama bagi suasana hati.

4. Berlatih meditasi atau perhatian penuh

Banyak orang dengan kinerja tinggi yang memasukkan beberapa bentuk perhatian penuh atau meditasi ke dalam rutinitas pagi mereka. Salah satu pendiri Twitter, Jack Dorsey memulai setiap hari dengan meditasi selama 1 jam pada pukul 6.15 pagi.

Penelitian juga mendokumentasikan dengan baik manfaat dari latihan kesadaran. Latihan ini bisa meningkatkan fokus, ketahanan dan pengaturan emosi.

5. Merencanakan dan memprioritaskan hari itu

Orang-orang yang berprestasi sering kali menggunakan pagi hari untuk memetakan prioritas mereka untuk hari itu. Ini bisa berarti meninjau tujuan-tujuan besar, membuat daftar tugas atau menjadwalkan waktu di kalender mereka.

Merencanakan hari Anda di pagi hari bisa memanfaatkan tingkat kewaspadaan puncak otak Anda berkat kortisol alami yang tinggi sekitar pukul 8 pagi.

Kejelasan tersebut sangat kondusif untuk membuat keputusan cerdas tentang mengarahkan waktu dan energi Anda.

6. Sarapan yang bergizi

Sarapan yang bergizi adalah suatu keharusan bagi mereka yang berprestasi tinggi. Bahkan menu yang disajikan bervariasi tetapi sering kali mengandung protein dan lemak sehat untuk energi dan kekuatan otak mereka.

Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa sarapan yang bergizi meningkatkan daya ingat dan perhatian. Kuncinya adalah memilih makanan yang sehat dan nutrisi daripada pilihan yang mengandung gula.

Sebab gula bisa menyebabkan penurunan energi. Jadi makanan seperti telur, yogurt, oatmeal dengan kacang-kacangan atau smoothie hijau sangat baik untuk kesehatan dan energi Anda di pagi hari.

7. Mendapatkan paparan sinar matahari

Paparan cahaya alami di pagi hari bisa menjaga ritme sirkadian tubuh tetap berjalan lancar.

Andres Huberman seorang ahli saraf di Stanford merekomendasikan untuk mendapatkan sinar matahari langsung selama 2-10 menit dalam waktu 1 jam setelah bangun tidur.

8. Mempelajari sesuatu yang baru

Banyak orang berprestasi menyisihkan waktu pagi untuk belajar secara tekun. Warren Buffett terkenal karena membaca 500 halaman setiap hari dan sebagian besar dilakukan di pagi hari.

Anda bisa meluangkan waktu untuk membaca beberapa halaman atau mengikuti kursus online singkat yang bermanfaat untuk pengembangan diri.

9. Berlatih bersyukur

Kebiasaan kuat bagi orang-orang yang sukses adalah memulai hari dengan rasa syukur. Latihan bersyukur di pagi hari memiliki manfaat nyata.

Penelitian mengaitkannya dengan kesehatan mental yang lebih baik, tidur yang lebih nyenyak dan ketahanan yang lebih kuat dalam menghadapi stres.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #kebiasaan #orang #berprestasi #sebelum #pagi #bersyukur #hingga #mempelajari #sesuatu #yang #baru

KOMENTAR