Cara Memelihara Kelinci di Rumah untuk Pemula, Pastikan Tempat Tinggal yang Aman dan Nyaman
Ilustrasi cara memelihara kelinci di rumah untuk pemula./Pexels
13:46
26 September 2024

Cara Memelihara Kelinci di Rumah untuk Pemula, Pastikan Tempat Tinggal yang Aman dan Nyaman

- Kelinci merupakan teman yang sangat baik sebagai hewan peliharaan. Umumnya, hewan berkaki empat ini bersih, relatif tenang, dan menggemaskan.

Seperti hewan lainnya, binatang dengan telinga yang panjang ini memiliki kebutuhan khusus agar dapat hidup panjang, bahagia, dan sehat.

Membawa kelinci ke rumah mungkin terdengar mengasyikkan. Namun, sebelum memutuskan untuk memelihara kelinci di rumah, ada baiknya kalian menyiapkan tempat yang nyaman dan aman.

Persiapkan rumah dan penuhi daftar perlengkapan untuk membuat kelinci bisa hidup bahagia di rumah.

Dilansir dari myhouserabbit, kelinci dapat hidup mencapai usia 10 tahun. Untuk itu, ketika membawanya ke rumah, kalian harus siap berkomitmen setidaknya hingga 10 tahun mengurus dan menjaga hewan peliharaan tersebut.

Berikut cara memelihara kelinci di rumah untuk pemula.

1. Menentukan tempat tinggal kelinci

Kalian perlu memutuskan tempat tinggal yang cocok untuk kelinci. Apakah di depan rumah, di area ruang keluarga atau di taman belakang.

Namun, tempat yang paling aman dan dianjurkan sebagai tempat tinggal kelinci adalah di dalam rumah bersama anggota keluarga.

Hal ini untuk memberikan interaksi sosial yang sangat dibutuhkan kelinci, serta perlindungan dari predator dan cuaca buruk.

Kalian bisa menaruh kelinci di area tengah rumah. Taruhlah kandang kelinci sebagai tempat tinggalnya di bagian sudut ruang tamu atau ruang keluarga.

2. Menentukan kandang

Kandang kelinci yang menyediakan tempat cukup untuk kotak pasir, mangkuk makanan atau air, kotak jerami, dan istana rumah dapat menjadi pilihan.

Kelinci merupakan hewan yang membutuhkan ruang yang besar untuk melompat-lompat.

Menggunakan kandang khusus untuk kelinci adalah pilihan yang lebih baik daripada kandang kecil karena dapat menyediakan banyak ruang.

Kalian juga dapat menambahkan area secara bertahap (membuat area-area) untuk memberikan kebebasan pada kelinci.

3. Siapkan mangkuk makanan dan kotak kotoran

Kelinci suka buang air besar atau kecil saat makan. Jadi sebaiknya, letakkan Jerami di dekat atau di dalam kotak pasir. Hal ini akan membuat kelinci terdorong untuk melompat ke dalam kotak pasir untuk makan.

Pastikan kalian telah menyiapkan Jerami dan pellet makanan yang cukup sebelum kelinci datang.

Idealnya, tempat manapun kelinci berasal biasanya menyediakan sedikit persediaan makanan. Kalian perlu membelinya agar kelinci tidak kekurangan makan.

4. Mengamankan rumah

Setelah menyiapkan lokasi rumah untuk kelinci, langkah selanjutnya adalah membuat area main kelinci menjadi tempat yang aman untuk bermain, berlarian, atau aktivitas kelinci yang lain.

Semua kabel yang ada di rumah dan dapat dijangkau kelinci harus ditutup dan dilindungi.

Kelinci juga biasanya akan tertarik dengan kaki furniture kayu, buku atau kertas, tombol kendali Jarak jauh, cetakan, sudut karpet, dan apapun yang bisa berpotensi ia kunyah.

Untuk itu, agak barang di rumah tidak hancur, maka kalian perlu menjauhkan dari jangkauan atau menutupinya.

5. Menyiapkan mainan, terowongan, dan kotak

Kelinci dikenal sebagai hewan yang pintar dan ingin tahu. Mereka suka bermain dan menjelajahi banyak tempat.

Untuk membuatnya semakin bahagia, kalian bisa membuat terowongan dan kotak untuk dikunyah dan menjadi tempat mereka untuk bersantai.

Mereka suka dengan mainan kayu yang dapat dikunyah, digigit, atau dilempar ke mana-mana. Terowongan yang dibuat juga jadi tempat nyaman mereka untuk berteduh atau bermain.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #cara #memelihara #kelinci #rumah #untuk #pemula #pastikan #tempat #tinggal #yang #aman #nyaman

KOMENTAR