Tren Marriage Is Scary Sedang Ramai di TikTok. Mengapa Seseorang Lebih Memilih Untuk Tidak Menikah?
Ilustrasi Menolak Pernikahan./Freepik
11:42
25 September 2024

Tren Marriage Is Scary Sedang Ramai di TikTok. Mengapa Seseorang Lebih Memilih Untuk Tidak Menikah?

Sedang ramai baru – baru ini menganai tren di salah satu media sosial yakni TikTok mengenai curhatan para warganet khususnya gen Z yang memasuki usia 20 tahun keatas, mengenai pernikahan.

Tren tersebut dikenal dengan “Marriage Is Scary” atau “Pernikahan Itu Menakutkan”. Tren ini merupakan ungkapan dari pembuat akun mengenai ketakutannya dalam pernikahan.

Banyak kekhawatiran pada individu mengenai jenjang pernikahan terutama memikirkan mengenai penyebab kehancuran dalam pernikahan.

Dari adanya tren ini, seseorang menganggap pernikahan menjadi sebuah bencana besar dan harus dipertimbangkan lebih dalam terutama sebelum menjalin pernikahan.

Dilansir dari laman Psychology Today, dijelaskan bahwa terdapat beberapa alasan bahwa pernikahan bukan ide yang baik bagi beberapa orang atau dengan kata lain seseorang memilih tidak untuk menikah dalam hidupnya, antara lain :

Kebebasan Pribadi

Dalam pernikahan membutuhkan sebuah komitmen waktu, energi dan sumber daya yang signifikan.

Dengan menikah, juga melibatkan pelepasan kebebasan bagi beberapa orang. Sehingga dari sebagian orang yang memilih tidak menikah akan memikirkan mengenai pengorbanan yang dituntut oleh pernikahan lebih besar daripada manfaatnya

Kecocokan

Penting bagi dua individu yang akan menjalani pernikahan memiliki kecocokan agar pernikahannya berhasil.

Namun jika dua orang tersebut memiliki nilai, tujuan atau minat yang berbeda, akan susah menemukan kecocokan untuk membina hubungan yang kuat dan awet.

Masalah Hubungan

Jika dalam sebuah penikahn terdapat masalah yang terus terusan dalam hubungan pasangan seperti masalah komunikasi atau kepercayaan, mungkin tidak akan ada jalan tengah untuk menyelesaikan masalah bagi hubungan tesebut

Harapan Masyarakat

Jika pernikahan berlandaskan tekanan dari keluarga, teman atau masyarakat dan mungkin seseorang tesebut belum siap untuk menikah atau tidak ingin menikah, tekanan ini akan membuat orang tersebut menjadi stress dan sulit untuk dihadapi

Pertimbangan Finansial

Pernikahan bisa menjadi mahal utamanya bagi pasangan yang memutuskan untuk menggelar pesta pernikahan besar dan pindah ke rumah baru bersama sama.

Sebelum adanya tren tersebut, sebenenarnya sudah banyak dilakukan oleh seseoang dengan memutuskan untuk menikah. Namun, untuk sekarang ini lebih mencuat karena adanya tren “Marriage Is Scary” tersebut.

Tren ini menunukkan bahwa individu utamanya generasi Z, menjadi lebih berhati - hati dalam memilih pasangan dan lebih menyiapkan diri baik mental maupun materi dengan memerlukan kesiapan yang matang.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tren #marriage #scary #sedang #ramai #tiktok #mengapa #seseorang #lebih #memilih #untuk #tidak #menikah

KOMENTAR