Menurut Psikologi, Orang yang Sering Mendengarkan Podcast Menjelang Tidur Kerap Menunjukkan 8 Perilaku Ini
Ilustrasi orang yang sering mendengarkan podcast menjelang tidur. (foto : freepik.com)
08:36
25 September 2024

Menurut Psikologi, Orang yang Sering Mendengarkan Podcast Menjelang Tidur Kerap Menunjukkan 8 Perilaku Ini

- Akhir-akhir ini kita sering menemukan beberapa acara podcast di platform media sosial, para pembuat kontennya menyajikan obrolan berbagai topik khususnya yang trending.

Mengutip dari laman Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, podcast merupakan salah satu fenomena di media sosial yang menjadi konsep jurnalisme baru. Keberadaannya tak hanya sebagai keperluan informatif, tapi juga ada unsur hiburan.

Sehingga kita lebih tertarik mendengarkan podcast khususnya pada topik-topik yang disukai seperti cerita horor, sejarah, agama, humor para komedian, kesehatan, hingga bisnis.

Podcast juga dapat didengarkan kapanpun dan dimanapun, sehingga bisa menemani di sela-sela istirahat kerja, saat perjalanan menuju kantor, atau bahkan saat menjelang tidur.

Melansir dari laman Ge Editing, menurut psikologi bahwa orang yang sering mendengarkan podcast menjelang tidur kerap menunjukkan 8 perilaku ini :

1. Pilihan terhadap Rutinitas

Psikologi memberi tahu bahwa rutinitas membantu menanamkan rasa keteraturan dan kendali dalam hidup seseorang. Rutinitas dapat mengurangi stres dan kecemasan, sehingga memudahkan untuk bersantai di penghujung hari.

Mendengarkan podcast menjadi bagian dari ritual ini, sehingga kemungkinan orang tersebut memiliki acara atau pembawa acara favorit yang suaranya identik dengan relaksasi dan tidur.

Tindakan sederhana ini dapat memberi sinyal ke otak bahwa sudah waktunya untuk beristirahat dan bersiap untuk beristirahat. Seiring waktu, rutinitas ini dapat menjadi begitu mendarah daging sehingga tidur terasa tidak lengkap tanpa alunan podcast favoritnya.

2. Peningkatan Kewaspadaan

Menariknya, orang yang mendengarkan podcast menjelang tidur sering menunjukkan peningkatan kewaspadaan di siang hari. Podcast yang informatif atau menggugah pikiran, dapat menstimulasi otak dengan cara tidak membuat stres.

Stimulasi lembut ini sebenarnya dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang, sehingga membuatnya bangun dengan perasaan segar dan waspada.

3. Empati terhadap Orang Lain

Pendengar podcast di malam hari menjelang tidur, sering kali menunjukkan tingkat empati yang lebih tinggi. Saat ia mendengarkan podcast, pada dasarnya akan menyelami cerita orang lain mengenai pengalaman, pikiran, dan emosi mereka.

Tindakan mendengarkan ini dapat membangun empati, kemampuan untuk memahami dan berbagi perasaan orang lain. Empati bukan hanya sifat dasar manusia tapi juga merupakan komponen utama kecerdasan emosional.

4. Rasa Nyaman

Banyak dari kita yang mendengarkan podcast di malam hari karena hal itu memberikan rasa nyaman. Pada saat malam sunyi, kita seperti ditemani oleh suara obrolan hangat pembawa acara dan narasumber.

Rutinitas yang menenangkan ini dapat membuat dunia terasa sedikit tidak menakutkan, rasanya seperti memiliki teman di samping kita selama jam-jam tenang di malam hari, kehadiran melalui suara ini membantu seseorang merasa aman dan rileks.

5. Keinginan untuk Terus Belajar

Ada sebagian orang berpikir bahwa keinginan untuk memperoleh pengetahuan tidak berhenti saat matahari terbenam. Jika orang yang sering mendengarkan podcast menjelang tidur, kemungkinan besar ia adalah orang yang suka belajar.

Baik itu penemuan ilmiah terbaru, pendalaman sejarah, atau penjelajahan budaya global. Ada sesuatu yang sangat memuaskan saat mengakhiri hari dengan pengetahuan baru.

6. Manajemen Stres yang Lebih Baik

Setelah menjalani hari yang panjang dan lelah, pastinya tidak ingin terus terbawa saat menjelang tidur. Alih-alih memikirkan itu maka lebih baik mendengarkan podcast favorit.

Suara pembawa acara yang menenangkan, cerita menarik, atau diskusi yang mencerahkan perlahan mengalihkan perhatian dari pemicu stres. Sebelum kamu menyadarinya, pikiranmu telah beralih, dan malah berfokus pada konten podcast.

Tindakan sederhana ini bisa sangat efektif dalam mengelola stres dan memberikan pelarian mental dari kekhawatiran dan ketegangan, sehingga tidurmu akan lebih nyenyak.

7. Menghindari Keheningan

Bagi sebagian orang, keheningan dapat memekakkan telinga, dan pikiran kita sendiri dapat menjadi sedikit terlalu keras. Jika kamu termasuk orang yang mendengarkan podcast menjelang tidur, mungkin itu karena ingin mengisi keheningan.

Meskipun tidak ada yang salah dengan mencari kenyamanan dalam suara dan cerita dari podcast favorit, penting juga untuk menghadapi serta memahami ketidaknyamanan karena adanya keheningan.

Belajar untuk menikmati saat-saat sunyi dapat membantu kamu menjadi lebih selaras dengan pikiran dan perasaan, serta dapat menumbuhkan rasa kedamaian batin yang lebih dalam.

8. Kemampuan Menenangkan Diri

Pada akhirnya, jika kamu adalah orang yang sering mendengarkan podcast menjelang tidur, hal itu menyoroti sifat penting tentang kemampuanmu untuk menenangkan diri.

Menemukan hiburan dalam irama kata-kata yang diucapkan, membenamkan diri dalam cerita atau fakta tentang seorang tokoh, atau bahkan sekadar tindakan menciptakan rutinitas yang menenangkan, semuanya mengarah pada kecenderungan kuat untuk menenangkan diri.

Ini adalah keterampilan yang sangat berharga di dunia yang serba cepat saat ini, ketika stres dan kecemasan sering kali menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #menurut #psikologi #orang #yang #sering #mendengarkan #podcast #menjelang #tidur #kerap #menunjukkan #perilaku

KOMENTAR