Rekam Jejak Roy Suryo, Yakin Akun Fufufafa 99,9 Persen Milik Gibran
Kolase foto Gibran Rakabuming dan Roy Suryo. (Suara.com)
19:59
24 September 2024

Rekam Jejak Roy Suryo, Yakin Akun Fufufafa 99,9 Persen Milik Gibran

Sebagai seorang pakar telematika, Roy Suryo yakin bahwa pemilik akun KasKus Fufufafa adalah wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka. Sampai saat ini, akun Fufufafa memang masih cukup ramai diperbincangkan lantaran komentarnya yang dinilai tidak etis.

“Saya bicara teknis saja bahwa 99,9 persen memang akun Fufufafa itu load and clear milik mantan Wali Kota Solo atau wakil presiden terpilih kita,” ujar Roy Suryo dalam sebuah talkshow.

Keyakinan Roy Suryo akan pemilik Fufufafa itu pun membuat membuat warganet kembali mengenang rekam jejak Roy Suryo di dunia telematika. Beberapa tahun lalu, namanya memang cukup ramai dengan pro dan kontranya.

Ilustrasi Gibran Rakabuming Raka dan akun Fufufafa yang buat heboh media sosial. [Suara.com/Rohmat Haryadi]Ilustrasi Gibran Rakabuming Raka dan akun Fufufafa yang buat heboh media sosial. [Suara.com/Rohmat Haryadi]

Rekam jejak Roy Suryo

Baca Juga: Kisah Mualaf Selvi Ananda sebelum Dipersunting Gibran Rakabuming, Kini Dikasihani Imbas Akun Fufufafa

Lahir di Yogyakarta, 18 Juli 1968, pria dengan nama lengkap Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprojo ini menghabiskan masa pendidikannya di kota pelajar tersebut.

KMRT Roy Suryo Notodiprojo tercatat menjadi lulusan dari SD Netral C Yogyakarta, SMP Negeri 5 Yogyakarta, dan SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Setelah lulus SMA, ia melanjutkan kuliah jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Gadjah Mada. Tak berhenti sampai di situ, Roy Suryo kembali melanjutkan pendidikannya di Jurusan Seni Media Rekam di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Sebelum terjun ke dunia politik, Roy Suryo telah lebih dulu menjadi pembawa acara e-Lifestyle di Metro TV selama 5 tahun. Dari sinilah, kiprahnya sebagai pakar telematika dimulai.

Pakar Telematika Roy Suryo saat membedah akun Kaskus Fufufafa diduga milik Gibran di podcast yang dipandu mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto. (Tangkapan layar/Youtube)Pakar Telematika Roy Suryo saat membedah akun Kaskus Fufufafa diduga milik Gibran di podcast yang dipandu mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto. (Tangkapan layar/Youtube)

Setelah itu, barulah Roy Suryo maju sebagai Caleg DPRI RI Partai Demokrat dari Dapil Yogyakarta di tahun 2009. Ia pun akhirnya berhasil menjadi anggota DPR RI periode 2009–2014.

Baca Juga: Mantan Petinggi MK Sebut Efek Luar Biasa Fufufafa: Semoga Ada Ujungnya

Di tengah jabatannya sebagai anggota DPR, Roy Suryo ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjadi Menteri pemuda dan Olahraga (Menpora). Di sini, ia menggantikan Andi Mallarangeng yang mundur karena menjadi tersangka korupsi Hambalang.

Di periode selanjutnya, Andi Mallarangeng kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI, tetapi harus mengakui keunggulan sesama rekannya di Partai Demokrat, Ambar Tjahjono.

Kemesraan Roy Suryo dengan Partai Demokrat berakhir pada tahun 2020. Kala itu, ia mengundurkan diri dengan alasan ingin kembali aktif mengajar ke kampus.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Husna Rahmayunita

Tag:  #rekam #jejak #suryo #yakin #akun #fufufafa #persen #milik #gibran

KOMENTAR