7 Tanda Ini Menunjukkan bahwa Anda Lebih Disiplin daripada Kebanyakan Orang, Salah Satunya Melanggar Aturan
Orang yang disiplin/Freepik
14:46
22 September 2024

7 Tanda Ini Menunjukkan bahwa Anda Lebih Disiplin daripada Kebanyakan Orang, Salah Satunya Melanggar Aturan

Orang yang disiplin adalah individu yang mampu mengatur waktu dan sumber daya dengan baik, mengikuti rencana yang telah ditetapkan, serta konsisten dalam mencapai tujuannya.

Mereka memiliki kemampuan untuk menahan diri dari godaan yang dapat mengganggu fokus dan tetap berkomitmen pada tanggung jawab mereka.

Disiplin bukan hanya tentang mematuhi aturan, tetapi juga tentang membangun kebiasaan positif yang mendukung perkembangan diri secara pribadi dan profesional.

Dilansir dari laman Geediting pada (22/9), berikut ini beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda lebih disiplin daripada orang kebanyakan.

1. Memiliki rutinitas harian

Orang yang disiplin memiliki rutinitas harian. Rutinitas bisa terdengar membosankan, biasa, dan seperti robot. Namun, rutinitas bukanlah tentang menekan spontanitas atau kreativitas.

Sebaliknya, rutinitas memberikan struktur untuk apa yang akan dilakukan, membantu seseorang untuk mengatur waktu dengan lebih efektif dan mengurangi kelelahan.

Menurut Dr. Roy Baumeister, rutinitas dapat membantu menghemat kekuatan pengendalian diri dengan mengurangi jumlah keputusan yang harus dibuat setiap hari.

2. Tidak takut dengan kepuasan yang tertunda

Orang yang disiplin memahami konsep kepuasan yang tertunda dan mereka tidak takut untuk menerimanya.

Kepuasan yang tertunda adalah kemampuan menahan godaan untuk mendapatkan imbalan langsung dan menunggu imbalan yang akan datang yang seringkali lebih besar.

Dr. Walter Mischel menemukan bahwa kemampuan untuk menunda kepuasan adalah sangat penting untuk kesuksesan dalam hidup.

3. Memiliki target dan tujuan

Salah satu tanda orang yang disiplin yakni memiliki target dan tujuan. Orang yang memiliki tujuan biasanya memiliki kendali atas hidupnya dan pandai mengelola waktu dan prioritas.

Ini bukan hanya tentang menetapkan tujuan apa pun, melainkan menetapkan tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu.

Ini berarti tujuan-tujuan tersebut jelas, dapat dilacak, dan realistis, sesuai dengan arah hidup Anda dan memiliki tenggat waktu tertentu untuk menyelesaikannya.

4. Paham kapan harus melanggar aturan

Orang yang disiplin memahami bahwa peraturan itu penting, tapi mereka juga menyadari bahwa tidak semua peraturan itu perlu dipatuhi.

Mereka tahu kapan harus mengikuti aturan dan kapan harus melanggarnya. Psikologi menunjukkan bahwa individu yang disiplin memiliki kemampuan untuk menilai situasi secara kritis.

Mereka tidak mematuhi aturan jika aturan tersebut tidak memiliki tujuan atau nilai tambah. Mereka tidak takut untuk menantang jika itu berarti mencapai hasil yang lebih baik.

5. Fokus pada konsistensi, bukan kesempurnaan

Meskipun berjuang untuk mencapai kesempurnaan adalah hal yang baik, terobsesi dengan kesempurnaan dapat menyebabkan stres dan kelelahan yang tidak perlu.

Namun, orang yang disiplin memahami ini. Mereka memahami bahwa ini bukan tentang eksekusi yang sempurna setiap saat, tetapi fokus untuk konsisten.

Individu yang disiplin menerapkan prinsip ini di semua bidang kehidupan, baik itu pekerjaan, kesehatan, hubungan, atau pertumbuhan pribadi.

Mereka memahami bahwa kemajuan sering kali lambat dan bertahap, tapi mereka tidak mempermasalahkannya.

6. Memiliki kontrol diri yang tinggi

Psikologi telah lama menetapkan hubungan yang kuat antara disiplin dan pengendalian diri.

Orang yang disiplin dapat menahan impuls, godaan, dan gangguan yang menjauhkan mereka dari tujuannya. Mereka dapat membuat keputusan yang tepat daripada bereaksi berdasarkan dorongan hati.

Ini bukan berarti mereka tidak pernah bersenang-senang atau berbelanja secara royal, tapi mereka melakukannya dengan sengaja dan tidak mengorbankan prioritasnya.

7. Rutin melakukan perawatan diri

Perawatan diri adalah rutinitas yang dilakukan oleh orang disiplin. Orang yang disiplin memahami pentingnya menjaga kesehatan fisik, emosional, dan mentalnya.

Mereka tahu bahwa untuk melakukan yang terbaik dan tetap fokus pada tujuan, mereka perlu meluangkan waktu untuk mengisi ulang tenaga dan meremajakan diri.

Psikologi menunjukkan bahwa perawatan diri secara teratur seperti tidur yang cukup, makan dengan sehat, berolahraga secara teratur, beristirahat, melakukan hobi, atau bahkan sekadar menghabiskan waktu sendirian, dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kesejahteraan.

Itulah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda lebih disiplin dari kebanyakan orang. Kedisiplinan itu dapat dilatih sedikit demi sedikit dengan konsistensi.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tanda #menunjukkan #bahwa #anda #lebih #disiplin #daripada #kebanyakan #orang #salah #satunya #melanggar #aturan

KOMENTAR