Orang-orang yang Mempertahankan Persahabatan Hingga Usia 50 Tahun-an dan Seterusnya, Cenderung Melakukan 6 Kebiasaan Ini
Ilustrasi persahabatan hingga usia 50 tahun-an./: freepik.com/freepik
13:40
22 September 2024

Orang-orang yang Mempertahankan Persahabatan Hingga Usia 50 Tahun-an dan Seterusnya, Cenderung Melakukan 6 Kebiasaan Ini

- Persahabatan adalah suatu hubungan yang kuat tanpa adanya ikatan darah, mereka kerap memberikan dukungan serta kasih sayang secara tulus.

Menjalin persahabatan juga bukan hal yang mudah karena seringkali kita dipisahkan oleh jarak, waktu, serta keadaan. Sehingga hanya berkabar melalui ponsel bahkan seiring berjalannya waktu bisa memudar.

Oleh karena itu, sulit bagi setiap orang bisa menjalin persahabatan yang kuat dari masa sekolah hingga lansia, mereka termasuk orang-orang hebat karena meskipun sudah banyak hal yang dilalui tapi hubungannya tetap erat.

Merangkaum dari laman Expert Editor, orang-orang yang mempertahankan persahabatan hingga usia 50 tahun-an bahkan lebih, cenderung melakukan 6 kebiasaan ini :

1. Memprioritaskan Hubungan Persahabatan

Persahabatan yang bertahan lama jarang terjadi secara kebetulan. Orang-orang seperti ini akan menyisihkan waktu di tengah jadwal mereka yang padat untuk sahabatnya.

Mereka membuat rencana, memulai percakapan, dan muncul di saat-saat paling penting.

Di usia 50-an dan seterusnya, hidup bisa menjadi sangat sibuk dengan komitmen pekerjaan dan masalah pribadi.

Meskipun demikian, mereka yang menjaga persahabatannya dengan tetap kuat akan selalu menciptakan ruang untuk hubungan ini.

2. Menunjukkan Penghargaan

Persahabatan yang kuat hingga usia 50-an dan seterusnya sering kali melibatkan menunjukkan penghargaan, seperti halnya mengungkapkan rasa terima kasih untuk hal-hal kecil kepada sahabat mereka.

Mereka tidak menganggap remeh persahabatan ini dan mengakui nilai yang dibawa oleh hubungan ini ke dalam hidupnya.

3. Dapat Diandalkan

Menjadi seseorang yang dapat diandalkan oleh sahabat adalah perilaku penting lainnya dari orang-orang yang menjaga persahabatan yang kuat di tahun-tahun terakhir mereka.

Ketika mengatakan akan melakukan sesuatu, mereka akan melakukannya. Jika berkomitmen pada suatu rencana, akan menindaklanjutinya, keandalan ini dapat membangun kepercayaan dan menjadi dasar setiap hubungan yang kuat.

Menjadi dapat diandalkan tidak berarti harus siap sedia 24/7 atau mengatakan 'ya' untuk setiap permintaan.

Ini tentang bersikap konsisten dalam tindakan dan bertanggung jawab atas komitmen persahabatan.

4. Selalu Memaafkan dan Mengikhlaskan

Kesalahpahaman bisa saja terjadi yang dapat menimbulkan perasaan terluka dan konflik. Tapi, orang-orang yang mempertahankan persahabatan yang kuat hingga usia 50-an dan seterusnya telah menguasai seni memaafkan.

Mereka memahami bahwa tidak ada seorang pun yang sempurna, dan kita semua pasti melakukan kesalahan. Mereka bersedia memaafkan sahabatnya saat melakukan kesalahan dan tidak menyimpan dendam.

5. Memahami Perbedaan

Mereka yang tetap menjalin persahabatan hingga usia 50 tahun-an dan seterusnya, tidak mementingkan kata setuju atau tidak. Karena dengan perbedaan pendapat akan menciptakan jarak.

Orang yang seperti itu tidak akan mencoba merubah sikap sahabatnya hanya karena ingin sesuai keinginan, tapi sebaliknya mereka akan menghargai sudut pandang yang berbeda.

6. Merayakan Keberhasilan Satu Sama Lain

Hal yang paling penting bukan seberapa besar pencapaiannya, tetapi dari cara kita menikmati kebahagiaan dan pencapaian satu sama lain.

Perayaan bersama seperti ini menciptakan lingkungan yang positif dan setiap orang merasa dihargai serta didukung.

Merayakan keberhasilan sahabat juga menunjukkan bahwa kamu tidak hanya ada di saat-saat sulit, tetapi juga di saat-saat yang menyenangkan.

Mengutip dari laman SMKN Karang Baru, persahabatan sejati menjadi sebuah pilar kehidupan yang membawa pada kebahagiaan dan dukungan seutuhnya.

Mereka memberikan nasihat yang jujur sehingga membantu kamu tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #orang #orang #yang #mempertahankan #persahabatan #hingga #usia #tahun #seterusnya #cenderung #melakukan #kebiasaan

KOMENTAR