Memiliki Sedikit Teman Justru Menjadikan Hidup Anda Lebih Bahagia, Para Ahli Ungkapkan Hal Ini!
Ilustrasi, hidup lebih bahagia dengan sedikit teman. Freepik/ freepik.
14:16
20 September 2024

Memiliki Sedikit Teman Justru Menjadikan Hidup Anda Lebih Bahagia, Para Ahli Ungkapkan Hal Ini!

- Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia bagi sebagian orang mungkin mengalami lingkaran atau circle pertemanan yang semakin kecil serta lelah untuk menjalin hubungan pertemanan dengan orang baru.

Apabila kondisi tersebut terjadi pada Anda, janganlah bersedih karena sebuah penelitian dalam British Journal of Psychology tahun 2016 yang dilansir JawaPos.com dari Hindustan Times pada Jumat (20/9) menyebutkan bahwa orang cerdas akan lebih sukses bila memiliki lebih sedikit teman.

Kemudian, Psikoterapis Dr Chandni Tugnait, M. D. menjelaskan alasan mengapa memiliki sedikit teman justru jadikan hidup lebih bahagia karena memiliki enam manfaat berikut.

1. Hubungan yang Dijalin Lebih Berkualitas

Tidak dipungkiri menjalin hubungan dengan sedikit orang akan membuat hubungan tersebut lebih mendalam dan berkualitas karena lebih sedikit gangguan dan lebih banyak waktu serta perhatian yang dicurahkan kepada orang tersebut.

Percakapan yang terjalin pun akan lebih intens, bermakna, dan mendalam yang menjadikan hubungan lebih langgeng dan berlangsung lama. Hal ini menjadikan hidup Anda lebih bahagia.

2. Peluang Berkembang Lebih Besar

Tanpa disadari ketika Anda menjalin hubungan pertemanan akan terbentuk ruang untuk berkembang dan tumbuh bersama bagi kedua belah pihak. Keterampilan komunikasi, pemecahan masalah, hingga kecerdasan emosional Anda akan terasah.

Terlebih bila Anda hanya menjalin pertemanan dengan sedikit orang atau kelompok tertentu saja, maka ruang untuk berkembang dan tumbuh bersama tersebut akan semakin besar.

3. Afirmasi Diri Lebih Kuat

Memiliki sedikit teman membantu Anda membangun rasa harga diri karena perhatian yang didapat sangat terfokus. Lebih sedikit pula suara yang bersaing untuk mendapatkan waktu dan energi Anda sehingga Anda lebih sadar dengan pikiran dan pendapat mana yang harus ditanggapi dengan serius.

4. Koneksi Lebih Mudah

Sedikit teman yang Anda miliki akan memudahkan Anda dalam mengingat informasi penting dengan cepat dan melakukan koordinasi tanpa harus merasa kewalahan oleh detail.

5. Waktu Menyendiri Semakin Banyak

Setiap orang adakalanya membutuhkan waktu untuk sendiri untuk merenung atau sekadar mengisi ulang energi sehingga kesehatan mental terjaga dan hidup lebih bahagia.

Waktu untuk menyendiri akan semakin banyak dan mudah ditemukan ketika Anda memiliki lingkaran pertemanan yang lebih kecil.

6. Nasihat, Dukungan, dan Perspektif Unik Lebih Mudah Didapat

Dengan lingkaran pertemanan lebih kecil, Anda akan lebih mudah mendapatkan nasihat, dukungan, hingga perspektif yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi.

Dr. Tugnait berpendapat bahwa pada akhirnya masing-masing orang akan menentukan sendiri jumlah teman yang dibutuhkannya hingga hubungan seperti apa yang akan dibangun. Namun, patut dipertimbangkan jika mengurangi lingkaran pertemanan mampu menjadikan kehidupan Anda lebih baik lagi.

Demikian enam manfaat memiliki sedikit teman. Meski menjalin pertemanan dengan banyak orang baik untuk mendapatkan dukungan emosional dan motivasi, namun memiliki sedikit teman tidak kalah pentingnya untuk menjadikan hidup lebih bahagia.***

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #memiliki #sedikit #teman #justru #menjadikan #hidup #anda #lebih #bahagia #para #ahli #ungkapkan

KOMENTAR