Hanya Bikin Capek Hati, Ini 7 Cara untuk Berhenti Membenci Seseorang yang Bisa Kamu Terapkan
Ilustrasi membenci seseorang. (Pexels)
08:04
20 September 2024

Hanya Bikin Capek Hati, Ini 7 Cara untuk Berhenti Membenci Seseorang yang Bisa Kamu Terapkan

 

Dalam hidup, kamu pasti pernah merasakan berbagai perasaan yang ditujukan pada orang lain. Suka, sedih, marah sampai benci adalah berbagai perasaan normal yang dialami ketika bersosialisasi dengan orang lain.

Salah satu perasaan yang lazim dirasakan tersebut adalah perasaan benci. Karena berbagai alasan, kamu bisa saja membenci seseorang. Mulai dari masalah di masa lalu sampai perilaku yang tidak bisa kamu terima jadi alasan.

Dari besar sampai kecil, perasaan benci memang bukan perasaan yang baik untuk dipertahankan. Selogis apapun alasan kamu untuk membenci seseorang, tidak ada hal baik yang didapatkan dari membenci seseorang.

Pada akhirnya, kamu akan jadi capek hati dan merasa menghabiskan waktu untuk berfokus membenci seseorang. Oleh karenanya, kamu harus bisa berhenti membenci seseorang sebelum perasaan itu melahapmu lebih jauh.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa berhenti membenci seseorang. Dilansir dari Calm dan Ohio STate University, berikut ini merupakan 7 cara berhenti membenci seseorang yang bisa kamu terapkan:

1. Pastikan Rasa Benci

Cara pertama yang bisa kamu terapkan untuk membenci seseorang adalah dengan memastikan rasa benci kamu miliki. Yang dimaksud memastikan adalah apakah benar alasan benci yang kamu rasakan berdasarkan fakta atau hanya berita bohong semata.

Seseorang yang membenci bisa gelap mata dan tertutup pada kebenaran sebenarnya. Misalnya, kamu membenci seseorang akibat ia mengambil posisi mu di olimpiade matematika secara curang. Kamu bisa memastikan kebenaran dibalik cerita tersebut apakah ia memang melakukan kecurangan atau justru naik ke posisinya secara jujur.

2. Menerapkan Empati

Cara kedua yang bisa kamu terapkan demi bisa berhenti membenci seseorang adalah dengan menerapkan empati. Apabila seseorang melakukan hal buruk padamu yang bisa membuatmu benci, kamu bisa berpikir terlebih dahulu sebelum rasa benci itu datang.

Tidak semua orang melakukan hal buruk karena memiliki niat atau kepribadian buruk. Bisa jadi, ada orang-orang yang memiliki cerita latar belakang tersendiri sebelum akhirnya mengeluarkan perilaku tidak menyenangkan. Apabila kamu memiliki mindset seperti itu, hal ini bisa membuatmu lebih mudah dalam berhenti membenci.

3. Pilih Memaafkan

Memaafkan seseorang yang berbuat jahat atau buruk kepadamu bukanlah tanda bahwa kamu kalah, ataupun membenarkan perilaku tersebut ditujukan padamu. Sebaliknya, kamu memilih memaafkan untuk tidak membiarkan perasaan benci menguasaimu.

Apabila kamu mengalami situasi dimana kamu diperlakukan buruk oleh seseorang dan merasa benci, kamu perlu pemikiran memaafkan dan memilih untuk move on sebagai seseorang yang sadar. Meski sulit, memaafkan adalah salah satu cara untuk kamu bisa berhenti membenci seseorang.

4. Ubah Pemikiran

Rasa benci adalah emosi yang berada di tingkat yang lebih tinggi dibandingkan tidak suka. Apabila kamu membenci seseorang, kamu bisa jadi menganggap orang tersebut adalah orang yang sepenuhnya buruk dan tidak mau lagi berurusan dengannya.

Kamu bisa mengubah mindset ini jadi pemikiran bahwa orang tersebut tidak sepenuhnya buruk. Memang, ada satu-dua perilaku yang tidak sesuai dengan kamu. Namun, mengubah pemikiran bahwa kamu tidak suka perilakunya alih-alih orangnya membuatmu lebih mudah berhenti membenci seseorang.

5. Lakukan Hal Baik

Ada salah satu cara lain yang juga bisa dilakukan untuk berhenti membenci seseorang. Apabila kamu memiliki seseorang yang kamu benci, kamu pasti tidak mau melakukan hal baik seperti membantunya brang sedikitpun akibat rasa benci yang kamu miliki.

Kamu bisa melakukan hal baik untuk target kebencianmu untuk bisa berhenti membenci seseorang. Meski sulit, kamu bisa mencoba melakukan hal baik seperti mentraktir minuman, membantu membawakan barang dan masih banyak lagi perilaku kebaikan. Nantinya, kamu bisa lebih mudah berhenti membenci dan berpikir lebih positif berkaitan dengan orang tersebut.

6. Berkaca Diri Sendiri

Cara selanjutnya yang juga bisa kamu terapkan adalah dengan berkaca pada diri sendiri. Yang dimaksud berkaca pada diri sendiri adalah apa yang akan terjadi apabila kamu membenci seseorang dalam waktu yang lama. 

Apa saja yang sebenarnya terjadi ketika kamu membenci, dan apakah kebencian tersebut benar-benar benci pada orang lain ataukah berdasarkan masalah personal seperti rasa iri atau sedih. Dengan mengetahui penyebab dan juga menyadari dampak dari rasa benci, kamu bisa jadi lebih mudah untuk sadar dan berhenti membenci seseorang.

7. Pergi ke Konseling

Terakhir, cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat penanganan yang tepat adalah pergi konseling atau terapi di orang profesional. Apabila kamu merasa kewalahan menghadapi kebencian ini sendiri, kamu bisa mencoba untuk pergi ke orang terkait.

Di konseling, kamu bisa mencurahkan perasaan sebebas mungkin untuk mengetahui hal-hal yang ada di baliknya. Terapi juga bisa membantu meredakan rasa benci yang sudah mengakar dalam diri.

Ketujuh poin diatas merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan demi bisa berhenti membenci seseorang. Benci adalah suatu perasaan yang kuat dan juga tidak baik, sehingga perlu dihilangkan dari dalam hidup seseorang. Semoga dengan menerapkan beberapa cara di atas, kamu bisa berhenti membenci dan menjalani hidup dengan lebih positif.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #hanya #bikin #capek #hati #cara #untuk #berhenti #membenci #seseorang #yang #bisa #kamu #terapkan

KOMENTAR