Unpopular Opinion: Memiliki Lebih Sedikit Teman yang Berkualitas akan Membuat Hidup Lebih Bahagia
Ilustrasi Pertemanan yang berkualitas. (Freepik)
17:38
19 September 2024

Unpopular Opinion: Memiliki Lebih Sedikit Teman yang Berkualitas akan Membuat Hidup Lebih Bahagia

Kita pasti pernah di fase ingin memiliki banyak teman. Beberapa orang memandang banyak teman dapat meningkatkan status sosial mereka. Selalu diperhatikan dan memiliki banyak relasi menjadi kepuasan tersendiri.

Namun, apakah itu dapat membuatmu merasa bahagia? Tentu saja tidak. Dunia bukanlah sebuah kontes popularitas semata, tetapi kita masih mencari popularitas itu dari seberapa banyak relasi yang sudah didapatkan.

Dilansir dari thevectorimpact.com, beberapa orang berpikir ketika memiliki lebih banyak relasi, maka lebih banyak peluang kerja yang didapatkan. Meningkatkan pengikut di media sosial akan banyak sponsor berbayar dan kerjasama dengan brand.

Ini merupakan siklus yang tidak pernah berakhir dalam upaya untuk disukai, seperti menemukan teman atau relasi baru. Dan ketika lingkaran pertemanan kita tidak cukup besar, akan membuat kita stres.

Teman yang berkualitas bukan kuantitas

Ketika tidak memiliki lingkaran teman yang cukup besar membuat kamu stres, itu bukanlah hal yang benar. Hubungan sejati, baik teman atau kolega, membutuhkan usaha.

Kamu harus meluangkan waktu untuk saling terhubung dan menghabiskan waktu bersama jika ingin membangun persahabatan yang solid.

Persahabatan yang solid berarti kamu harus ada di saat sulit, jujur satu sama lain, dan menjalani pengalaman bersama untuk membentuk ikatan yang tidak bisa dipatahkan. Dari sini kita bisa memahami bahwa memiliki terlalu banyak teman akan sangat sulit melakukan hal itu.

Semakin banyak teman yang kamu miliki, semakin banyak pula yang akan kamu lewatkan. Akan sangat sulit untuk fokus pada satu hubungan karena kamu terus-menerus berusaha mengejar ketertinggalan dari semua orang, seperti menghabiskan waktu dengan semua orang.

Sebaliknya, jika kamu memiliki lebih sedikit teman dekat, lebih mudah untuk berinvestasi dalam persahabatan dan berbagi pengalaman bersama.

Ini bukan berarti kamu tidak boleh keluar dan mencari teman baru, tetapi harus tetap ada batasan seperti lima sampai sepuluh teman, bukan ratusan.

 

Jumlah teman yang ideal

sebuah studi dari tahun 90-an mengklaim bahwa seseorang dapat menjalani 150 hubungan pertemanan. Tetapi persahabatan yang benar-benar dekat biasanya hanya sekitar lima hubungan.

Jumlah yang sedikit itu karena setiap pertemanan memerlukan jumlah waktu dan usaha untuk sampai tahap persahabatan.

Setelah kamu mencapai status persahabatan, hal itu tidak akan membuat hubungan dengan mudah terputus. Ketika kamu menyadari hal tersebut, menjadi sangat jelas bahwa dibutuhkan banyak hal untuk menumbuhkan persahabatan.

Banyak teman tidak akan selalu membuatmu bahagia, itu karena perlu mengorbankan banyak waktu dan energi yang dibutuhkan.

Cara mengembangkan persahabatan

  1. Pahami hubungan yang ingin kamu jalin

Beberapa persahabatan memang tidak sepadan karena menemukan seseorang yang benar-benar cocok dengan kamu tidaklah mudah. Begitu pula menemukan seseorang yang sama-sama peduli dengan hubungan kalian.

Pikirkan baik-baik tentang dengan siapa kamu ingin menghabiskan waktu dan berbagi pengalaman bersama. Persahabatan mana yang kamu hargai dan membuatmu bahagia karenanya. Dengan berfokus untuk mengembangkan persahabatan ini, kamu akan merasakan lebih berharga hubungan yang berkualitas daripada kuantitas.

  1. Singkirkan aura buruk

Ini juga saat yang tepat untuk menilai teman-teman kamu yang sudah ada untuk menilai mereka layak untuk dipertahankan atau tidak. Jika kamu memiliki teman yang mirip dengan salah satu dari perilaku ini, mungkin tidak ada gunanya membuang-buang waktu dan tenaga:

  • Tidak berkomitmen
  • Narsisis
  • Teman toxic
  • Teman yang hanya ada saat senang

  1. Bangun rutinitas yang solid

Persahabatan terbentuk melalui pengalaman dan waktu yang dihabiskan bersama. Setelah kamu membangun fondasi hubungan, pertahankan dengan mencari kesempatan rutin untuk bertemu dan tetap berhubungan.

Kamu bisa merencanakan menikmati kopi bersama setiap sabtu atau di waktu luang. Kesempatan kecil ini memberimu kesempatan untuk berhubungan kembali dan tetap terlihat dalam kehidupan masing-masing saat mereka berubah dan berkembang.

  1. Memiliki teman yang berbeda untuk momen yang berbeda

Kita semua pasti memiliki harapan semua teman yang kita miliki pandai mendengarkan, memberi saran, mudah bergaul, dan sangat mendukung situasi. Namun, seiring berjalannya waktu, sudut pandang itu akan berubah.

Memiliki teman yang dapat membantu di situasi tertentu mungkin lebih realistis, karena ada yang tidak membantu dalam hal percintaan, tetapi sangat hebat dalam nasihat karier, dan begitu juga sebaliknya.

Ketika kamu menyadari hal ini, memiliki teman yang berbeda di setiap situasi yang berbeda dapat membuatmu lebih bahagia. Saat fokus dalam persahabatan, jangan mencoba memaksa seseorang untuk menjadi orang lain.

Selama kebutuhan kamu terpenuhi, maka bukan masalah besar apabila beberapa teman memenuhi kebutuhanmu di aspek yang lain.

  1. Bersikap bijaksana saat mencari teman baru

Di beberapa situasi, kamu mungkin ingin menjalin hubungan sosial yang baru, karena salah satu temanmu pergi dan kamu merasa kesepian. Manfaat menjalin hubungan baru adalah kamu bisa lebih selektif dalam memilih teman yang ingin kamu ajak menghabiskan waktu bersama.

Berfokuslah pada pengembangan hubungan yang menurutmu dapat membawa kebahagiaan, bukan menguras energi dengan orang yang salah. Pastikan kamu meletakkan dasar yang kuat untuk persahabatan jangka panjang.

  1. Memberi dan menerima

Ingatlah bahwa persahabatan apapun mengharuskan kamu untuk berusaha. Kamu harus bersedia untuk bersikap terbuka dan jujur. Bertahan saat keadaan sulit, dan terkadang berusaha lebih keras saat mengalami masa sulit.

Jika kamu berhenti berusaha dalam persahabatan hanya karena sulit dan sibuk, jangan heran jika beberapa temanmu menjauh.

Namun, jika kamu berusaha, persahabatan yang akan kamu jalani memberimu kebahagian dan saling memahami satu sama lain.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #unpopular #opinion #memiliki #lebih #sedikit #teman #yang #berkualitas #akan #membuat #hidup #lebih #bahagia

KOMENTAR