Menjadikan Setiap Waktunya Berharga, Kenali 8 Hal yang Tak Pernah Dilakukan Orang Sukses Setelah Pulang Kerja
Ilustrasi orang sukses pulang kerja.(Unsplash.com/MitchellLuo)
10:38
19 September 2024

Menjadikan Setiap Waktunya Berharga, Kenali 8 Hal yang Tak Pernah Dilakukan Orang Sukses Setelah Pulang Kerja

 

 - Mulai dari perilaku hingga kebiasaan, orang sukses tentunya sangat berbeda, mereka selalu membuat setiap waktunya sangat berharga dan jangan disia-siakan pada yang kurang bermanfaat.

Orang sukses akan membuat skala prioritas dalam hidupnya, jadi mampu memilih dan memilah aktivitas yang berguna atau tidak bagi dirinya, serta mereka melakukan itu secara konsisten.

Melansir dari laman Expert Editor pada Kamis, (19/09), kenali 8 hal yang tak pernah dilakukan orang sukses setelah pulang kerja, diantaranya :

1. Tak Buang-Buang Waktu untuk Hiburan yang Kurang Bermanfaat

Orang-orang sukses memahami bahwa waktu adalah sumber daya yang paling berharga. Jadi setelah pulang kerja, mereka tidak akan menyia-nyiakan malamnya dengan kegiatan yang tidak dapat membantu perkembangan dalam dirinya.

Misalnya, daripada menggulir media sosial atau menonton acara TV tanpa berpikir, mereka mungkin memilih untuk membaca buku, mempelajari keterampilan baru, atau menginvestasikan waktu dalam hobi.

2. Tidak Mengabaikan Pentingnya Istirahat

Dalam masyarakat kita yang sibuk dan berorientasi pada prestasi, tidur sering kali dikesampingkan. Tapi bagi orang-orang sukses tahu bahwa tidur tidak boleh diremehkan.

Alih-alih begadang, mereka memprioritaskan tidur malam dengan nyenyak karena sangat memahami bahwa tubuh dan pikiran itu butuh waktu untuk pulih kembali dari pekerjaan sehari-hari dan bersiap menghadapi tantangan di masa mendatang.

Orang sukses menghargai tidur sama seperti menghargai pekerjaan, karena mereka tahu bahwa orang yang cukup istirahat akan lebih efektif, kreatif, dan fokus.

3. Tidak Mengabaikan Orang-orang yang Dicintai

Setelah hari kerja yang panjang dan penuh tantangan, mudah untuk seseorang ingin mengasingkan diri ke dunianya sendiri. Tapi, orang sukses memahami pentingnya menjaga hubungan yang kuat.

Saat pulang kerja, mereka meluangkan waktu untuk berhubungan dengan orang-orang yang dicintai. Ini bisa berupa panggilan telepon sederhana ke anggota keluarga, mengobrol sebentar dengan teman, atau menghabiskan waktu berkualitas dengan pasangan atau anak-anak.

Manusia adalah makhluk sosial, hubungan sosial yang kuat tidak hanya memberikan dukungan emosional tetapi juga membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

4. Tidak Mengabaikan Perawatan Diri

Orang sukses memahami bahwa merawat diri sendiri bukanlah kemewahan, tetapi kebutuhan. Mulai dari makanan hingga aktivitas fisik yang mereka lakukan, setiap pilihan dibuat dengan mempertimbangkan kesejahteraan hidup.

Setelah bekerja, secara sadar menyisihkan waktu untuk memenuhi kebutuhan tersebut, bisa dengan cara menyiapkan makanan bergizi, lari, atau berlatih yoga. Beberapa mungkin lebih suka aktivitas yang lebih tenang seperti bermeditasi atau menulis jurnal.

5. Tidak Mengabaikan Hobi

Baik itu melukis, berkebun, mendaki gunung, atau bermain alat musik, orang sukses akan selalu menyediakan waktu untuk kegiatan yang mereka sukai. Hal ini tidak hanya membantu melepas lelah, tetapi juga untuk mengeksplorasi berbagai aspek kepribadian mereka.

Kita semua memiliki sesuatu yang disukai untuk dilakukan hanya karena kesenangan. Bagi orang sukses, hobi-hobi ini bukan sekadar pengisi waktu luang, tetapi juga sumber inspirasi dan motivasi.

6. Memiliki Batasan Khusus antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

Orang sukses tahu cara menarik garis yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Setelah pulang kerja, mereka berusaha keras untuk melepaskan diri dari aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan.

Contohnya ketika seorang pengusaha sukses yang menjalankan bisnis. Meskipun tuntutannya terus-menerus, begitu dia di rumah akan memastikan untuk mematikan email kantornya dan fokus pada kehidupan pribadinya.

Dia menggunakan waktu ini untuk menyegarkan diri dan terlibat dalam aktivitas yang membuatnya senang, seperti memasak makan malam bersama keluarganya atau bermain dengan hewan peliharaannya.

7. Tidak Menunda-nunda Tugas Penting

Menunda tugas hingga menit terakhir adalah kebiasaan yang sering kita lakukan, tetapi orang sukses menghindari kebiasaan ini. Bahkan setelah pulang kerja, mereka memastikan untuk segera menyelesaikan tugas yang mendesak alih-alih menundanya hingga hari berikutnya.

Penundaan mungkin memberikan kelegaan sementara, tetapi sering kali menyebabkan stres dan kinerja yang buruk dalam jangka panjang. Orang sukses sangat menyadari hal ini.

Mereka tidak menghindar dari tanggung jawab tetapi menghadapinya secara langsung, memastikan untuk selalu siap dan sigap menghadapi apa pun yang terjadi di depan.

8. Tidak Lupa untuk Merencanakan Hari Berikutnya

Orang sukses memahami pentingnya perencanaan ke depan. Terlepas dari seberapa lelahnya setelah hari yang panjang, mereka selalu menemukan waktu untuk mempersiapkan hari berikutnya.

Ini bisa meliputi menyiapkan pakaian untuk hari berikutnya, mencatat tugas-tugas yang harus diselesaikan, atau bahkan menelusuri jadwalnya. Dengan melakukan hal itu, mampu menghilangkan kekacauan di pagi hari dan memulai hari dengan kejelasan dan fokus.

Mengutip dari laman Sahabat Pegadaian, pola pikir orang sukses seperti ini bisa menjadi acuan kita untuk mengubah kebiasaan agar lebih positif. Ingatlah bahwa tidak ada kata terlambat untuk sukses.

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #menjadikan #setiap #waktunya #berharga #kenali #yang #pernah #dilakukan #orang #sukses #setelah #pulang #kerja

KOMENTAR