Andai Benar Tiket Private Jet Kaesang ke Amerika Rp90 Juta, Kemungkinan Cuma Bisa Terbang 2 Jam
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat berada di Gedung KPK, Jakarta. (Suara.com/Dea)
15:10
18 September 2024

Andai Benar Tiket Private Jet Kaesang ke Amerika Rp90 Juta, Kemungkinan Cuma Bisa Terbang 2 Jam

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap total nilai perjalanan Kaesang Pangarep ke Amerika Serikat dengan menaiki private jet setara Rp360 juta, atau setara dengan Rp90 juta per penumpang.

Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan menyebut bahwa Kaesang menumpangi private jet itu bersama Erina Gudono sang istri, kemudian Nadya Gudono sang kakak ipar, serta seorang staf.

"Jadi kira-kira Rp 90 juta, kalau berempat, kira-kira Rp 360 juta kalau ditetapkan milik negara," ujar Pahala di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, pada Selasa (17/9/2024).

Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan. [Suara.com/Dea]Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan. [Suara.com/Dea]

Pengakuan ini jelas menuai pro dan kontra di media sosial, apalagi karena harga tiket private jet Kaesang dinilai tidak masuk akal. Sejumlah warganet bahkan membandingkan harga tersebut dengan harga tiket pesawat komersial.

Baca Juga: Katanya Nebeng Teman, Segini Harga Tiket Private Jet Kaesang Jika Dijual Perseorangan

"Kalo ke US cuma 90 juta/orang gue besok naik private jet aja kali soalnya masih lebih murah dari business class Jakarta-Los Angeles pake Singapore Airlines," komentar akun X @/zah***.

"Yakali. Barusan cek PP naik Emirates Jakarta-Los Angeles business class aja minimal 80an juta. First class minimal 120an juta. Ini commercial airline lho. Masa perhitungan (((tiket))) (((Jet Pribadi))) segini," imbuh akun X @/nab***.

Harga Tiket Private Jet Kaesang Pangarep Dibandingkan dengan Harga Sewanya

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Instagram)Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Instagram)

Berdasarkan penelusuran warganet, Kaesang dan Erina diduga kuat menumpangi private jet tipe Gulfstream G650 saat bertolak menuju Amerika Serikat. Namun alih-alih menyewa sendiri, Kaesang mengaku dirinya hanya menebeng pesawat temannya.

Melansir laman Paramount Business Jets, harga sewa pesawat pribadi Gulfstream G650 adalah USD 13.000 per jam. Bila dikonversikan ke mata uang Indonesia, maka harga sewanya setara dengan Rp199,58 juta per jam ($1 = Rp15.352).

Baca Juga: Kaesang Ngaku Nebeng Pesawat Jet Teman, Keluarga Mulyono Dicap Gak Punya Malu: Dipikir Kita Bego!

Di sisi lain, KPK menyebut bahwa perkiraan nilai perjalanan Kaesang dengan private jet adalah Rp360 juta. Angka ini mencakup untuk 4 penumpang dalam rombongan Kaesang, yakni dirinya, Erina Gudono, Nadya Gudono, dan seorang staf.

Jika membandingkan  nilai perjalanan yang disampaikan KPK dengan harga sewa pesawat Gulfstream G650, maka Kaesang dan istri seharusnya hanya bisa mengudara kurang dari 2 jam. Padahal umumnya durasi perjalanan dari Indonesia ke Amerika Serikat bisa mencapai belasan jam.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #andai #benar #tiket #private #kaesang #amerika #rp90 #juta #kemungkinan #cuma #bisa #terbang

KOMENTAR